Ribuan Alumni SMA Josua Reuni Akbar dan Lantik Pengurus IKA

Ketua Umum IKA SMA Josua Medan Sumut DR H Arsyad Lubis MM yang juga Kepala Bappeda Provinsi Sumut (kanan) didampingi Ketua 2 Ir Edward P Hutagalung menjelaskan Reuni Akbar kepada wartawan di Medan, Rabu (16/7).
Ribuan Alumni SMA Josua Reuni Akbar dan Lantik Pengurus IKA

Medan (Mimbar) - Ribuan alumni SMA Josua Medan lintas angkatan sejak berdirinya sekolah bersejarah di Sumut ini tahun 1951 hingga saat ini akan reuni akbar sekaligus pelantikan pengurus Ikatan Alumni (IKA).

Ketua Umum IKA SMA Josua Medan Sumut DR H Arsyad Lubis MM yang juga Kepala Bappeda Provinsi Sumut didampingi Ketua 2 Ir Edward P Hutagalung menjelaskan hal itu kepada wartawan di Medan, Rabu (16/7).

Kegiatan dijadwalkan 2 Agustus 2014 di Tiara Convention Hall Medan pukul 10.00 hingga 18.00 WIB yang rencananya dihadiri Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dan sesepuh alumni diantaranya Drs H Daeng Malewa MM, Hamdani Harahap SH MH, Romo HR Muhammad Syafi'i SH MH, Imansyah Putra SH MH, Drs Marwan Bakti Siregar MSi, Sekretaris Umum Anas Parlindungan Siregar dan Ir Syafaruddin Silalahi (Bendahara).

Arsyad Lubis mengharapkan seluruh alumni SMA Josua yang di dalam maupun di luar negeri dapat hadir pada acara yang juga diisi silaturrahmi, hiburan, luckydraw dan pemberian bingkisan kepada mantan guru dan alumni tertua.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan silaturrahmi produktif dengan visi alumni SMA Josua dapat memberikan motivasi dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar di Perguruan Josua Medan," ujarnya.

Dengan misi menjalin silaturrahmi alumni SMA Josua Medan dalam memberdayakan sumberdaya manusia lanjut Arsyad yang mantan Plt Bupati Madina ini diharapkan antar alumni perguruan ini terjalin networking yang akan bermanfaat bagi alumni dan almamater.

Edward P Hutagalung menambahkan bagi para alumni yang ingin konfirmasi lebih lanjut atau belum menerima undangan dapat menghubungi Edward P Hutagalung (0813 6216 0308), Anas P Siregar (0852 7698 2995) dan Fenny Martini (0812 6391 967).

Arsyad menjelaskan Perguruan Josua merupakan Lembaga Pendidikan yang khas didirikan oleh Almarhum Bapak H Gading Muda Batubara atau yang dikenal dengan sebutan Bapak GB Josua pada tahun 1932 yang disebut dengan “Josua Institut”, setelah beliau menempuh pendidikan lanjutan di Groningen (Negeri Belanda) dan mencapai ijazah Europese Hulp Acta.

Sekolah yang baru didirikan itu diresmikan tanggal 16 Juli 1932 dan gedungnya bekas gudang terletak di Westenenkweg 11 Medan, sekarang jalan Candi Borobudur, Kebun Bunga.

Dimulai ditingkat HIS (SR), dan Voorklas Mulo perkembangan Josua Institut cukup membanggakan dimana siswanya berhasil dalam menempuh ujian akhir yang pada tahun 1935 untuk Mulo lulus 50% suatu prestasi yang sangat baik dari suatu perguruan partikelir pada waktu itu.

Pada tanggal 1 Agustus 1936 telah dibuka Josua Institut di Tebing Tinggi yang terdiri dari HIS 3 kelas, Schakel School 2 kelas, yang gedung sekolahnya bekas gedung Tebing Tinggi Club, terletak di Hoongstraat dan dipimpin oleh Bapak Hamonangan Siregar.

Pada tahun 1936 sebagian siswa dari Josua Institut dipindahkan ke Delistraat (d/h jalan Deli) sekarang bernama jalan GB. Josua dimana gedung sekolah baru ini didirikan atas tanah milik sendiri. Yang kemudian bangun terus ditambah sejalan dengan perkembangan murid secara berangsur-angsur dengan 10 lokal, sehingga menjadi 16 lokal sehingga seluruh siswanya dipindahkan kejalan Deli yang mana ini merupakan suatu kebanggaan dari Josua Institt yang mendapat kepercayaan masyarakat.

Kini Perguruan Josua sudah mulai menata diri menuju grafik meningkat, baik tenaga/saran/prasarana, dana dan semangat belajar siswa. Dari hasil akreditas sekolah tahun 2006, SMA dan SMP mendapat jenjang akreditasi amat baik (A), sedangkan SMK mendapat jenjang akreditasi baik (B), sementara SD Josua dan SMP Josua akan di akreditasi tahun 2007/2008.

Reuni akbar I dilaksanakan pada tanggal 27 September 1972 (1932-1972) bertempat di balai pirsawan TVRI Medan dan Reuni Akbar yang ke II pada tanggal 2 Agustus 1982 (1932-1982).

Comments

  1. hallow teman teman satu kelas ipa 1 angkatan 86 apa khabar kita semua // dr biston panggabean

    ReplyDelete
  2. horas pak simarangkir kepsek yang baik dari anakmu biston panggabean alumni 86

    ReplyDelete
  3. teringat saat kita sekolah dulu di sma josua 'rasasanya ingin ketemu dengan teman semua hallllow uda pada dimana kalian semua dr biston panggabean

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung