Jaga Terus Kondusivitas Sumut

Jaga Terus Kondusivitas Sumut

Medan (Mimbar) - Kita telah melampaui hari H atau pencoblosan suara di TPS-TPS seluruh Indonesia termasuk Sumut untuk Pilpres masa bakti 2014 - 2019 pada Rabu 9 Juli 2014.

Pesta Akbar Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014, Alhamdulillah secara umum berlangsung lancar, aman dan tertib. Berbagai tahapan Pemilu sebelumnya telah terlaksana, terutama masa kampanye.

Tahapan yang juga melibatkan massa mulai dari kampanye terbuka maupun sosialisasi visi dan misi  juga Alhamdulillah berjalan dengan aman dan kondusif, walaupun disana-sini masih terdapat beberapa pelanggaran, namun tidak sampai mengganggu tahapan yang telah dijadwalkan.

Berbagai kegiatan dalam mendorong terciptanya Pemilu yang berkualitas dan bermartabat juga digelar mulai dari Deklarasi masyarakat Sumatera Utara pada tanggal 27 Februari 2014 di Wisma Benteng hingga kesepakatan pemilu damai siap menang dan siap kalah.

Untuk menjalin koordinasi juga digelar  Rapat Koordinasi Pengamanan Pemilu tingkat Provinsi dan Kab/Kota se-Sumatera Utara tanggal 28 Februari 2014 di Santika Hotel Medan, Deklarasi Damai Partai Politik peserta Pemilu dan Kirab Karnaval pada tanggal 15 Maret 2014 di Lapangan Merdeka.

Semua itu dilaksanakan atas komitmen untuk menjaga suasana kondusif agar Pemilu yang menjadi agenda nasional ini terselenggara dengan baik, demokratis, aman dan lancar, baik Pemilu Legislatif maupun Pilpres.

Sesuai Amanat Pasal 126 No. 15 Tahun 2011 Pemerintah Provinsi juga telah melakukan fasilitasi kelancaran tugas KPU dan BAWASLU.

Dari catatan beberapa kegiatan strategis menopang kesuksesan perhelatan politik akbar ini antara lain Rakor Perbaikan data invalid dari terendah menjadi terbaik 3 besar secara nasional dan invalid tanggal 12 Maret 2014.

Rakor penentuan zona kampanye dan APK Kab/Kota untuk memantapkan Pemko/Pemkab dalam menertibkan alat peraga kampanye. 

Sosialisasi Pemilih Pemula bagi Siswa SMU 10 Kab/Kota dan pencerahan tentang pemilu bagi jajaran redaktur surat kabar. Sosialaisasi bagi penyandang distalitas tunanetra di Medan.

Pembentukan Tim Pemantau perkembangan politik Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Sekdaprovsu. Melakukan peninjauan langsung ke Kabupaten se-kepulauan Nias dan se-Tabaksel untuk mengecek distribusi logistik pemilu.

Dari semua hal tersebut kita bersyukur Insya Allah sampai dengan saat ini tahapan pemilu berjalan baik begitu juga yang terkait tentang distribusi logistik sudah berjalan baik dengan pola prioritas distribusi logistik dilakukan pada daerah-daerah yang sulit dijangkau sehingga pelaksanaan pencoblosan telah berlangsung.

Meski begitu semua pihak perlu juga terus mempertahankan koordinasi dan komunikasi yang telah terjalin baik selama ini antara Penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU sebagai penyelenggara, BAWASLU sebagai Badan Pengawas dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara dibantu TNI yang bertanggungjawab terhadap keamanan serta Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Sumatera Utara.

Karena dengan koordinasi dan komunikasi yang baik merupakan hal yang harus dipertahankan guna menyukseskan tahapan selanjutnya dari Pesta Demokrasi ini.

Ke depan tugas penyelenggara masih berat dalam mengawal menyukseskan Pemilu ini, beberapa hal yang patut menjadi perhatian adalah Penghitungan Hasil Suara yang transparan. Pendistribusian kotak hasil pemungutan suara.

Penetapan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden secara Nasional pada 22 Juli 2014 mendatang perlu disikapi secara arif dan bijaksana terutama karena adanya dua versi berbeda yang direlis oleh beberapa lembaga survei terhadap perhitungan cepat atau quick count.


Beberapa hal tersebut merupakan tugas yang harus diantisipasikan dan membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang efektif.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung