SUTIAS TERIMA KUNJUNGAN PULUHAN ANAK-ANAK DELISERDANG


SUTIAS TERIMA KUNJUNGAN PULUHAN ANAK-ANAK DELISERDANG


Medan (Mimbar) - Bunda PAUD Provinsi Sumatera Utara Sutias Handayani menerima puluhan anak-anak dari Kabupaten Deliserdang, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman No. 41, Medan, Kamis (26/6). 

Kedatangan anak-anak tersebut dalam rangka pembelajaran tentang fungsi dan tugas-tugas gubernur, peran Sutias sebagai istri gubernur, serta lebih jauh mengenal berbagai koleksi apa saja yang ada di rumah dinas gubernur.

Acara yang digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan itu juga di meriahkan dengan tanya jawab antara puluhan anak-anak itu dengan Sutias.

Tidak hanya seputar mengenai tugas dan fungsi gubernur, berbagai pertanyaan lainnya juga muncul dari mulut-mulut  anak anak tersebut, diantaranya tentang kenapa listrik sering padam di Medan, kenapa rumah dinas gubernur besar sekali, hingga bagaimana cara mengatasi kemiskinan.

Sutis yang hari ini tampil dengan cukup santai meski seabrak kegiatan harus dijalaninya selaku istri gubernur, dengan tersenyum menjawab ramah setiap pertanyaan demi pertanyaan dari anak-anak itu.

Seperti misalnya dalam menjawab agar tidak miskin, adalah misalnya dengan memanfaatkan lahan pekarangan dengan bercocok tanam, seperti menanam buah-buahan, sayuran, tanaman obat maupun lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan ibu rumah tangga.

"Jadi ibu-ibu dapat menghemat dan menimpan sedikit uang karena tidak lagi harus berbelanja ke pasar karena semuanya sudah terpenuhi dengan berbagai tanaman yang ada dihalaman.Uang yang disimpan itu juga bisa disimpan untuk kemudian hari bisa dipergunakan untuk keperluan sekolah anak-anaknya, maupun untuk pemenuhan kebutuahn rumah tangga lainnya,"jawab Sutias.

Selain itu, lanjut dia, dia selaku Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, juga memiliki program bagaimana ibu-ibu rumah tangga memiliki kecakapan, misalnya melalui pelatihan masak-memasak, jahit menjahit maupun keterampilan lainnya.

Karena dengan keterampilan yang dimiliki itu, ibu rumah tangga juga dapat mencari penghasilan tambahan tambahan, sehingga dapat membantu keuangan keluarga.
  
Agar nanti tidak miskin, anak-anak dari sekarang harus belajar dengan sungguh-sungguh di sekolah, karena hanya orang pintarlah yang dapat mengubah nasibnya lebih baik kedepannya.

"Jadi anak-anak dari sekarang harus terus rajin belajar, supaya kalau besar nanti bisa menjadi orang pintar dan dapat membantu orang tua dan orang-orang lainnya yang membutuhkan uluran tangan dari kita. Karena Allah akan sayang kepada orang yang suka membantu," kata Sutias lagi.

Di penghujung acara Sutias kepada puluhan anak-anak itu juga menyampaikan bahwa satu atau dua hari lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Kepada anak-anak itu ia menanyakan siapa yang sudah kuat berpuasa, yang disambut semua anak-anak dengan mengangkat tangan tanda sudah mampu untuk berpuasa.

Kepada anak-anak Sutias juga menjelaskan manfaat berpuasa dan kenapa umat muslim di perintahkan berpuasa selama sebulan penuh di bulan ramadhan.

"Berpuasa adalah ibadah. Tapi kita juga tidak boleh balas dendam dalam berpuasa. ketika sahur atau berbuka, maka cukup makan dan minum sekedarnya. Karena orang yang banyak makan nanti akan malas sholat magrib karena kekenyangan," jelas Sutias.

Sebelumnya Ketua Rombongan Fitri mengatakan, acara serupa memang sudah digelar dalam beberapa tahun terakhir yang tujuan utamanya adalah untuk lebih menanamkam makna-makna berpuasa kepada anak-anak.

"ini agar kita semua, terutama anak-anak yang kami bawa kemari agar lebih semangat menyambut datangnya bulan suci ramadhan," jelasnya.

Diahir acara rombongan tersebut memberikan sedikit souvenir kepada Sutias berupa oleh-oleh khas buatan tangan. Untuk selanjutnya puluhan anak-anak tersebut shalat dzuhur berjamaah di rumah dinas gubernur. Dan usai shalat anak-anak itu diberi kesempatan melihat semua fasilitas yang ada di rumah dinas, seperti koleksi pakaian adat delapan etnis, burung, rusa, ayunan dan perosotan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung