Bank Sumut Dukung Program Diskop Propsu Berdayakan UMK

Direktur Pemasaran PT. Bank Sumut Ester Junita Ginting saat menerima kunjungan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propsu  Drs. Muhammad Zein Siregar, Msi didampingi Kepala Bidang Usaha Diskop dan UKM Propsu Dr. Muhammad Haykal, di Kantor Pusat Bank Sumut, Kamis (26/6/2014) siang.

Bank Sumut Dukung Program Diskop Propsu Berdayakan UMK


Medan, 26 Juni 2014 (Mimbar) - Bank Sumut siap mendukung program Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Sumatera Utara dalam pemberdayaan pelaku usaha mikro dan kecil (UMK), baik sebagai office channeling terhadap program pembiayan UMKM dari pemerintah dalam bentuk dana bergulir maupun membuka akses produk kredit Bank Sumut yang lebih luas kepada pelaku UMK.

Rencana penguatan kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Propsu dengan Bank Sumut menjadi fokus pembicaraan dalam pertemuan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propsu  Drs. Muhammad Zein Siregar Msi dengan Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting, di Kantor Pusat Bank Sumut, Kamis (26/6/2014) siang.

Muhammad Zein Siregar didampingi Kepala Bidang Usaha Diskop dan UKM Propsu Dr. Muhammad Haykal pada kesempatan itu juga menyampaikan rencana Dinas Koperasi dan UMKM Propsu menyelenggarakan seminar pemberdayaan UMKM pada hari Sabtu, 28 Juni 2012, di Pardede Hall serangkaian dengan acara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-67 di mana Sumatera Utara sebagai tuan rumah dan akan dihadiri oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Terkait acara itu, Bank Sumut diminta terlibat aktif mengisi perayaan Hari Koperasi Nasional tersebut.

Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting menyambut positif rencana kegiatan tersebut dan siap mendukung program yang dijalankan Dinas Koperasi dan UMKM Propsu. Direncanakan, Direksi Bank Sumut akan memberikan pencerahan kepada ratusan pelaku UMKM dengan melakukan sosialisasi kredit mikro dan literasi/edukasi perbankan bagi enterpreneur dalam seminar pemberdayaan UMKM di Pardede Hall.

Pada kesempatan itu, juga dibicarakan rencana pengembangan kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Propsu, Bank Sumut dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah/Unit Jasa Keuangan Syariah (KJKS/UJKS) khususnya dalam meningkatkan intensitas penyaluran Dana Bergulir Syariah (DBS). DBS merupakan program pemberdayaam UMK yang sumber dananya berasal dari pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMKM, yang digulirkan menurut pinsip bagi hasil. 

Pada kerjasama itu nantinya, Bank Sumut mengambil peran sebagai lembaga perbankan yang mewakili Dinas Koperasi untuk menyalurkan DBS kepada KJKS/UJKS terpilih serta menampung angsuran pengembalian dana bergulir syariah dari KJKS/UJKS. Sedangkan penyaluran langsung DBS kepada pelaku UMK anggota koperasi syariah dilaksanakan oleh KJKS/UJKS terpilih.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung