Guru Besar UI Prof. Dr. Ir. T. Yuri M. Zagloel, M.Eng.Sc Beri Kuliah Umum S2 & S3 Teknik Industri USU


Guru Besar UI Prof. Dr. Ir. T. Yuri M. Zagloel, M.Eng.ScBeri Kuliah Umum S2 & S3 Teknik Industri USU


Medan (Mimbar) - Bertempat di Gedung Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia jurusan  Teknik Industri  Prof. Dr. Ir. Teuku Yuri M. Zagloel, M.Eng.Sc, sabtu(14/6/2014) memberikan kuliah umum rekayasa kualitas bagi mahasiswa magister dan doktor fakultas Teknik Industri Sumatera Utara.

Hadir dalam kuliah umum ini Ketua Program Pascasarjana Teknik Industri USU Prof Dr. Sukaria Sinulingga, MEng dan Sekretaris Ir. Rosnani Ginting MT, mahasiswa S3 diantaranya Sanco Simanullang, Melliana, Kimberly, Syarifah Akmal,dan puluhan mahasiswa S2 dan S3 lainnya.

Prof. Dr. Ir. Teuku Yuri M. Zagloel, M.Eng.Sc   mengatakan Integrasi Produktifitas dan Kualitas merupakan salah satu tantangan IImu Teknik Industri Menuju Kemandirian Indonesia.

“Keinginan Indonesia untuk dapat mencukupi kebutuhannya sendiri di samping mengekspor produk dan jasa unggulannya belum tercapai,” katanya.

Menurut Prof. Yuri, Produktifitas negeri ini bermasalah karena jumlah barang dan jasa yang dihasilkan tidak mencukupi kebutuhan sendiri, dan ditambah kualitas barang dan jasa kita yang belum maksimal, sehingga setiap tahun semakin banyak mengimpor.

“Hal ini merupakan problem bangsa Indonesia yaitu ketidakmandirian,” tegas Pria berdarah Aceh Sunda ini.

Menurut Prof. Yuri , untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan integrasi produktifitas dan kualitas. Dikatakan, ada beberapa hal yang perlu dilaksanakan kedepan yaitu pertama, berpikir secara sistem dan terintegrasi (system thinking dan system integration) yang merupakan misi Teknik Industri dalam proses pemecahan masalah kompleks-melibatkan banyak variabel.

Kedua, faktor manusia yang berinteraksi dengan proses industri merupakan suatu perhatian awal yang penting dan mendasar untuk mendapatkan solusi strategis sekaligus teknis dalam permasalahan produktifitas dan kualitas industri Indonesia.

Ketiga, keilmuan Teknik Industri menghasilkan pendekatan dan tools di mana penyebab utamanya bukan hanya gejala namun bekerja secara team work dan tersistem menuju solusi yang optimal dengan mempertimbangkan semua kendala yang ada. Dan

keempat, penelitian-penelitian Teknik Industri menekankan secara kuat aspek efisiensi dalam penggunaan sumber daya manusia, material, peralatan dan energi sangat relevan dalam menurunkan biaya industri, meningkatkan kualitas dan keberlanjutan lingkungan.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung