Sekdaprovsu : Perpustakaan Kecamatan Harus Digiatkan


Sekdaprovsu : Perpustakaan Kecamatan Harus Digiatkan


Medan (Mimbar) - Kondisi Perpustakaan di kecamatan secara nasional hingga saat ini masih memprihatinkan. Padahal peranan perpustakaan umum sangat penting memajukan bangsa. Perpustakaan umum khususnya kecamatan merupakan lembaga yang perlu dipertimbangkan kesejajarannya dalam fungsi pencerdasan kehidupan bangsa. "Perpustakaan merupakan sarana yang paling mudah dan efektif untuk diselenggarakan oleh pemerintah maupun masayarakat," ujar Sekdaprovsu saaat membuka kegiatan Pembinaan SDM Perpustakaan Umum Kecamatan Tahun 2014,  di Hotel Antares, Medan, Kamis (12/6).

Kondisi perpustakaan kecamatan di Indonesia yang masih memprihatikan sampai saat ini, Nurdin mengimbau agar semua pihak dapat terutama pemerintah daerah agar melakukan berbagai upaya agar masyarakat tetap dapat mengenal, memanfaatkan dan memperoleh fasilitas layanan perpustakaan yang akhirnya terbiasa menggunakan perpustakaan sebagai sarana belajar.Nurdin berharap, pemerintah daerah ikut menggiatkan perpustakaan hingga kecamatan-kecamatan.

Nurdin mencontohkan, keadaan perpustakaan umum kecamatan yang kurang diminati pengunjung harus segera dicari kembali bagaimana caranya membuat perpustakaan menarik, seperti dekat dengan pusat kegiatan masyarakat, jam buka sesuai dengan kondisi masyarakat, menyediakan buku-buku yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Juga perlu diperhatikan kondisi ruangan perpustakaan dan keramahan petugas. "Kita harus perbaiki, bila perlu lakukan perlombaan sebagai upaya perubahan kualitas yang baik," ujar Nurdin.

Kecil anggaran yang diperoleh perpustakaan didaerah merupakan kendala-kendala yang sering dihadapi dalam menjalankan fungsi perpustakaan.Disisi lain masih banyak anggaran pendidikan yang belum terserap dengan baik di daerah.

Pembinaan perpustakaan umum kecamatan menurut Nurdin bertujuan mendekatkan peran serta perpustakaan kepada masyarakat. Upaya permasyarakatan perpustakaan menjadi salah satu cara agar lebih dikenal dan dimaksimalkan pemanfaatannya karena lanjut Nurdin, perpustakaan merupakan salah satu tempat berlajar sepanjang hayat."Kepada peserta,semoga materi-materi yang disampaikan pada kegiatan ini dapat dijadikan bekal yang bermanfaat ditempat tugas masing-masing dan dapat diterapkan dilingkungan tugas dan masyarakat," harap Nurdin.

Ketua Panitia Penyelenggara Jojor Sitorus Pane, S.Sos,MSi mengatakan kegiatan pembinaan SDM Perpustakaan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 12-13 Juni 2014 di Hotel Antares Medan.

Kegiatan ini lanjutnya bertujuan meningkatkan eksistensi perpustakaan umum kecamatan. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 40 orang camat/sekcam se-Sumatera Utara. Dan yang menjadi narasumber  pada kegiatan pembinaan SDM tersebut adalah Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM, Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provsu Hasangapan Tambunan, SPd, MSi, Staf Pengajar USU DR Drs A Ridwan Siregar, SH., MLIB dan Camat Rantau Selatan Drs H Ikramsyah Putra. "Mohon kesediaan Bapak untuk memberikan sambutan sekaligus memberi bimbingan dan arahan,"ujar Jojor yang juga Plt Kabid Pembinaan SDM dan Kelembagaan Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provsu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung