48 Penghargaan Nasional dan Kinerja Menonjol

Tim Pertenjukan Rakyat (Petra) Provinsi Sumut berhasil meraih Juara III nasional pada Festival Media Pertunjukan Rakyat di Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun 2014 yang dibuka Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ir H Tifatul Sembiring di Padang, Sumatera Barat.
Setahun Gatot dan Erry Memimpin Sumut

48 Penghargaan Nasional dan Kinerja Menonjol



Haji Gatot Pujo Nugroho ST MSi dan Ir HT Erry Nuradi MSi dilantik oleh Mendagri H Gamawan Fauzi pada 17 Juni 2013 selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara masa bakti 2013 - 2018. Berarti,  pada 17 Juni 2014, sudah setahun kepemimpinan mereka periode ini dibantu Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) H Nurdin Lubis SH MM.

Memang diketahui, tahun 2013 merupakan masa transisi dan merupakan tahun terakhir dalam pencapaian visi dan misi sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sumatera Utara tahun 2009-2013, yang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2009.

Artinya, semua program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pasangan Gatot dan Erry merupakan Rangkaian Pembangunan Provinsi Sumatera Utara dalam rangka proses pencapaian visi dan misi periode sebelumnya.
           
Meski begitu, mencermati setahun kepemimpinan mereka, apresiasi patut diberikan, karena sungguhpun dengan telah ditetapkannya Perda RPJMD Tahun 2009-2013 yang menjadi ‘guidens’ dalam menetapkan arah kebijakan serta prioritas pembangunan di Sumatera Utara, namun dengan kearifan dan pertimbangan perkembangan kebutuhan masyarakat, termasuk dinamika aktual, Gatot dan Erry mampu mengupdate isu-isu aktual yang menjadi masukan untuk kemajuan Provinsi Sumatera Utara.

Upaya terus mereka lakukan dengan segala kemampuan sumber daya yang ada, dengan harapan apa yang menjadi cita-cita dapat terwujud dengan baik melalui berbagai program dan kebijakan termasuk menggelorakan semangat “Sumut Bangkit Membangun Budaya Kerja dengan Berbasis Nilai”.

Di tengah keterbatasan dan tantangan yang ada, kepemimpinan Gatot dan Erry telah banyak menorehkan kinerja dan prestasi menonjol yang muaranya dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dari sejumlah prestasi dan kinerja yang telah digapai, setidaknya tercatat 48 Capaian Keberhasilan Kinerja Menonjol dan Penghargaan yang Diterima Selama Satu Tahun Kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara (Juni 2013-Juni 2014).

Bidang Perekonomian

Pada bidang perekonomian tercatat 9 Capaian Keberhasilan dan Penghargaan yang diterima selama satu tahun kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara Juni 2013 - Juni 2014 yang layak ditampilkan di forum nasional.

Capaian dimaksud yakni Penghargaan Satyalancana Wira Karya Yaitu Penghargaan Bidang Pembangunan Pertanian yang diserahkan oleh Presiden RI DR H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 8 Juni 2014 yang merupakan penghargaan pertama kalinya sepanjang sejarah penyelenggaraan Pertemuan Kontak Tani Nelayan yang Digagas Tokoh Tani Nelayan Sejak 1971.

Capaian signifikan lainnya yaitu pelaksanaan Ground Breaking Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei pada tanggal 3 Juli 2013, pemberian Asuransi Nelayan sudah mencapai 2.222 orang, terbangunnya PLTS sebanyak 80 unit, terbangunnya Sumur Bor untuk Pengadaan Air Bersih sebanyak 2 unit.

Selanjutnya di bidang perekonomian yaitu 10 Besar Nasional Dalam Bidang Capaian Realisasi Investasi mendapat penghargaan Regional Champions dari Badan Koordinasi Penanaman Modal  Untuk Penanaman Modal Asing (PMA) sebanyak 155 Proyek sebesar Rp 6,7 Triliun dan untuk PMDN sebanyak 81 Proyek sebesar Rp 3,7 triliun.

Dengan dua aspek itu, Sumut mampu merealisasikan total realisasi sebesar Rp 10,4 triliun atau melebihi target Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebesar Rp 9 triliun.

Realisasi investasi di Sumut pasa 2013 juga mengalami peningkatan jika dibanding kondisi 2012 yang memiliki 156 proyek.

Untuk PMDN, pada 2012 terealisasi 55 proyek dengan dana Rp2,97 triliun, sedangkan realisasi PMA sebanyak 101 proyek dengan dana Rp6,13 triliun.

Pada 2012, sektor yang diminati PMDN adalah jasa, industri kimia, perkebunan, dan industri lainnya. Sedangkan pada 2013 sektor yang diminati adalah industri makanan, jasa, perkebunan, dan industri kimia.

Untuk PMA, sektor yang diminati pada 2012 adalah jasa, industri kimia, dan industri makanan. Sedangkan pada 2013 yang diminati adalah jasa, industri makanan, industri mineral nonlogam, industri kimia dan pakan ternak.

Sumut mendapatkan fasilitas dari BKPM RI untuk mengikuti “Investment Promotion Forum Regional Potential Investment Opportunities” (Forum Promosi Investasi Peluang Investasi Potensial Daerah) di Italia.

Prestasi selanjutnya yaitu Anugrah Adi Bakhti Bina Bahari Juara 2 Tingkat Nasional Kategori Pengendalian Pencemaran Ekosistem Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Provinsi Terbaik 2 Dalam Pengumpulan Data Dan Statistic Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Perikanan.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga menerima Penghargaan sebagai Provinsi Yang Memiliki Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dengan Kinerja Terbaik di Wilayah Sumatera. TPID Sumut dinilai memiliki Kinerja Terbaik di Pulau Sumatera dan  Berhasil Mengendalikan Tingkat Inflasi di Bawah Angka Rata-Rata Nasional.

Penghargaaan juga diperoleh Sumatera Utara sebagai provinsi terbaik 2 dalam pengumpulan data dan statistik pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Juga mendapatkan Penghargaan Pelopor Sistem Inovasi Daerah (Sida) Dari Menteri Riset Dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta. Penghargaan Ini Diserahkan  Dalam Acara Puncak Hari Teknologi Nasional Di Taman Mini Indonesia Indah Tanggal 2 September 2013.

Untuk Bidang Perencanaan Pembangunan yakni Selesainya Pembahasan Ranperda RPJMD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2013-2018 dan Telah Disepakati Bersama dengan DPRD Provinsi Sumatera Utara untuk ditetapkan menjadi Perda.

Pertunjukan Rakyat dan K-3

Di bidang komunikasi dan informatika juga sejumlah capaian kinerja telah tercatat diantaranya baru-baru ini untuk tingkat nasional Tim Pertunjukan Rakyat (Petra) Provinsi Sumut berhasil meraih Juara III nasional pada Festival Media Pertunjukan Rakyat di Pekan Informasi Nasional (PIN) tahun 2014 yang dibuka Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ir H Tifatul Sembiring di Padang, Sumatera Barat.

Tim Petra Sumut binaan Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara dipimpin Kadis Drs H Jumsadi Damanik SH MHum membawakan cerita "Awal Mula Pantai Cermin" yang merupakan salah satu legenda rakyat yang berada di Sumatera Utara disutradarai M Syafei SPd tampil maksimal dengan dialog yang sarat pesan pembangunan, semangat persatuan dan kesatuan sehingga memukau ribuan penonton yang hadir.

Kompetisi petra dilaksanakan dua hari dan petra Sumut merupakan penampil terakhir pada hari pertama setelah melakukan pengundian urutan penampilan pada hari sebelumnya dan telah melakukan pertunjukan dengan maksimal sehingga dapat meraih juara ketiga.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun ini kembali menganugerahkan penghargaan  kepada Gubernur Sumatera Utara atas komitmen dan keberhasilannya melakukan pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Ini merupakan penghargaan peringkat dua dan yang diterima Gubernur  secara berturut-turut dalam dua tahun terakhir.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah atas pembinaan terhadap  kinerja perusahaan yang telah berhasil menerapkan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Penghargaan ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi perusahaan lain untuk lebih memperhatikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja,”ujar Menteri Tenaga Kerja Muhaimin Iskandar dalam sambutannya di Jakarta.

Infrastruktur

Bidang Infrastruktur tercatat 13 Capaian Keberhasilan dan Penghargaan yang diterima selama satu tahun kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara Juni 2013 - Juni 2014 yang layak ditampilkan di forum nasional.
Jalan Dan Jembatan : Pencapaian Kondisi Jalan Mantap Jalan Provinsi Dari 66,59 % (Tahun 2013) Sepanjang 2.029,72 Km Yang Ditargetkan Pada Tahun 2014 Ini Meningkat Menjadi 73,69 % (Sepanjang 2415,92 Km).

Penanganan Jalan Jol Medan – Kuala Namu – Tebing Tinggi Sepanjang ± 72 Km Yang Sudah Memasuki Proses Pembangunan Konstruksi Dan Pengadaan Lahan. Penanganan Jalan Tol Medan – Binjai Sepanjang ± 16 Km Dalam Tahap Inventarisasi Lahan. Penanganan Jalan Arteri Non Tol Akses Bandara Kuala Namu Sepanjang 14,5 Km Dalam Tahap Penyelesaian Konstruksi.

Sektor Perhubungan : Beroperasinya Bandara Kuala Namu Internasional Pada 25 Juni 2013. Beroperasinya Railway Kereta Api Dari Medan Ke Bandara Kuala Namu Internasional. Telah Dilakukannya MoU Transportasi Angkutan Massal Berbasis Jalan (Brt) Di Kawasan Mebidang Pada 5 Mei 2014.

Selanjutnya dimulainya Pembangunan Jalur Ganda Kereta Api Dengan Panjang Sekitar 26 Km Ditandai Dengan Ceremony Ground Breaking Di Stasiun Kereta Api Aras Kabu, Deliserdang Pada Mei 2014.

Juga pencanangan Proyek Pengembangan Pelabuhan Belawan (Pengembangan Terminal Petikemas Belawan Paket Ii Sepanjang 350 M Pada November 2013. Rencana Pembangunan Dan Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung Sebagai Pelabuhan Hub Internasional Sebagai Sistem Logistik Nasional (Sislognas) Dan Menjadi Bahagian Koridor Mp3ei Yang Terintegrasi Dengan Kek Sei Mangke.

Pembangunan Jalur Kereta Api Lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung Yang Dalam Proses Penyelesaian Pengadaan Tanah Di Kab. Batu Bara Dan Kab. Simalungun.

Sektor Sumber Daya Air : Tercapainya Sasaran Kinerja Optimalisasi Layanan Irigasi Pada Tahun 2013 Menjadi 60,4%, (Target Tahun 2013 = 60 %) Melalui Program Pengembangan Dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa Dan Jaringan Pengairan Lainnya.
Kemudian diterbitkannya Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara No.1 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Terpadu Provinsi Sumatera Utara, Melalui Pembahasan Bersama dengan DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Kesra dan Sosial Budaya

Bidang Kesra dan Sosial Budaya tercatat 20 Capaian Keberhasilan dan Penghargaan yang diterima selama satu tahun kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara Juni 2013 - Juni 2014 yang layak ditampilkan kepada publik.

Sektor Agama : Sumut Diusulkan Menjadi Model Kerukunan Umat Beragama Oleh Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) Kepada Presiden Ri  (Mei 2014)
Sektor Pendidikan : Pencapaian Target 17 Juni 2013 Sampai Dengan 17 Juni 2014 Untuk Ruang Kelas Baru Diharapkan Dapat Dilakukan Rehab Ruang Kelas Rusak Ringan Dan Rusak Berat Serta Pembangunan Ruang Kelas Baru Di Kabupaten/Kota Sebanyak 9000 Ruang Kelas.

Selanjutnya Pemberian Beasiswa Untuk Masyarakat Miskin. Pencapian Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan berupa APM SD/MI Pada Tahun 2013 Sebesar 95,8% Dan Target Pada Tahun 2014 Naik Menjadi 96%.

APK SD/MI Tahun 2013 Sebesar 118,6% Dan Target Pada Tahun 2014 Naik Menjadi 119,1%. APM SMP/MTS Pada Tahun 2013 Sebesar 79,4% Dan Target Pada Tahun 2014 Naik Menjadi 80%.

APK SMP/MTS Pada Tahun 2013 Sebesar 107,3% Dan Target Pada Tahun 2014 Naik Menjadi 110%. APK SMA/SMK/MA Pada Tahun 2013 Sebesar 82% Dan Target Pada Tahun 2014 Naik Menjadi 85%.

APK Perguruan Tinggi Pada Tahun 2013 Sebesar 28,7% Dan Target Pada Tahun 2014 Naik Menjadi 30%.

Juga diperoleh prestasi Juara Dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD Dengan Meraih 2 Perak Dan 1 Perunggu. Juara Dalam Olimpiade Olahraga Sains Nasional (O2SN) SD dengan Meraih 2 Emas, 1 Perak Dan 3 Perunggu.

Selanjutnya Juara Dalam Festival Lomba Seni Siswi Nasional (FLS2N) Dengan Meraih 1 Perak dan Juara Harapan 3. Juara Dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP dengan Meraih 2 Perak dan 2 Perunggu.  Juara Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMP dengan Meraih 1 Emas dan Juara Harapan 2.

Juara Dalam Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMA dengan Meraih 3 Emas dan 4 Perunggu. Juara Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMA dengan Meraih 1 Emas, 1 Perak dan Juara Harapan I.

Sektor Kesehatan : Berjalannya Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Untuk Umum (Universal Coverage). Sektor Olahraga : Juara Umum Kejurnas Sarung Tinju Emas (Oktober 2013).

Sektor Pemberdayaan Perempuan : Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Pratama (2013) Dalam Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Dari Presiden Ri Di Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Beberapa bidang lainnya capaian Keberhasilan dan Penghargaan yang diterima selama satu tahun kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara Juni 2013 - Juni 2014 yang layak ditampilkan yakni 3 sektor pada Penataan Ruang Dan Pengembangan Wilayah  yakni Evaluasi Ranperda Rtrw Kabupaten/Kota Terhadap 7 Kabupaten/Kota Yang Ditindaklanjuti Menjadi Perda Rtrw Kabupaten/Kota, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Sebanyak 1400 Unit Yang Diperuntukkan Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Bekerjasama Dengan Kodam I Bukit Barisan serta Penetapan Geopark Kaldera Danau Toba Sebagai Geopark Nasional.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung