Pemenang Kompetisi Foto Konsul Amerika Serikat

Pemenang Kompetisi Foto Konsul Amerika Serikat di Medan

 
Medan – Hari ini Konsul Amerika Serikat Kathryn Crockart mengumumkan pemenang kompetisi foto bertema “Sumateraku : Sumatera in Diversity”, yang diadakan oleh Konsulat A.S. dalam rangka memperingati 50 tahun pidato “I Have A Dream” dari tokoh pejuang hak sipil Amerika, Dr. Martin Luther King, Jr. Kompetisi ini terbuka untuk umum dan karya-karya foto terbaik akan dipamerkan di Bandara Internasional Kuala Namu mulai tanggal 6 September 2013.

Berbagi pandangan beliau tentang keberagaman, Kathryn Crockart menyatakan, “Banyak persamaan Sumatera dengan Amerika, tapi untuk saya, persamaan yang paling menonjol adalah betapa beragamnya kebudayaan kita. Tahun ini, saat kita memperingati perjuangan Dr. King atas persamaan hak bagi kita semua, sangat tepat saatnya untuk turut menghargai keberagaman yang ada di Sumatera; merefleksikan kata-kata beliau, kita merayakan dan menghargai perbedaan yang menjadikan setiap insan menjadi unik dan setiap kebudayaan menjadi istimewa. Penghargaan khusus saya sampaikan kepada fotografer berbakat yang telah mengabadikan berbagai wajah Sumatera dalam karya-karya foto ini.

Lima puluh tahun yang lalu, pada tanggal 28 Agustus 1963, kurang lebih 250.000 orang mendengarkan pidato “I Have A Dream” dari Martin Luther King, Jr yang menuntut persamaan hak dan keadilan bagi seluruh warga sipil, tanpa melihat warna kulitnya. Sejak saat itu, Amerika telah melangkah ke depan dalam hal pengakuan atas hak setiap orang, tanpa membedakan ras, agama, suku atau jenis kelamin, dan juga dalam menghargai dan merayakan  keberagaman yang terdapat dalam kebudayaannya. Sama seperti Amerika yang memiliki banyak keberagaman, demikian pula 10 propinsi di Sumatera. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong para fotografer menyoroti tema ini dan berbagi secara visual kepada masyarakat melalui karya-karya yang mengabadikan keberagaman yang luar biasa ini.

Dari 400 foto yang diterima, 30 dipilih sebagai finalis dan 3 sebagai juara oleh panel juri yang terdiri dari; Kathryn Crockart (Konsul A.S. untuk Sumatera), Iskandar Leonardi (Fotografer), Ferdi Siregar (Fotojurnalis), Heinrico (Ketua Asosiasi Fotografer Sumatera Utara) dan Dedy Sinuhaji (Sekretaris Pewarta Foto Indonesia – Medan) Masyarakat juga diundang untuk memilih foto favorit mereka di http://facebook.com/medan.usconsulate.

Selamat kepada para pemenang

Juara Pertama  : “Makan Bersama (Eating Together)” by Irfan Maulana
Juara Kedua                : “Bakar Tongkang (The Burning Ship” by Ilham Santoso
Juara Ketiga                : “Peace at Danau Toba” by Charles Armin
Foto Favorit Facebook: “ Vibrant Kids in Sumatera” by Vilist

Karya-karya terpilih akan dipamerkan di Bandara Internasional Kuala Namu (KNIA) mulai tanggal 6 September 2013, bekerjasama dengan Angkasa Pura II, General Manager AP II Said Ridwan menyatakan, “Kuala Namu adalah gerbang baru Sumatera Utara. Setiap hari, lebih dari 20.000 orang tiba dan berangkat dari bandara baru ini, merepresentasikan pertemuan antara Sumatera dan dunia dalam arti yang sesungguhnya. KNIA merupakan tempat yang tepat untuk merayakan dan menghargai keberagaman yang kita miliki”.

Pameran ini dapat terlaksana atas dukungan dari berbagai institusi dan organisasi terkemuka di Sumatera Utara: PT. Angakasa Pura II, Seeis, Hahnemuhle German, Kemang Frame, Medan Focal Point, Bistro 061, Tribun Medan, tribun.com, Berastagi, Grand Aston Hotel Medan, Santika Hotel Medan, Hotel Aryaduta Medan, Marriott Hotel Medan, The Hill Hotel & Resort, Grand Mutiara, Sawasdee, Sedap Nusantara, Tea n Cake, Sajian Bhineka, Buffalo Wings, Kampung Ladang, Rumah Kopi Wak Noer, Sam’s, Pattiserie, Kover, 90.8 Mix FM, 104.6 Star FM, Prambors FM, Aplaus dan Asosiasi Fotografer Sumatera Utara (AFSU).

Konsulat A.S. di Medan secara rutin mengadakan kegiatan kebudayaan untuk memperkenalkan kebudayaan Amerika Serikat kepada khalayak Indonesia dengan harapan untuk memperkuat hubungan dan saling pengertian antara kedua negara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Konsulat Amerika Serikat di Sumatera, silahkan kunjungi website http://medan.usconsulate.gov. Video dari pidato “I Have A Dream” Martin Luther King, Jr dapat dilihat di http://goo.gl/41fkY3, dan naskah pidato di http://goo.gl/0jH0Zw.


Tambahan petikan pidato Kathryn Crockart :
Persamaan antara negara Amerika Serikat dengan Indonesia sesuai dengan semboyan Amerika yaitu “Out of Many, We Are One” yang serupa dengan semboyan negara Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”
Teks Foto :
1. Konsulat A.S menyampaikan pidato pembuka
2. Juara 3,2 dan 1 pemenang kompetisi foto
3. Para juri

Comments

  1. Bandar Judi Semua permainan yang terbaik dan terbesar di Indonesia!
    Hanya Di Zeusbola!

    Transaksi bisa dilakukan melalui :
    => PULSA ( XL & TELKOMSEL )
    => E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
    => Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung