Singapura Ingin Tingkatkan Kerjasama dengan Sumut

Singapura Ingin Tingkatkan Kerjasama dengan Sumut


MEDAN -  Konsul Singapura Mark Low menegaskan negara Singapura telah lama melakukan kerjasama dengan negara ASEAN,  khususnya negara Indonesia dan lebih istimewa dengan Sumatera Utara. Memperingati HUT Kemerdekaannya, Mark Low menyatakan Singapura sangat ingin  kerjasama selama ini bisa lebih ditingkatkan.

"Kami atas nama Pemerintah Singapura terlebih dahulu mengucapkan selamat atas HUT Kemerrdekaan Indonesia yang ke-68 juga Minal Aidil Wafaidzin," kata  Mark Low pada acara resepsi hari nasional ke-48 Republik Singapura, di Hotel JW Marriot,Selasa (20/8) .

Menurutnya, sudah ada pembicaraan dari Perdana Menteri Singapura dengan presiden RI tentang kerjasama bidang ekonomi yang saling menguntungkan."Saya harap dengan Sumut demikian pula. Agar kerjasama yang telah terjalin bisa ditingkatkan lagi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nurady MSi menyampaikan selamat merayakan hari nasional untuk  rakyat Singapura. Semoga, senantiasa memberikan kesejahteraan dan meningkatkan hubungan persaudaraan antar bangsa demi kesejahteraan rakyat kedua negara.


"Kemajuan yang dicapai Singapura selama 48 tahun terakhir telah membawa pengaruh penting bagi pertumbuhan kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia dimana Singapura adalah negara pulau yang didirikan oleh mantan Gubernur Jawa Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1819 mengalami perkembangan ekonomi yang pesat setelah merdeka dari Malaysia tahun 1965," kata Wagubsu.

Selanjutnya, seiring peletakan dasar modernisasi oleh menteri senior Lee Kwan Yew Singapura berkembang menjadi lokomotif ekonomi Asean sehingga menjadi negara satu-satunya di Asia dengan taraf hidup setara dengan negara Swiss di Eropa.

"Adapun pengaruh Singapura sedikit banyak berimbas ke Indonesia. Untuk itulah melalui kesempatan ini saya ingin menyampaikan harapan agar Singapura dapat ikut terlibat dalam transformasi ekonomi di Sumut melalui berbagai kerjasama Investasi," harapnya.

Banyak potensi dan peluang Investasi yang bisa dimamfaatkan pengusaha Singapura di Sumut yang memiliki kekayaan alam yang sangat kaya dan saat ini sudah banyak investasi yang ditempatkan di Sumut diantaranya bidang perkebunan, kelistrikan bahan tambang dan khusunsya potensi holtikultura Sumut yang telah memenuhi standart quality.

"Saat ini banyak kegiatan yang telah dikembangkan antara pemerintah Indonesia dan Singapura begitu juga dengan swasta bahkan antara masyarakat dengan masyarakatnya terutama kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian dan perdagangan. Maka saya harap dengan kedekatan giografis maupun hubungan ekonomi yang saling melengkapi antara Indonesia dan Singapura akan menjadi motor penggerak kemajuan ekonomi Asean pada masa mendatang," katanya pula.

Acara peringatan Hari Jadi Singapura di Hotel JW Marriot yang digelar Konsulat Singapura di Medan ditandai dengan pemotongan Kue Ultah bergambar Bendera Singapura yang dipotong oleh Wagubsu dan diberikan kepada Kosulat Singapura Mark Low.
Acara juga dihadiri oleh Danlanud Soewondo Kol Pnb SM Handoko serta konsulat Malaysia, China, Jepang dan beberapa konsul negara sahabat . Acara ditutup dengan jamuan makan malam yang telah disiapkan oleh konsulat Singapura.(*)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung