Gubsu: Ayo Kita Sukseskan Kota Layak Anak



Gubsu: Ayo Kita Sukseskan  Kota Layak Anak


MEDAN - Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2013, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Biro Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana menggelar Jambore Anak 2013. Dalam kegiatan yang berlangsung  di Lapangam Kwardacab  Pramuka Kota Medan  Jl.Karya Wisata Medan, Jumat( 23/8), Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST, MSi mengajak semua pihak mensukseskan Kota Layak Anak (KLA).

Ajakan Gubernur Sumatera Utara itu disampaikan dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara H.Nurdin Lubis, MM, mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk mensukseskan program Kota Layak Anak (KLA).

 Dijelaskannya bahwa Kabupaten atau Kota Layak Anak adalah Kabupaten/ Kota yang sistem pembangunannya berbasis hak anak melalui keintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak.

Lebih jauh Nurdin membacakan bahwa anak adalah titipan Tuhan yang setiap kita dan negara berkewajiban melindungi dan memberikan hak mereka untuk tumbuh berkembang, terdidik dan berpartisipasi dimasyarakat dalam batas kewajaran. Selain itu dikatakannya bahwa anak adalah generasi bangsa, dengan dijaminnya hak mereka berarti negara menjamin keberlangsungan bangsa ini kedepan.

Dalam kesempatan itu Gubsu berharap dengan terlaksananya jambore anak 2013 kali ini dapat menghasilkan satu model kampung anak yang responsif dalam kebutuhan dan penanganan pengendalian yang dapat mendorong terwujudnya kabupaten kota layak anak KLA, "Ayo kita sukseskan Kota Layak Anak di Sumatera Utara", tutupnya.

Hadir dalam pembukaan tersebut. Asisten  Hj.Sabrina, Perwakilan Tim Penggerak PKK Provsu,  Sekretaris Daerah Kota Medan Saiful Bahri Lubis, Perwakilan LSM perlindungan anak dan ribuan orang lainnya.

Sementara itu panitia Jambore melaporkan bahwa jabore yang digelar akan melaksanakan serangkain kegiatan yaitu Senam, Dialog Interaktif, Bermain Kearifan Lokal, Work Shop Pembuatan Film Anak, Pementasan Karya Anak,Lomba Debat Anak,  Edukasi Kampung Layak Anak, Simulasi Tanggap Benncana, Out Bond, deklarasi Kampung Anak dan lain lain.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti berjumlah 750 anak dari seluruh Sumatera Utara  beserta pendamping yang terdiri dari Guru,Siswa SMP,SMA, anak Jalanan, anak bermasalah hukum, Anak berkebutuhan khusus, Forum Anak North Sumatera, Forum Anak Medan, LSM perlindungan anak dan perwakilan BUMN, BUMD, Pengusaha dll.

Dalam kesempatan itu ditampilkan pementasan anak dengan kreatifitas musik Beat Box yaitu musik dengan mulut yang menghasilkan musik yang meriah sehingga Sekda dan ratusan anak lainnya berdecak kagum.

Kegiatan ini juga diramaikan pameran teknologi oleh Balitbang Provsu menampilkan temuan teknologi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.(*)

Comments

  1. anak adalah titipan Tuhan yang setiap kita dan negara berkewajiban melindungi dan memberikan hak mereka untuk tumbuh berkembang, terdidik dan berpartisipasi dimasyarakat dalam batas kewajaran

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung