ASEAN Community


Jelang ASEAN Community Hubungan Sumut-Jepang Makin Strategis

MEDAN -  Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nurady MSi menerima kunjungan kehormatan Wali Kota Toyohashi  Mr Koichi Sahara bersama Konsul Jepang Mr Yuji Hamada serta rombongan, di Anjungan Lantai 9 Kantor Gubsu, Senin (26/8) . Di depan para delegasi termasuk Walikota Toyohashi dan Konsul Jepang, Wagubsu menawarkan potensi investasi di daerah Sumut. Wagubsu menegaskan, menjelang pelaksanaan ASEAN Community hubungan Sumut-Jepang akan semakin strategis

"Provinsi Sumut memiliki 15 juta jiwa penduduk ada 33 kabupaten dan kota. Banyak potensi di Sumut yang menarik untuk para investor. Hubungan investasi kita salah satunya seperti PT Inalum yang sudah berumur 30 tahun," ujar Wagubsu.

Pada pertemuan itu, Wagubsu menawarkan potensi investasi lain seperti pembangkit listrik dan juga pula infrastruktur. Tak hanya investasi, Wagubsu mengucapkan terima kasih karena perusahaan air bersih dari Sumut telah diberi kesempatan untuk belajar ke  Toyohashi

Sebelum pertemuan ini, rombongan Konsul Jepang telah melakukan sejumlah peninjauan. Salah satunya ke Kabupaten Sergai yang memiliki irigasi pertanian terbaik di Sumut. Kerjasama dengan Sumut-Jepang sangat strategis, meningat sebentar lagi ASEAN Community 2015 bakal dimulai. Sektor jasa dan perdagangan  jelas sangat prospektif untuk masyarakat ASEAN yang memiliki lebih kurang 600 juta jiwa penduduk.


Wagubsu berharap kunjungan ini bisa banyak membawa pengalaman dan meningkatkan kerjasama Indonesia dan Jepang. Apalagi, kata Wagubsu saat ini sudah terbentuknya Forum Sumatera-Jepang, tentu ini akan lebih meningkatkan lagi hubungan kedua negara.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada bapak Konjen Jepang untuk Medan yang begitu semangatnya untuk meningkatkan Forum Sumatera Jepang. Mudah-mudahan akan meningkatkan persahabatan antar Indonesia dan Jepang ataupun secara khusus antara Provinsi Aichi Jepang dengan Provinsi Sumut Indonesia," ujarnya.

Wali Kota Toyohashi provinsi Aichi Jepang, Mr Koichi Sahara dalam sambutan yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia menyampaikan ucapan selamat kepada Wagubsu atas pelantikan beberapa bulan lalu.

"Pada saat datang di Jepang dulu Pak Tengku Erry masih sebagai Bupati Sergai, kita  dan membahas banyak hal tentang Kabupaten Sergai. Kemarin saat kami mengunjungi Kabupaten Sergai saya mencoba menanam padi di sana,"tutur Mr Koichi Sahara yang berharap Pemerintah Jepang khususnya Kota Toyohashi terus mendukung dan bekerjasama kepada Provinsi Sumut.


Acara yang dihadiri Asisten II Ekbang Pemprovsu Dr Hj R Sabrina, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Pemprovsu Ir Hj Purnama Dewi dan Kepala Biro Otda Pemrovsu Drs Jimmy Pasaribu MAP. Kunjungan kehormatan Wali Kota Toyohashi  Mr Koichi Sahara diakhiri dengan pemberian cinderamata  oleh Wali Kota Toyohashi  Mr Koichi Sahara kepada Wagubsu. Dan sebaliknya Wagubsu memberikan ulos serta buku-buku berisikan  potensi Sumut kepada Wali Kota Toyohashi  Mr Koichi Sahara.(*)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung