Tipikor Geledah DPRD Sumut


Tipikor Poldasu Geledah DPRDSU



Medan, (Mimbar) - Penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumatera Utara menggeledah sejumlah ruangan kerja di DPRD Sumut, Jumat (30/8). Penggeledahan dilakukan di ruangan Wakil Ketua DPRDSU, Sigit Pramono Asri, Fraksi Hanura, Bagian Tata Usaha dan Keuangan Sekretariat DPRDSU dan Sekretaris DPRDSU, hingga ruangan Fraksi PKS DPRDSU.
            Pantauan dan informasi diperoleh Mimbar, penggeladahan di sejumlah ruangan di gedung wakil rakyat itu dilakukan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Penggeladahan diawali dari ruangan kerja Wakil Ketua DPRDSU, Sigit Pramono Asri di lantai 2 dan ruangan Ketua Fraksi Hanura DPRDSU di lantai 4, Zulkkifli Effendi Siregar. Tim Tipikor dengan mengenakan rompi khusus bertuliskan Tim Tipikor Polda Sumut diketahui sedikitnya berjumlah 17 orang tersebut, mondar-mandir secara bergantian memeriksa sejumlah berkas di kedua ruangan tersebut.
            Tim Tipikor dipimpin AKBP Yuda Nusa dan Kasubdit III/Tipikor Ditreskimsus Poldasu disela-sela penggeladahan mengaku, penggeledahan dilakukan terkait kasus korupsi Alkes bersumber dari anggaran Bantuan Daerah Bawahan (BDB) APBD Sumut 2012. Informasi diterima, penggeledahan di ruangan Sigit Pramono Asri, disita sejumlah berkas, begitu juga di ruangan Zulkifli Effendi Siregar diamankan sejumlah berkas ditambah 1 unit CPU komputer.
            Sementara dalam penggeledahan itu, Wakil Ketua DPRDSU Sigit Pramono Asri dan Ketua Fraksi Hanura DPRSU, tidak berada di tempat.Begitu juga kalangan anggota DPRD Sumut, pada saat penggeledahan tersebut samasekali tidak seorang-pun anggota dewan yang kelihatan datang ke gedung wakil rakyat tersebut.
            Usai menggeledah ruangan Wakil Ketua DPRDSU dan Fraksi Hanura DPRDSU yang berakhir sekitar pukul 12.30 WIB, Tim Tipikor Poldasu usai waktu Sholat Jum’at melanjutkan kembali penggeledahan ke ruangan Fraksi PKS, ruangan Bagian Tata Usaha dan Keuangan Sekretariat DPRDSU hingga raungan Sekretaris DPRDSU.
            Di ruangan PKS, tujuh petugas yang mengenakan rompi coklat bertulis Tipikor Polda Sumut masuk ruang kerja anggota Fraksi PKS dan keluar tanpa terlihat memegang berkas apapun. Sementara dari rungan Bagian Tata Usaha, sejumlah penyidik Tipikor terlihat mengamankan sejumlah CPU computer dan berkas surat-surat.
            Sekretaris DPRDSU, Randiman Tarigan di sela-sela penggeledahan itu menjelaskan, penggeledahan dilakukan petugas Tipikor Poldasu di sejumlah ruangan gedung dewan berkaitan dengan dugaan penyelewengan pengadaan alat kesehatan. “Mereka memeriksa hal yang berkaitan dengan alat kesehatan,”katanya.
            Pada kesempatanh itu, Randiman mengklarifikasi dan menegaskan bahwa penggeledahan dilakukan petugas Tipikor Poldasu hanya dilakukan di ruangan Wakil Ketua DPRDSU Sigit Pramono Asri, ruangan Fraksi Hanura dan ruangan bagian keuangan secretariat DPRDSU. “Jadi hanya ada tiga ruangan saja yang mereka geledah untuk mencari berkas yang mereka butuhkan,”tegasnya.
            Randiman juga menegaskan pihaknya tidak mengetahui hal-hal teknis yang menjadi fokus penyelidikan kepolisian,s ebab hal itu merupakan kewenangan kepolisian untuk menjelaskannya. “Kemana-kemananya ya kita tidak tahu, karena itu teknis kepolisian,”sebutnya.                 Selain menggeledah sejumlah ruangan kerja di DPRDSU, Tim Tipikor Poldasu juga dikabarkan melakukan penggeledehan ke  kantor DPD Partai Hanura Sumut di Jalan Sei Besitang Medan.  Bahkan penggeledahan juga dilakukan di Biro Keuangan Sekretariat Daerah Pemprovsu, yang bertujuan mencari bukti lain di ruang tersebut.
            Sebelumnya diketahui, Zulkifli Siregar, Sigit Pramono Asri dan Nirmawaty Siregar telah diperiksa sepekan terakhir penyidik Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut sebagai saksi dalam kasus pengadaan alat kesehatan dan KB TA 2012. Dalam kasus ini Polda Sumut sudah menetapkan sembilan tersangka. Para tersangka berasal dari rekanan (penguusaha) dan pejabat dibeberapa kabupaten/kota di Sumut. (09)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung