Medan Bentuk BNNK


Pemko Medan Diminta Segera Bentuk BNNK

Medan, (Mimbar)- Sampai  tahun 2013, Pemko Medan belum mendapatkan kesempatan untuk membentuk Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) dari Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara Republik Indonesia. Untuk itu Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara berharap Pemko Medan segera mempersiapkan persyaratan untuk diusulkan pembentukannya tahun yang akan dating, karena  Kota Medan tergolong tinggi peredaran dan penyalahgunaan narkotika.
Hal itu terungkap dalam pertemuan Kepala BNNP Sumut Kombes Pol Rudy Tranggono dengan Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  di Balai Kota Medan, Senin (26/8). “Sampai tahun ini, BNNK Medan belum mendapat kuota dari Kemenpan. Tetunya berharap, tahun depan  sudah bisa diusulkan,” kata Rudy.
Untuk tahun 2013, Provinsi Sumut mendapat tiga tambahan BNN  Kabupaten/Kota yang akan terbentuk. Diantaranya Tanjung Balai, Tanah Karo, dan Binjai. Pihaknya sangat berharap akan segeranya terbentuk BNNK Medan, demi membantu pihaknya dalam memberantas peredaran dan penyalagunaan narkotika di Kota itu.
Medan tergolong tinggi peredaran dan penyalahgunaan narkotikanya. Terkadang kita juga jadi kesulitan untuk turun ke kabupaten kota lainnya karena harus focus di Medan,” ujarnya sembari menjelaskan ada beberapa daerah yang menjadi perhatian mereka di Medan sehingga masuk kategori daerah merah seperti Kampung Kubur, pantai Burung dan Belawan.
Sehingga dengan kerjasama dengan Pemko Medan, Rudy berharap rencana pembentukan BNNK Medan akan semakin cepat direalisasikan. Kesiapan pemerintah dan ketersediaan lahan menjadi factor pendukung utama. Sebab, pembentukan BNNK sesuai dengan Inpres No 12 tahun 2011 dibarengi begitu tingginya kejahatan narkotika dan penyalahgunaan narkotika di Medan.
 “Perlu sinergitas antara BNNP  Sumut dengan Pemko Medan, sehingga pertemuan ini ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan, yang sudah ditetapkan dalam rencana strategi nasional penanggulangan narkotika. Kerjasama yang dijalin termasuk dalam upaya mensterilkan instansi pemerintah dari penyalah gunaan narkotika. Untuk mewujudkan isntansi pemerintah yang bersih dan berwibawa. Yang terbebas dari narkotika, sehingga nanti tidak ada lagi pegawai di Pemko Medan yang terlibat penyalahgunaan narkotika.
Sementara Plt Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menyambut baik rencana pembentukan strukturisasi BNN Kota Medan. Hingga tahun ini, belum mendapat jatah dari Menpan, tapi kita upayakan tahun depan bisa diusulkan dalam.
Menurutnya, perlu menyikapi hal itu untuk bisa meminimalisir dan menyampaikan kepada masyarakatan bahwa pembinaan-pembinaan yang dilakukan juga untuk mencegah bahaya narkoba, dan harus dilakukan bersama.
“Kalau kesiapan dan kebersamaan kita tidak ada, maka apapun yang kita miliki akan percuma. Bisa bersama-sama kita mengatasinya, untuk tindakan pencegahan ini bisa kita lakukan. “Banyak sendi-sendi yang bisa dimanfaatkan orang-orang yang ingin merusak generasi ini, tentunya rencana pembentukan BNNP itu pisitif. (08)

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung