Implementasi Bela Negara



Implementasi Bela Negara

Implementasi bela negara cukup luas namun hakekatnya adalah bangga selaku anak bangsa Indonesia dan cinta persatuan kesatuan bangsa.

Motivasi ini patut disimak dan digarisbawahi dengan tinta tebal oleh seluruh komponen anak bangsa khususnya para pemuda dan generasi muda secara umum.

Untuk itu semua pihak khususnya para pemuda dan generasi muda secara umum perlu senantiasa memperteguh komitmen bangga jadi anak bangsa Indonesia bagi segenap potensi bangsa. Ini hakekat mendasar dari prinsip bela negara.

Artinya bangga jadi anak bangsa dan peningkatan kesadaran bela negara perlu terus disosialisasikan dengan melibatkan berbagai komponen strategis di masyarakat khususnya organisasi kemasyarakatan pemuda.

Implementasi bela negara cukup luas namun hakekatnya bangga selaku anak bangsa Indonesia dan cinta persatuan kesatuan bangsa.
     
Dengan kata lain anak bangsa bangga untuk bela negara guna mempertajam wawasan generasi muda dan masyarakat luas tentang kesadaran bela Negara untuk tetap kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upaya untuk memiliki kesadaran bela Negara bagi setiap warga Negara Indonesia sehingga tercipta ketahanan bangsa maka hal mendasar yang harus diyakini dan diamalkan adalah bahwa persatuan dan kesatuan merupakan modal dasar yang harus dimiliki setiap warga Negara.
     
Itu artinya dengan semangat persatuan dan kesatuan maka setiap peristiwa atau kondisi ancaman yang terjadi dalam konteks keamanan bangsa dan negara yang datang dari dalam maupun luar secara spontan akan timbul respon untuk mempertahankan keutuhan negara.

Kini saatnya kita mengajak anak bangsa untuk menyadari kembali akan nilai Kemerdekaan. Orang yang menyadari pentingnya akan nilai Kemerdekaan, tentu tidak akan hidup seenaknya sendiri dan tidak akan mementingkan diri sendiri melainkan kecintaannya akan semakin kuat. Dengan kesadaran itu ia turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Pembangunan bela negara, pembangunan kewarganegaraan tetap dikedepankan, sebab semakin memudarnya cinta bela negara dapat merupakan ancaman bagi eksistensi negara bangsa Indonesia.

Mencegah sebelum semua itu terjadi hal itu merupakan kebutuhan dan keniscayaan. Bangsa kita terlahir dari perjuangan keras, dan menjadi bangsa yang mampu memenuhi janji-janjinya, ikrarnya, mengisi pembangunan, sebagai bukti dari cinta terhadap Indonesia, bukti terhadap bela negara.

Dewasa ini tidak dipungkiri dalam kenyataan di masyarakat ada anak bangsa yang suka menjelek-jelekkan nama bangsa dan negaranya di depan bangsa dan negara lain.

Ada yang tidak langsung sikapnya telah mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Ada yang memperkaya diri dan mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan orang lain.

Tidak hanya itu, dalam tampilan sehari-hari, konflik sosial, konflik teritorial, terorisme, provokasi, kejahatan Narkoba, kecenderungan krisis kepercayaan, KKN, cybercrime, money laundering dan lainnya merupakan indikasi tipisnya kesadaran bela Negara.

Ini harus diantisipasi mengingat masyarakat Sumut sesungguhnya dari dulu dikenal memiliki jiwa dan semangat bela negara yang cukup kuat.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung