HPJI Sumut Bahas Interkonektifitas Jaringan Jalan di Pulau Sumatera



HPJI Sumut Bahas Interkonektifitas Jaringan Jalan di Pulau Sumatera

# Menghadirkan Ketua DPD RI, Menteri PU-Pera RI, Kepala Bappenas RI sebagai Pembicara

Medan (Mimbar) - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan DPD HPJI Provinsi se-Sumatera akan menyelenggarakan Seminar Sehari pada tanggal 28 Februari 2015 di Santika Dyandra Hotel & Convention Medan dengan thema "Mewujudkan Percepatan Konektifitas dan Peningkatan Kapasitas Jaringan Jalan Trans Sumatera".

Dalam seminar sehari yang tersebut akan menelaah dan mempelajari isu yang berkaitan dengan interkonektifitas jaringan jalan di Pulau Sumatera dengan menghadirkan pembicara kunci Irman Gusman SE MBA selaku ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dengan topik "Perlunya Percepatan Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Pulau Sumatera Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat" dan juga menghadirkan Pembicara Utama I Dr Ir M Basoeki Hadimoeljono MSc selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Tofik "Konektifitas Jaringan Jalan di Pulau Sumatera Sebagai Pendorong Percepatan Pembangunan Semua Sektor" juga Pembicara Utama 2 Drs Andrianof Chaniago MSi selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas dengan topik "Dukungan Terhadap Pembangunan Infrastruktur Jaringan Tranfortasi Pulau Sumatera" serta pembicara lainnya Gus Irawan Pasaribu SE MSi selaku Wakil Ketua Komisi XI DPR RI dengan topik "Penyediaan Dana Pembangunan Jaringan Jalan di Pulau Sumatera" dan pembicara selanjutnya Parlindungan Purba SH MM selaku Ketua Komite II DPD RI dengan topik "Peran Komite II DPD RI Dalam Mendukung Pembangunan Jalan di Sumatera".

Hal ini terungkap dalam pertemuan Pengurus DPD HPJI Sumut dan Panitia Seminar Sehari DPD HPJI Se-Sumatera dengan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSI di Rumah Dinas Gubsu jalan Sudirman No.41 Medan, Kamis Malam (12/2).

Hadir Mendampingi Gubsu, Plh Sekdaprovsu Ir Hj R Sabrina MSi, Kepala Dinas Bina Marga Sumut Ir Muhammad Arman Effendi Pohan MSi, Kepala Biro Andministrasi Pembangunan Sumut Ir Ibnu S Hutomo MM. Sedangkan dari  rombongan DPD HPJI Sumut hadir Ketua DPD HPJI Sumut yang juga Walikota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan MM, Ir Ir Burhan Batubara sedangkan dari kepanitian hadir Sekretaris Panitia Ir Victor G Sinaga MEng Sc,  Ir Meuthia Fadila M Eng Sc,  A Kholidi Nasution SST MT, M Arif Fadillah ST dan Tuapril Harianja ST.

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dalm kesempatan itu mengapresiasi penyelenggaraan seminar yang mengambil tema "Mewujudkan Percepatan Konektifitas dan Peningkatan Kapasitas Jaringan Jalan Trans Sumatera". Karena Infrastruktur fisik terutama jaringan tranfortasi memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan pertumbuhan ekonomi suatu wiayah dan juga terhadap kondisi sosial budaya kehidupan masyarakat.

Tentu, Gubsu berharap apa-apa saja yang menjadi kendala selama ini dapat menjadi masukan pada seminar nantinya.

"Intinya saya sepakat dan saya setuju, bagaimana memperkuat antara tol Sumatera, Tras Sumatra maka dalam untuk mendorong infrastruktur jalan," ujarnya.

Gubsu juga menyampaikan bahwa Instansi terkait dapat memastikan hal ini berjalan dengan baik dan dapat dikonsulidasikan sebagai proses masukan ke Kementerian PU-Pera.

"Ini kan bisa jadi Pra Musrenbang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD HPJI Sumut Ir Umar Zunaidi Hasibuan MM melaporkan bahwa tujuan dilaksanakan seminar sehari tersebut adalah diantaranya untuk mempercepat terwujudnya pelaksanan kebijakan pemerintah yang mendukung pencapaian pembangunan dan peningkatan kapasitas infrastruktur jalan dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangunan ekonomi, sosial politik, pertahanan dan keamanaan di Pulau Sumatera. Tujuan lainya adalah mempercepat terlaksananya konektifitas dan peningkatan kapasitas jaringan jalan di Pulau Sumatera melalui penyelesaian masalah yang menghambat selama ini sehingga belum terwujudnya konektifitas jaringan jalan tersebut serta mengajak dan melibatkan semua stakeholder untuk memberikan kontribusi maksimal mendukung program penmerinta dalam rangka percepatan terwujudnya konektifitas jaringan jalan di Pulau Sunatera.

"Insya Allah Kynote Speaker adalah Ketua DPD RI dengan pembicara utama Meteri PU-Pera, Kepala Bappenas RI serta Anggorta DPRRI dan Ketua Komite II DPD RI yang akan dihadiri lebih kurang 400 peserta," ujarnya.

Sebagai pengerak utama roda ekonomui nasional, lanjutnya keberadan infrastruktur transfortasi sangat vital dalam meningkatkan daya saing produk nasional melalaui akses yang efesien dari tempat produksi ke pasar dan ke konsumen akhir. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak akan mungkin dicapai tanpa ketersedian infrastruktur transfortasi yang baik.

Pembangunan dan pengembangan jaringan jalan di Pulau Sumatera telah berjalan sejak lama, tetapi permasalah klasik seperti kesenjangan pembangunan antara wikayah barat dan timur serta keberadaan kota di lintas tengah Sumatera yang kurang didukung oleh potensi hibterland adalah fakta yang ada.  Untuk mengurai permasalahan ini diperlukan interkonektifitas antara jaringan jalan di pulau Sumatera.

Interkonektifitas ini juga diperlukan jika kita berbicara untuk tingkat Asean dan Asia. Asean Highway yang di Pulau Sumatera dikenal dengan ruas AH25 dimulai dari Banda Aceh Sampai ujung Sumatera di Lampung menuju AH2 di Pulau Jawa melalui rencana Jembatan Selat Sunda. Semera Asia akan terhubung dengan Malaysia dengan melalui rencana jembatan Selat Malaka.

Dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 pemerintah telah menargetkan pembangunan jalan tol sepanjang 1000 KM, pembangunan jalan baru 2.650 KM serta pengembangan jalan nasional sepanjang 45.592 KM disamping program pembangunan lainnya seperti jalur Kereta Api Trans-Sumatera.

"Berdasarkan data dan fakta tersebutlah Forum DPD HPJI se-Sumatera yang merupakan perwakilan dewan pengurus daerah HPJI yang berada di Pulau Sumatera mencoba untuk menelaah, dan mempelejari isu yang berkaitan dengan interkonektifitas jarigan jalan di Pulau Sumatera dengan mengadakan seminar sehari," kata Ketua DPD HPJI Sumut.

Dari 400 peserta yang hadir, terdiri para pemangku kepentingan/instansi terkait dibidang Infrastruktur Jalan, DPRD Prov/Kabupaten/Kota, Dinas Bina Marga, Perguruan Tinggi, LPJKP/Asosiasi profesi dan anggota DPD HPJI se-Sumatera.

"Kami dari kepanitaan mengundang pak Gubernur sekaligus dapat membuka acara seminar sehari secara resmi," harapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung