Wantannas Kaji Pengaruh Sumut Bagi Kondisi Kemananan Nasional


Wantannas Kaji Pengaruh Sumut  Bagi Kondisi Kemananan Nasional

Medan, (Mimbar) - Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas ) melakukan pengkajian daerah Sumatera Utara dalam rangka mendapatkan informasi terkini berkaitan aspek kehidupan nasional. Kegiatan diawali dengan pertemuan Bidang  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang diterima oleh Sekretaris Daerah Sumut  H Hasban Ritonga, Selasa (20/9).

Tim  Wantannas yang hadir terdiri atas Sekjend Wantannas Letjend TNI M Munir, Staf Ahli Bidang Ekonomi Irjen PolbDrs Bambang Hermanu, SH, MM, Staf Ahli Bidang Pertahanan dan Keamanan Mayjend TNI Nana Rohana, SE dan Analis Kebijakan Bidang Demografi Sisnas Kol Laut Moch Taufiq Hidayat, ST.

Dalam kesempatan itu Sekda menyambut gembira kehadiran Wantannas yang akan melakukan kunjungan ke Sumut selama empat hari. Sekda memaparkan mengenai Sumatera Utara kepada rombongan Wantannas serta situasi terkini.

Sekjend Wantannas Letjend Munir menjelaskan bahwa pengkajian daerah yang dilakukan di SUmut bertujuan untuk mencari data dan fakta dalam rangka perumusan kebijakan nasional. “Kita juga menggali masalah ipoleksosbudhankam serta resiko pembangunan nasional di daerah yang berpengaruh terhadap konsisi keamanan nasional,” katanya.

Dia mengatakan, Wantannas banyak menampung aspirasi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk dikumpulkan dan dianalisa khususnya hal yang berkait permasalahan nasional. “Produk kami untuk presiden, untuk membantu preaiden. Termasuk kedatangan ke sini,” kata Munir. Wantannas menurutnya mencermati situasi kondisi seluruh provinsi, dari hal baik dan yang kurang baik.  Wantanas, katanya, berfikir strategis jauh ke depan, agar NKRI utuh.

Sekda memimpin pelaksanaan/ pertemuan yang diikuti jajaran SKPD diantaranya Kepala Dinas PU dan BInamarga Effendi Pohan, Kepala Dinas Perikanan Kelautan Zonny Waldi, Kepala Kesbangpolinmas Zulkifli, Plt Kepala Biro Perekonomian Hj Elidawati Hasibuan, Sekretaris Dinas Kominfo dan lain sebagainya.

Beberapa pertanyaan yang bahas adalah mengenai harga sawit yang terpuruk serta pengaruhnya terhadap ekonomi Sumut, dampak erupsi Gunung Sinabung, penyelesaian konflik SARA Tanjung Balai dan maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Kunjungan dilaksanakan selama empat hari yang juga diisi dengan kunjungan Pertemuan dengan Kapolda, Pangdam, PT Pelindo, Lantamal I Belawan, PTPN III, Kawasan Danau Toba dan Pulau Samosir.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung