Gubsu Serahkan 15 Kunci Bedah Rumah


Gubenur  : Ayo Gotong Royong Usir Kemiskinan

# Gubsu Serahkan 15 Kunci Bedah Rumah

Sidikalang, (Mimbar) - Gubernur  Sumatera Utara H T Erry Nuradi menilai semangat gotong royong masih perlu digelorakan. “Jika dulu bangsa kita bergotong royong mengusir penjajah, saat ini gotog royong dapat dilakukan untuk mengusir kemiskinan dari bumi pertiwi,” ujar Gubernur Erry Nuradi saat membuka membuka Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat BBGRM XIII dan HKG-PKK Ke 44 dan Pencanangan Desa Binaan Bangdes-Madu Tingkat Provinsi Sumatera Utara di lapangan Silumboyah Kecamatan Empat Numpuholo Kabupaten Dairi, Rabu (14/9).


Gubenur mengatakan, melalui semangat gotong royong kita bisa melawan ketertinggalan. “Ssemangat gotong royong perlu untuk membangun daerah kita ini menjadi yang terbaik," ujar Gubsu. Hadir pada kesempatan tersebut FKPD Provinsi mewakili Pangdam I/BB, Bupati Kabupaten Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro, SSos, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, para bupati dan walikota se Provinsi Sumatera Utara, FKPD kabupaten Dairi, Ketua TP PK Provsu Hj Evi Diana dan para ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara, Para Kepala SKPD Provinsi, tokoh masyarakat dan alim ulama kabupaten Dairi.

Pada kesempatan itu Gubsu mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menggelorakan semangat gotong royong. Karena dengan semangat gotong royong bangsa kita penjajah kolonial yang ingin merebut NKRI, walau hanya dengan bersenjatakan bambu runcing dapat merebut kemerdekaan yang bisa kita nikmati hingga saat ini. 

Gotong royong lanjut Gubsu bukan hanya untuk mengusir penjajah tetapi juga untuk mengusir kemiskinan dari bumi pertiwi. "Dengan semangat gotong royong kita bisa melawan ketertinggalan, semangat yang luar biasa untuk membangun daerah kita ini menjadi yang terbaik," Ujar Gubsu.

Masih banyak rakyat yang menganggap enteng terhadap nilai dan makna besar dari semangat gotong- royong baik dari sisi tujuan dan manfaatnya. "Pada hakekatnya pembangunan bangsa dan negara ini adalah dengan semangat gotong royong," imbuhnya.

Salah satu nawacita yakni membangun dimulai dari pinggiran artinya dari desa oleh karenanya desa memiliki peran yang sangat penting untuk menyokong kota wilayah yang lebih luas. Apalagi lanjut Gubsu saat ini anggaran desa yang cukup besar dari tahun ke tahun. Untuk itu Gubsu mengharapkan agar anggaran desa dapat digunakan semaksimal mungkin dengan musyawarah desa yang membicarakan hal-hal prioritas untuk pembangunan. "Diharapkan desa semakin kreatif dan inovatif karena desa merupakan potensi sumber daya untuk pembangunan," ujar Gubsu

Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang dalam sambutan mengatakan bahwa kabupaten bahwa kabupaten Dairi memiliki motto pembangunan Bekerja untuk Rakyat, karena menurut dia pamong itu adalah pelayan, yaitu pelayan masyarakat. Untuk mengimplementasikan hal tersebut dirinya membuat kebijakan agar seluruh SKPD di kabupaten Dairi untuk turun ke desa sekali dalam dalam 2 minggu yakni pada hari Jumat dan Sabtu. "Kami tidur di desa untuk mengetahui situasi di desa dan apa saja yang diperlukan rakyat," sebutnya 

Pada kesempatan itu Bupati mengucapkan selamat datang dan berharap kedatangan Gubsu dapat memberikan motivasi bagi masyarakat Kabupaten Dairi untuk dapat menjalankan visi dan misi pembangunan di Kabupaten Dairi untuk kabupaten dairi yang lebih maju. 

Gubsu berkesempatan meninjau rumah yang tidak layak huni yang telah direnovasi yang merupakan program dari pemerintah provinsi Sumatera Utara dan bantuan dari SKPD provsu. Untuk kabupaten dairi ada 15 unit rumah yang direnovasi. Pada kesempatan itu Gubsu mengharapkan agar program bedah rumah ini dapat terus berlanjut dari tahun ke tahun. "Ini sangat positif agar masyarakat Sumatera Utara memuliki tempat tinggal yang layak huni," katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung