Gubsu Tawarkan Investasi Listrik ke Pebisnis China


Gubsu Tawarkan Investasi Listrik ke Pebisnis China
Medan, (Mimbar) - Investor China menjajaki kerjasama dengan Provinsi Sumatera Utara. Penjajakan itu disampaikan salah seorang investor asal China kepada Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Selasa (13/9), di kantor Gubsu.

Pada kesempatan itu Gubsu didampingi Sekdaprovsu Hasban Ritonga, SH dam Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprovsu Binsar Situmorang. Utusan investor China yang hadir adalah Nixon Alex yang didampingi anggota DPR RI asal pemilihan Sumut DR Junimart Girsang, pengusaha dari Medan Richard Eddy M Lingga para investor seperti Johanes Siegfried, Martinus Tjipto dan Sutadi.

Pada kesempatan itu Gubsu sangat menyambut baik keinginan para investor China yang ingin berinvestasi di Provinsi Sumatera Utara. Gubsu mengatakan bahwa Sumut saat ini membutuhkan energi Listrik. Menurutya ketersediaan listrik yang cukup akan membawa pembangunan Sumut lebih baik.  Oleh karenanya Gubsu menawarkan agar investor berinvestasi di bidang energi listrik di Sumut. " Listrik sangat vital bagi investor. Investor akan banyak datang, sebab listrik tersedia. Apalagi kawasan Danau Toba, jalan tol, kereta api dan sarana lainnya sedang dan akan dibangun di Sumut. Ini butuh ketersediaan listrik yang besar,” ujarnya.

Apalagi lanjutnya teknologi yang ditawarkan adalah pengolahan sampah yang menghasilkan energi listrik. Gubsu juga mengatakan untuk mempercepat pembangunan di Sumut perlu dukungan dari para investor baik dari dalam maupun luar negeri. Oleh karenanya keinginan para investor yang ingin berinvestasi di provinsi Sumut, Gubsu berjanji akan memfasilitasi ijin. "Untuk pengolahan sampah lintas kabupaten, Provinsi akan memfasilitasi untuk pengurusan ijinnya," sebutnya.

Gubsu juga mengatakan bahwa untuk para investor tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan provinsi Sumatera Utara di bidang lainnya. Saat ini yang sedang berjalan di Sumut adalah perluasan bandara udara, seperti di Silangit. Madina, Padanglawas dan Labuhan Batu Selatan Selatan yang sedang mengusulkan untuk dibangun bandar udara (bandara). "Sesuai dengan program pemerintah pusat, para investor bisa berinvestasi pada bidang infrastruktur perluasan bandar udara di Sumut," kata Gubsu.

Utusan Investor dari China Nixon Alex mengatakan bahwa para investor dari China ingin menjajaki kemungkinan peluang-peluang yang akan dikerjasamakan di Provinsi Sumatera Utara. Karena lanjutnya provinsi Sumatera Utara memiliki banyak potensi untuk dikerjasamakan.

Dikatakannya sesuai dengan yang disampaikan Gubsu Ir H T Erry Nuradi tentang kebutuhan listrik yang masih dibutuhkan di Sumut, pihaknya menawarkan pengolahan sampah untuk dijadikan energi listrik. Bila ini bisa dilakukan Nixon mengatakan untuk 1.000 ton sampah perhari akan menghasilkan 20 MW energi listrik. Untuk itu pihaknya akan mengadakan survei di beberapa kabupaten di Sumut untuk mencari data dimana kemungkinan pengolahan itu dapat dilakukan dan natinya akan disampaikan kepada para investor yang ada di China. "Kita minta ijin ke Pak Gubernur untuk meminta data dari Asisten yang nantinya akan kita bawa ke investor yang ada di China dan juga BUMN yang ada di China," kata Nixon yang hadir bersama Anggota DPR RI DR Junimart Girsang, pengusaha dari Medan Richard Eddy M Lingga para investor seperti Johanes Siegfried, Martinus Tjipto, Sutadi dan satu orang investor dari China.

Dia juga mengatakan bahwa pengolahan sampah menjadi energi listrik ini akan membuat daerah-daerah yang ada di Sumut akan menjadi bersih. Karena untuk menghasilkan energi listrik harus tersedia sampah minimal 1000 ton perhari. "Untuk menghasilkan energi listrik harus tersedia sampah diatas 1000 ton perhari. Tentunya daerah-daerah yang ada di Sumut akan lebih bersih," sebutnya.

Dia juga mengatakan nantinya pihaknya juga akan menjajaki kemungkinan kerjasama yang ditawarkan Gubsu yakni perluasan bandar udara yang ada di daerah yang ada di Sumut. "Selanjutnya kita akan membicarakan kemungkinan kerjasama di bidang lainnya," katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung