Undang Hadiri Mubes PB Mabmi X, Syamsul Arifin Sambangi Plt Gubsu


Undang Hadiri Mubes PB Mabmi X, Syamsul Arifin Sambangi Plt Gubsu

Medan, (Mimbar) - Mantan Gubernur Sumut H Syamsul Arifin menyambangi Plt Gubsu H Tengku Erry Nuradi di Kantornya, Kamis (5/11).  Kedatangan tokoh dengan gelar Dato' Seri H Syamsul Arifin itu dalam rangka melaporkan pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI) ke X dan mengundang Plt Gubsu hadir membuka acara tersebut.

Dato' Seri H Syamsul Arifin merupakan Ketua PB MABMI yang hadir didampingi sekretaris Syahril Yambuse, Asrin Marydha, H T Daniel Mozard, OK Faizal A Djalal, OK K Putra, Zaidan, Khairul Muslim, Hartati dan Wahid Khusaiiry.Dalam kesempatan itu Syamsul melaporkan rencana pelaksanaan Mubes yang akan digelar pada Sabtu -Minggu, 14-15 November 2015 di Hotel Madani, Medan. 

Syamsul mengungkapkan Mubes nantinya akan membahas berbagai program kerja sehingga dapat melahirkan berbagai rekomendasi untuk kemajuan dan kelestarian adat budaya Melayu dan juga kemajuan warga Melayu di Sumut. Dia mengungkapkan berbagai hal yang menjadi perhatian MABMI diantaranya upaya pelestarian adat budaya Melayu diantaranya melalui kampanye dan penyebarluasan penggunaan atribut pakaian Melayu. Selain itu, MABMI ingin berperan aktif dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Melayu yang masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan.

Menurut pria yang akrab disapa Datuk ini, hak-hak warga Melayu atas tanah perlu mendapat dukungan dan perhatian pemerintah daerah. Selain itu, saat ini adanya kecenderungan alih fungsi hutan bakau menjadi lahan sawit ikut memberi dampak bagi masyarakat nelayan yang sebagian besar merupakan masyarakat Melayu. "Kami ingin hutan bakau yang disulap menjadi kebun sawit itu dikembalikan lagi fungsinya seperti semula, sehingga nelayan tidak kesulitan mencari ikan," katanya. 

Menanggapi hal itu, Plt Gubsu yang didamping Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Elisa Marbun, menyatakan kesediannya untuk hadir dalam pembukaan Mubes MABMI ke-10. Dia berharap pelaksanaan Mubes Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) ke X bisa membahas dukungan penyediaan sarana pendidikan khususnya bagi warga pesisir yang sebagian besar adalah warga Melayu.

Erry berharap ke depannya MABMI bisa mendirikan sekolah-sekolah binaan bagi masyarakat pesisir untuk meningkatkan kualitas sumbedaya manusia warga Melayu. "Anak nelayan sebenarnya banyak yang pintar, namun kurang informasi dan sulit menjangkau akses pendidikan yang baik," kata Erry. 

Disamping itu, Plt Gubsu juga berharap MAMBMI bisa menyatukan semua komponen masyarakat di Sumatera Utara yang memang kaya akan perbedaan. "Perbedaan adalah keniscayaan, tapi tidak perlu ada perpecahan. Saya berharap MABMI bisa menyatukan berbagai kompoonen yang ada, terlebih MAMBMI dipimpin seorang figur yang menjadi sahabat semua suku," ujar Erry. 

Erry mengungkapkan terimkasih atas kunjungan Dato' Seri H Sayamsul Arifin sekaligus mengungakapkan harapannya agar Mubes sukses dan bisa melahirkan berbabagai program kerja yang mendukung pembangunan. Kepada warga Melayu, Erry juga mengajak seluruh warga Melayu untuk bergerak maju bersama suku-suku lain di Sumut. ia juga menyampaikan MABMI harus mengikuti kemajuan zaman, misalnya perkembangan ilmu teknologi (IT). Bukan hanya itu, ia meminta agar MABMI juga meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung