Masyarakat Pematangsiantar Deklarasi Pilkada Damai


Masyarakat Pematangsiantar Deklarasi Pilkada Damai

Pengaduan Netralitas ASN Melalui Nomor  081370576184

Pematangsiantar (Mimbar) - Untuk pertama kalinya di Sumatera Utara, masyarakat yang diwakili berbagai elemen pemuda, mahasiswa dan forum lintas agama maupun etnis menggelar Deklarasi Pilkada Damai, serta penandatangan Pakta Integritas Aparatur Sipil Negara (ASN). Pelaksanaan Deklarasi dan Pakta Integritas ini juga disaksikan segenap pasangan calon serta penyelenggara (KPU dan Panwaslih), Senin sore (9/11) di Lapangan Merdeka (Taman Bunga) Siantar Barat.

Hal ini menurut Penjabat Walikota Pematangsiantar, Drs.H.Eddy Syofian,MAP saat memberikan sambutan, merupakan komitmen bersama masyarakat serta penyelenggara untuk menciptakan Pilkada yang demokratis, bermartabat serta komitmen netralitas ASN agar tercipta Walikota/Wakil Walikota yang berintegritas sebagai hasil pilihan rakyat.

“Saya berharap, deklarasi dan pakta integritas ini tidak hanya seremonial belaka, tetapi harus bisa menjadi pedoman bagi kita selaku pemilih yang ikut menentukan jalannya kota ini lima tahun kedepan. Kepada segenap pasangan calon, saya berharap agar menjaga prinsip demokrasi serta menjunjung tinggi komitmen yang telah dibangun oleh masyarakat,”ujarnya.

Hal senaga juga ditegaskan Komisioner KPU (Amril Zein) dan Ketua Panwaslih (Darwan Saragih) serta Kapolresta Pematangsiantar, AKBP.Dodi Darjanto,SIK,MTTA saat didaulat memberikan sambutan. Pada intinya, mereka mengajak semua warga kota Pematangsiantar, agar menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari Rabu 9 Desember 2015 mendatang. “Semua pihak harus bersama-sama menjaga kedamaian dan ketertiban baik menjelang maupun sesudah Pilkada. Jangan sampai terjadi gangguan kantibmas,” tegas Kapolresta. 

Deklarasi Damai masyarakat Pematangsiantar, dibacakan oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pematangsiantar, Parlauangan Purba,S.Pd sedangkan Pakta Integritas ASN dibacakan oleh Inspektur Kota Pematangsiantar Robert Dontes Simatupang SE selaku Ketua Forum Netralitas ASN bersama dengan Sekda Drs.Donver Panggabean MSI serta perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah dihunjuk. Posko Netralitas ASN juga sudah disediakan di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dengan nomor kontak pengaduan 081370576184.

“Masyarakat dipersilahkan melaporkan melalui pesan singkat (SMS) ke nomor tersebut, jika melihat atau mendapati ada ASN yang memihak salah satu pasangan calon. Dengan demikian, masyarakat ikut mengawasi netralitas ASN dengan memberikan informasi melalui nomor kontak yang telah disediakan,”ujar Pj Walikota kepada media, di sela-sela kegiatan.  

Deklarasi yang intinya mengajak rakyat berpartisipasi aktif dalam Pilkada, mengajak seluruh pasangan calon mengedepankan demokrasi serta meminta KPU/Panwaslih professional serta ASN bersikap netral tersebut juga disaksikan Ketua DPRD Eliakim Simanjuntak SE, Danrem 022/PT Kolonel Toto Nurwanto,M.Si, Dandim 0207/Simalungun Letkol Oni Kristyono Goendong, mewakili Kajari M.Masril SH, para perwakilan etnis maupun agama, perwakilan pemuda serta berbagai forum yang ada di Kota Pematangsiantar. (Humas Pemko Pematangsiantar).

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung