Plt Gubsu Himbau Warga Aman Berkendara


Plt Gubsu Himbau Warga Aman Berkendara

# Pasangkan Kaki Pengganti bagi Penyandang Disabilitas

Medan, (Mimbar) - Menyambut pelaksanaan hari kesetiakawanan nasional pada Desember mendatang, Yayasan Surya Kebenaran Internasional menyalurkan bantuan kaki dan tangan  pengganti kepada para panyandang disabilitas. Plt Gubsu H T Erry Nuradi berkesempatan memasangkan bantuan kaki dan tangan pengganti pada acara penyerahannya di Stasiun Kereta Api Medan, Sabtu (31/10).

Bersama Pembina YKSI RE Nainggolan, Erry Nuradi  tampak memasangkan kaki pengganti seorang anak perempuan bernama Hilda, murid kelas IV SD  serta seorang balita bernama Khairul. Kedua anak itu adalah korban kecelakaan lalulintas yang menyebabkan cacat tubuh.

Dalam kesempatan itu hadir Koordinator Kemanusiaan YSKI drg Annita dan 38 orang penyandang disabilitas yang mendapat bantuan kaki /tangan pengganti, kursi roda, tongkat dan alat bantu dengar. Sebagaimana data YKSI yang sudah menyalurkan bantuan kepada ribuan penyandang disabilitas, bahwa 85-90% penyandang disabilitas kehilangan anggota tubuh akibat kecelakaan lalulintas. Oleh karenanya, Plt Gubsu berharap pengurangan tingkat kecelakaan lalulintas menjadi perhatian bersama.

“Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas menjadi pembunuh nomor satu, mengalahkan penyakit menular dan bencana alam” kata Erry. Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Sumut) mencatat, selama tahun 2014 telah terjadi kecelakaan sebanyak 6.108 kali kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 1.857 orang tewas.  Karenanya Erry menghimbau agara para pengendara selalu waspada dan berhati-hati, khususnya kepada pengendara sepeda motor.

Acara penyerahan bantuan yang digelar di Sumut di setiap stasiun Kereta Api adalah bagian dari upaya kampanye keselamatan penyelenggaraan pengangkutan yang juga diupayakan oleh PT KAI. Usai menyerahkan bantuan kepada 38 warga disabilitas Kota Medan selanjutnya akan digelar acara yang sama di stasiun Kereta Api di Deli Serdang, Tebingtinggi, Asahan, Rantau Prapat, Labuhan Batu dan Labuhan Batu Utara. Acara merupakan bagian dari Ekspedisi Lintas Nusantara 2015 setelah sebelumnya digelar di Pulau Weh, Sabang kegiatan pemberian bantuan akan berlanjut ke daerah lainnya di Indonesia.

Erry kemudian turut memberikan dorongan agar para penyandang disabilitas tidak patah semangat dalam menatap masa depan. Karena apapun yang dihadapi dan dirasakan merupakan cobaan yang dibaliknya ada hikmah. “Langkah, rezeki pertemuan dan maut adalah takdir Tuhan. Kematian pun sudah pasti tapi kita tidak tau kapan. Serahkan kepada Tuhan, selagi hidup mari perbanyak lakukan kebaikan,” kata Erry.

Dia berharap tidak ada lagi penyandang disabilitas di Sumut yang tidak mendapat bantuan, khususnya bagi yang  tidak mampu secara ekonomi. “Bagi yang membutuhkan silahkan datang ke Jalan Iskandar Muda nomor 3a.  Berapapun kebutuhan bagi warga yang memang membutuhkan akan kita upayakan untuk memuhi, YKSI akan mendata sehingga dapat diberi bantuan,” katanya.

Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional (SKI) RE Nainggolan mengatakan pihaknya sudah menyalurkan bantuan kepada 4.000 penyandang disabilitas. Berdasarkan catatan yayasan, 85-90% para penyandang disabilitas disebabkan karena kecelakaan terutama kecelakaan lalulintas. Khusus untuk penyandang disabilitas anak-anak, YKSI akan kembali melakukan pengukuran dan  membuatkan kaki atau tangan pengganti setiap dua tahun. Dengan demikian, kaki dan tangan pengganti bisa sesuai dengan pertumbuhan anggota tubuh.

“Sejak tiga tahun terakhir, Yayasan SKI dipercaya pemerintah untuk memberi dukungan menyalurkan bantuan dalam rangka Hari Kesetiakawanan Nasional, dan tahun ini kita menggelar Ekspedisi Lintas Nusantara 2015,” jelas Erry. Dia mengungkapkan YKSI berdiri atas arahan almarhum HT Rizal Nurdin, kakak kandung Plt Gubsu H T Erry Nuradi ketika menjabat Gubsu saat ditunjuk presiden mengkoordinasian penanggulanangan bencana tsunami di Aceh dan Nias di Sumut pada tahun 2014.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung