Tunjang Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Ibu Dan Anak, Tambang Emas Martabe Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan Gelar Pekan Posyandu 2015

Stevi Thomas, Deputi General Manager General Affairs Tambang Emas Martabe, memberikan hadiah kepada perwakilan Suplir I (Desa Napa) sebagai Juara pertama Posyandu Terbaik pada acara Pekan Posyandu 2015, Rabu (4/11), di Puskesmas Batang Toru. 

Tunjang Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Ibu Dan Anak,
Tambang Emas Martabe Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan
Gelar Pekan Posyandu 2015

Batang Toru, 4 November 2015 (Mimbar) – Acara puncak rangkaian kegiatan Pekan Posyandu 2015 yang telah digelar sejak 20 Oktober 2015 mengikutsertakan 15 Posyandu dari 15 desa sekitar tambang dilaksanakan hari ini di Puskesmas Rawat Inap Batang Toru.

Pejabat Sementara (Pj) Bupati Tapanuli Selatan Sarmadan Hasibuan dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan dr Ismail Fahmi Ritonga dijadwalkan hadir untuk menyaksikan pengumuman pemenang berbagai lomba yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan petugas kesehatan dan kader masyarakat menunjang kemampuan hidup sehat serta pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya bagi ibu dan anak.

Rangkaian kegiatan Pekan Posyandu 2015 ini digelar Tambang Emas Martabe bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan sejak 20 Oktober hingga 4 November 2015 menjangkau seluruh posyandu di wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Batang Toru dan Puskesmas Muara Batang Toru. Sejumlah perlombaan edukatif digelar di Puskesmas Rawat Inap Batang Toru, seperti Lomba Balita Sehat, Cerdas Cermat Kader, Posyandu Terbaik, Bidan Terbaik, Kader Terbaik, dan Lomba Cipta Menu Pemberian Makanan Tambahan bagi Balita.

Lomba Bidan Terbaik diikuti oleh 16 orang, Posyandu Terbaik diikuti 15 posyandu, Kader Terbaik diikuti 29 orang, Lomba Balita Sehat diikuti 20 anak, Cerdas Cermat Kader diikuti 24 kelompok dan Lomba Cipta Menu PMT diikuti oleh 29 kelompok.

"Melalui ajang Pekan Posyandu 2015 ini, Tambang Emas Martabe yakin dapat menunjang berbagai upaya memacu upaya serius pemberian pelayanan kesehatan yang lebih baik, meningkatkan kapasitas para pekerja di bidang kesehatan sekaligus memberikan apresiasi terhadap kinerja para pengelola Posyandu, khususnya para kader dan bidan desa,” Stevi Thomas, Deputi General Manager General Affairs Tambang Emas Martabe.

Puskesmas Rawat Inap Batang Toru Resmi Dibuka

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Tapanuli Selatan Sarmadan Hasibuan bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Selatan Ismail Fahmi Ritonga akan secara resmi membuka pelayanan Puskesmas Rawat Inap Batang Toru untuk publik.

“Fasilitas layanan kesehatan rawat inap pertama di Kec. Batang Toru ini berada di lokasi strategis yang dapat terjangkau oleh masyarakat. Kiranya fasilitas ini beserta seluruh sumber daya yang ada di dalamnya dapat melaksanakan amanatnya untuk berguna sepenuhnya menjadi pusat pengembangan kesehatan masyarakat serta memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya,” ujar Pj Bupati Tapanuli Selatan Sarmadan Hasibuan.

Puskesmas Rawat Inap yang memiliki luas bangunan 1.460 meter persegi turut didukung pembangunannya oleh Tambang Emas Martabe dengan mengeluarkan biaya dukungan supervisi dan  pembangunan serta penyediaan alat-alat penunjang senilai 5 miliar rupiah. Peletakan batu pertama oleh Bupati Tapanuli Selatan yang diwakili oleh Sekda (Sekretariat Daerah) Tapanuli Selatan Aswin Siregar pada 28 November 2014. Setelah selesai dibangun, Puskesmas ini diserahterimakan resmi oleh Tambang Emas Martabe kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan pada 11 Juni 2015 untuk digunakan demi kemaslahatan masyarakat luas. Puskesmas Rawat Inap Batang Toru memiliki beberapa ruang layanan dan fasilitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti Instalasi Gawat Darurat, Ruang Operasi, Ruang Persalinan, Ruang Rawat Inap, Ruang Poli, Aula Pertemuan, Ruang Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), Ruang Pusat Informasi Kesehatan Wanita, Laboratorium, Ambulans dan fasilitas pendukung lainnya.

"Manfaat kehadiran Puskesmas Rawat Inap Batang Toru diharapkan akan dirasakan masyarakat secara berkelanjutan hingga berpuluh-puluh tahun ke depan. Kami berharap berbagai fasilitas pendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat yang telah disediakan Tambang Emas Martabe dapat dimanfaatkan, dikelola dan dirawat dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan pemerintah daerah,” ujar Stevi Thomas.

Daftar Pemenang Lomba Pekan Posyandu 2015

No
Nama
Jenis Lomba
1
Yulman Saputra Nasution
Balita Sehat
2.
Suplir I (Desa Napa)
Posyandu Terbaik
3.
Nenni Riani
Kader Posyandu Terbaik
4.
Marlina Manalu
Bidan Terbaik
5.
Desa Wek I
Lomba Cipta Menu PMT
6.
Kader Posyandu Desa Perkebunan Hapesong
Cerdas Cermat Kader


Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Propinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997. Tambang Emas Martabe kini telah memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 70 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah.

Pemegang saham Tambang Emas Martabe adalah G-Resources Group Ltd sebesar sembilanpuluh lima  persen, dan pemegang 5 persen saham lainnya adalah PT Artha Nugraha Agung, yang tujuh puluh persen sahamnya dimiliki Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan 30 persen dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Utara. 

Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di empat belas desa di sekitar tambang.  Martabe akan menjadi standar acuan bagi G-Resources untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia dan di wilayah lainnya, dan terus bertumbuh dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja, kelestarian lingkungan, dan pengembangan masyarakat. 

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi situs www.g-resources.com

Untuk informasi lain, hubungi:

Katarina Siburian Hardono
Corporate Communications Senior Manager
·         M +62 811 9005146 
·         E  katarina.hardono@g-resources.net

Corporate Communications

PT Agincourt Resources  |  A Subsidiary of G-Resources Group Ltd.
T +62 21 7592 2808     |  E  martabecorporatecommunications@g-resources,net
Jl Merdeka Barat Km 2.5, Desa Aek Pining, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara 22738,
Indonesia
www.g-resources.com

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung