KATA SAMBUTAN GUBERNUR SUMATERA UTARA


KATA SAMBUTAN
GUBERNUR SUMATERA UTARA

 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh;

SYUKUR Alhamdulillah, koran kebanggaan masyarakat Sumatera Utara "Harian Mimbar Umum Medan" hari ini genap berusia 70 tahun, suatu usia yang cukup panjang dan banyak pengalaman. 

Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengucapkan "Selamat Ulang Tahun Yang ke-70" kepada Harian Mimbar Umum dan kepada seluruh pengasuhnya. Semoga di usia yang ke-70 ini, Harian Mimbar Umum semakin menunjukkan eksistensinya dengan tetap berpijak pada misinya sebagai suratkabar perjuangan yang mengabdikan diri kepada kepentingan bangsa.

Sejak terbit pertama kali pada tanggal 6 November 1945 atau beberapa bulan setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, Harian Mimbar Umum dikenal sebagai suratkabar yang sangat anti terhadappenjajah asing yang ingin kembali menguasai tanah air.

Didirikan oleh Bapak Abdul Wahab Siregar, Bapak Mohammad Saleh Umar (Surapati), Bapak Yunus Nasution, Bapak Udin Siregar, dan Bapak Daud Malik Batubara, Harian Mimbar Umum lahir dengan tujuan awal untuk mengingatkan tokoh-tokoh pergerakan yang ada di Sumatera Utara kala itu agar mewaspadai keberadaan penjajah asing di tanahair.

Harian Mimbar Umum telah menjadikan dirinya bagian dari kekuatan bangsa melalui berita-beritanya. Sebagai suratkabar perjuangan pada masa revolusi fisik, Harian Mimbar Umum menjadikan semua pihak menjadi sasaran pasarnya. Dengan demikian semua konsumen pembaca merupakan pasar yang potensial.

Perjuangan berat yang dilewati Harian Mimbar Umum hingga saat ini, tidaklah dapat dipisahkan dari sejarah panjang pergulatan bangsa ini lepas dari penjajah. Harian Mimbar Umum ikut berperan sebagai organ perjuangan melawan pemerintah kolonial Hindia Belanda. Harian Mimbar Umum adalah wujud dari sebuah "media perjuangan". Perjuangan untuk meraih kebebasan berekspresi, kebebasan menyatakan pendapat dan perjuangan meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Harian Mimbar Umum pernah membuktikan sebagai media perjuangan melawan kolonialisme, maka peranan Harian Mimbar Umum pada masa mendatang tetap dinantikan masyarakat Sumatera Utara, khususnya dalam menyadarkan dan membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat yang semakin dirasa penting pada era globalisasi saat ini.

Pada momentum hari jadi ke-70 tahun Mimbar Umum hari ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berterimakasih atas peranan Harian Mimbar Umum selama ini yang tidak hanya sebatas penyebar informasi kepada khalayak, namun juga ikut mengawal penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Harian Mimbar Umum melalui karya jurnalistiknya sangat dirasakan peranannya dalam memberi edukasi, melakukan kontrol sosial yang konstruktif dan menjadi penyalur aspirasi bagi masyarakat. 

Harapan saya agar Harian Mimbar Umum ke depan terus ikut ambil bagian dan berperan meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih berdaya serta terlibat dalam pembangunan, tentunya melalui karya-karya jurnalistik yang mendidik dan bahasa yang cerdas.

"Dirgahayu Harian Mimbar Umum", teruslah berjaya dan tetap setia sebagai media yang menggelorakan semangat pengabdian dan mencerdaskan bangsa.

Masyarakat Sumatera Utara selalu menantikan kiprah dan prestasimu, khususnya dalam mengawal proses pembangunan daerah "mewujudkan provinsi yang berdayasaing menuju Sumatera Utara yang maju dan sejahtera".

Sekian dan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Medan, 6 November 2015

Plt. GUBERNUR SUMATERA UTARA
WAKIL GUBERNUR,
                                                    


Ir. H. TENGKU ERRY NURADI, M.Si

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung