Gubsu Buka Pelatihan Bagi Ratusan Aparatur Desa


Gubsu Buka Pelatihan Bagi Ratusan Aparatur Desa

Medan, (Mimbar) - Ratusan aparatur desa mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa yang didalamnya juga membahas soal bagaimana menyalurkan dana desa. 

Plt Gubsu H T Erry Nuradi membuka pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Provinsi Sumatera Utara Provinsi Sumatera Utara Tahun 2015, Senin (9/11) di Medan.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bappemas dan Pemdes Provsu Drs Amran Uteh, Pj Bupati Serdang Bedagai Alwin Sitorus, mewakili Pj Bupati Samosir, kepala Bappemas dan Pemdes Kabupaten Serdang Bedagai dan Samosir, dan para peserta pelatihan.

Dalam sambutannya Erry mengatakan untuk mewujudkan pembangunan desa yang efektif dan efisien, tentunya  dibutuhkan perencanaan yang matang dengan memperhitungkan segenap potensi yang dimiliki, tim kerja yang profesional, pola pelaksanaan pembangunan yang tepat, pengawasan yang mampu menghindari kebocoran dan penyimpangan serta adanya sistem pelaporan dan evaluasi yang transparan dan akuntabel. 

"Apabila lima hal tersebut tidak bisa diwujudkan, maka potensi dan sumber dana dan kewenangan yang besar tersebut akan menjadi sia-sia bahkan menjadi bencana," ujar Plt Gubsu.

Untuk mewujudkan semua itu, katanya, maka dibutuhkan sumber daya manusia terutama perangkat desa yang profesional, dari segi pendidikan, pengetahuan dan keterampilan sesuai tugas yang diemban.

"Dengan demikian maka peningkatan kapasitas melalui pelatihan ini, menjadi agenda utama yang akan memberikan kotribusi signifikas bagi efektifitas pelaksanaan undang-undang desa dan peraturan turunannya," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya aparatur pemerintahan desa juga dituntut untuk merubah pola pikir, pla tindak/sikap, meningkatkan kinerja dan profesionalisme serta keterampilan. Karena menurutnya Aparatur pemerintahan desa merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Diharapkan dapat bertindak objektif yang merupakan modal dasar dan basis kemandirian desa sehingga pemerintahan desa lebih berdayaguna dan berhasil guna yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan yaitu desa yang mandiri, maju dan sejahtera.

Erry berharap agar pelatihan yang berlangsung dapat dimanfaatkan dengan seoptimal mungkin dan diarahkan untuk revolusi mental, peningkatan pemahaman dan kemampuan dalam pelaksananaan tugas pokok dan fungsi aparatur pemerintahan desa dalam bidang antara lain manajemen pemerintahan desa, penyusunan perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan dan aset desa serta penyusunan produk hukum desa. "Karena denyut pembangunan dimulai dari desa," sebut Plt Gubsu.

Kepala Badan badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bappemas) Provsu Amran Uteh mengatakan peserta dari pelatihan ini adalah kasi pemerintahan dan kasi PMD kecamatan, kepala desa, sekretaris dan bendahara desa se-Sumatera Utara yang berasal dari 27 kabupaten/kota dibagi menjadi 4 zona dan 15 wilayah kerja. Sedangkan pada kesempatan pembukaan pelatihan ini, lanjutnya dilaksanakan di zona I wilayah kerja Medan dimana peserta berasal dari kabupaten Serdang Bedagai Samosir dan Batubara dengan jumlah peserta sebanyak 1.385 orang yang dibagi menjadi 4 (empat) angkatan.

Ia mengatakan penyelenggaraan pelatihan ini dilaksanakan mulai 8 Nopember sampai 4 Desember untuk 4 angkatan. Dimana setiap angkatan dilaksanakan 5 hari. Angkatan I ini dilaksankan mulai tanggal 8-12 Nopember 2015 bertempat di hotel Soechi Jalan Cirebon No. 76A Medan. "Diharapkan dengan pelatihan ini kapasitas aparatur pemerintahan desa dapat meningkat dan pembangunan desa yang efektif dan efisien dapat terwujud," sebut Uteh yang juga Pj Bupati Labuhan Batu.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung