Sutias Ikut Kampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun

Hj.Sutias, Aspan Sofyan (mewakili Gubsu) kadis Kesehatan Provsu dan pihak unilever setelah melakukan Cuci  tangan dalam acara Hari cuci tangan sedunia, di Sekolah Chandra Kusuma Deli Serdang, Jum'at (31/10).

Sutias Ikut Kampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun

Deliserdang (Mimbar) - Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho mengajak warga Sumatera Utara untuk menjaga kesehatan dengan diawali mencuci tangan dengan air mengalir.

Hal itu disampaikannya pada acara Peringayan Hari Cuci Tangan Sedunia ke 7, Jumat (31/10) di sekolah Chandra Kusuma Kabupaten Deli Serdang.

Acara tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Kesehatan dan Pendidikan dan Provinsi Sumut Aspan Sofyan dan Kadis Kesehatan Provsu dr RR Siti Hartati Surjantini Mkes .

Pada kesempatan itu Sutias mengatakan kegiatan sejenis gerakan kebersihan di sekolah merupakan program kesehatan PKK. "Sangat efektif bila kita mengalakkan kegiatan kesehatan di sekolah-sekolah, agar kelak para generasi muda terdidik dan terbiasa menjadi sehat dan pintar," papar Sutias.

Hal senada juga disampaikan Aspan bahwa sudah semestinya kita meningkatkan prilaku hidup sehat, dimulai dengan cara kecil mencuci tangan pakai sabun.

"Praktek cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir tak hanya untul kebutuhan sendiri juga dapat disebarluaslan kepada keluarga. Dan langkah ini juga mewujudkan provinsi Sumut yang bersih, sehat dan berkualitas," ujar Aspan yang mewakili Gubsu dan membuka acara Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di Sumatera Utara.

Kegiatan itu melibatkan  peserta dari 11 Sekolah Dasar dan 1 TK yaitu 450 guru dan 500 siswa, kegiatan ini merupakan puncak dari Gerakan 21 Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Di Air Mengalir bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Lembaga Kemanusiaan, Heartindo.

Dalam acara ini Sutias bersama Aspan dan Kadis Kesehatan Provsu  mengkampanyekan cuci tangan pakai sabun di air mengalir melalui pledging dan tanda tangan sebagai bentuk komitmen dan kepedulian terhadap kondisi kesehatan di Sumatera Utara khususnya dan dunia pada umumnya.

“Diharapkan melalui peringatan Global Handwashing Day  ini dapat membantu anak Indonesia mencapai usia 5 tahun dan mari kita Selamatkan Jiwa Anak Indonesia dari 10 Kuman Penyebab Masalah Kesehatan Dengan Cuci Tangan Pakai Sabun,” ujar dr Apsari D.K Mars Direktur Heartindo Medan

Tahun ini Heartindo memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Handwashing Day) di 2 provinsi yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat, di mana sebelumnya sudah dilakukan pembinaan terhadap Sekolah Dasar yang ada di 7 Kab/kota melalui kegiatan Gerakan 21Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Di Air Mengalir.

Melalui Heartindo setiap tahunnya terjadi peningkatan daerah binaan, jika pada tahun pertama tahun 2011 hanya berjumlah 30 SD dan di 3 kab/kota saja, yaitu Medan, Binjai dan Deliserdang, namun di tahun 2014, cakupan meningkat menjadi 7 kab/kota, yaitu Medan, Binjai, Deliserdang, Tebingtinggi, Simalungun, Pak Pak Bharat dan Kota Padang Sumatera Barat. Dimana ada 500 Sekolah Dasar dan lebih dari 10.000 siswa/i telah dibina melalui kegiatan cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung