Ribuan Umat Muslim Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam

Gubsu hadir dalam acara peringatan tahun baru islam

Ribuan Umat Muslim Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam
Gubsu : Tahun Baru Kuatkan Persaudaraan

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST,MSi mengajak kepada umat Muslim khususnya di Sumatera Utara untuk memperkuat /membangun persaudaraan kaum muslim.

Hal itu disampaikannya pada Peringatan 1 Muharram 1436 Hijriah dan tabliq akbar,Sabtu (1/11) di Gedung Serbaguna Pemprovsu Jalan Willem Iskandar Medan. Ribuan umat muslim menghadir acara yang diselenggarakan oleh MUI Sumut tersebut.

"Mari kita mengambil momen 1 Muharram 1436 Hijriah untuk berubah kesadaran kita semua agar persaudaraan kita semakin kuat. Mari kita tinggalkan perbedaan-perbedaan yang tidak mendasar dan kita tingkatkan ikatkan persaudaraan ukuwah yang semakin terjalin,"paparnya

Gubsu juga menjelaskan bahwa saat ini antusias umat islam merayakan tahun baru 1436 H sangat banyak yang hadir dari segala lapisan yakni majelis taklim, pelajar , ormas islam dan sejumlah elemen muslim lainnya.  "Perayaan Tahun Baru Islam tahun depan akan diadakan di Stadiun Teladan dengan melibatkan umat muslim lebih banyak lagi dari sekarang," paparnya

Perubahan itu menurut Gubsu sukses bila dimulai hari ini perubahan berdasar. Dengan menyampingkan semua perbedaan.

Pada kesempatan itu Gubsu juga mengajak perubahan itu sukses bila dimulai hari ini perubahan berdasar. Dengan menyampingkan semua perbedaan juga sekaligus memberi semangat kepada para pelajar yang hadir, untuk memiliki jiwa Islam agar kelak menjadi pemimpin muslim yang taat. 

Sementara tablig dengan penceramah Prof. Dr. H Ahzami Samiun Jazuli MA Guru Besar UIN Syarief Hidayatullah Jakarta, mengatakan perubahan itu harus lebih baik. "Untuk melakukan perubahan harus dimulai dari iman dan ahlak Islam. Karena aset yang termahal dalam hidup adalah iman dan ahlak Islam yang baik,"ujarnya

Menurutnya perubahan itu harus lebih baik dan didapat dari pelajaran hidup dari iman dan ahlak yang dijalani dan diamalkan dalam hidup sehari-hari. "Bila kita memiliki iman dan ahlak yang baik. Insya Allah, Allah akan menambah nikmatnya dan barokah serta menjauhkan kita dari bencana," paparnya

Kemudian meningkatkan ibadah kepada Allah sebagai ibadah vertikal. “Mari kita tingkatkan kinerja kebaikan ibadah, mempererat silaturahim, dan menjaga persatuan kesatuan sebagai umat yang hidup dalam satu bangsa yang majemuk,” kata Ketua MUI.

Semangat persatuan ini yang harus terus kita tingkatkan. Sebab hanya dengan persatuan dan kesatuan maka bangsa ini akan semakin maju, damai dan sejahtera, ujarnya.

Ketua MUI Sumatera Utara Prof Dr H Abdullah Syah MA mengungkapkan, Tahun Baru Islam dimulai  Muharram yang diawali dengan hijrahnya Nabi Muhammad Saw dari Mekkah ke Madinah, merupakan simbol kemenangan umat Islam secara fisik dan mental.

Tahun Baru Islam itu sangat penting dalam pandangan Islam. Karena itu Nabi Muhammad Saw mengatakan bahwa Allah membuka Tahun Baru Islam Islam itu dengan bulan mulia yaitu Muharram dan menutupnya dengan bulan mulia, yaitu Dzulhijjah.

"Kita sebagai umat terbaik yang diciptakan Allah. Maka dari itu umat Islam di Sumatera Utara khususnya dan Indonesia umumnya untuk meningkatkan amal saleh kepada sesama manusia sebagai wujud ibadah horizontal," ujarnya.

Pada kesempatan itu peringatan tahun baru Muharram juga tak hanya melakukan kegiatan tabliq akbar juga serangkaian lomba misalnya karya tulis ilmiah tentang Hirjah yang diikuti oleh para pelajar di Sumut.

Para pemenang lomba diberikan hadiah dan tropi, selain itu Ketua TP PKK Provsu Hj Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho juga memberi apresiasi kepada para pemenang dan agar lebih semangat mengikuti berbagai lomba khususnya lomba karya tulis yang bertema islam.
 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung