Gubsu Bangga Nasyid Sumut Raih Prestasi Terbaik Nasional

Kafilan Nasyid Sumut disambut khidmat setiba di Medan setelah mengukir prestasi nasional pada Festival di Palu Provinsi Sulawesi Tengah masing-masing Juara Pertama Dewasa Putra atas nama Muhammad Fadli (duduk 2 kiri), Juara II Dewasa Putri atas nama Imelda (duduk kanan), Juara II Anak-anak Putra atas nama Mabrur (3 kiri) dan Juara Harapan II Remaja Putri atas nama Zakiah.

Gubsu Bangga Nasyid Sumut Raih Prestasi Terbaik Nasional

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumut (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi bangga dan menyampaikan apresiasi atas prestasi Kafilah Sumut yang berhasil meraih empat juara tingkat nasional pada Festival Bintang Vokalis Qasidah Gambus (Nasyid) Nasional ke-19 di Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Apresiasi dimaksud disampaikan Gubsu melalui Assisten Adimistrasi Umum Drs H Fitriyus MSi didampingi Assisten Kesos H OK Zulkarnain SH MSi, Staf Ahli Gubsu DR H Asren Nasution MA dan Kepala Biro Binkesos Pemprovsu Drs HM Yusuf MM saat menyambut kedatangan Kafilah Nasyid Sumut di Bandara Kuananamu, Sabtu (22/11).

Dari 10 Duta Sumut yang diutus ke festival ini empat diantaranya berhasil meraih prestasi nasional pada Festival yang berlangsung tanggal 14 hingga 20 November 2014 dan diikuti utusan dari seluruh propinsi se Indonesia.

Para duta Sumut berprestasi nasional tersebut masing-masing Juara Pertama Dewasa Putra atas nama Muhammad Fadli, Juara II Dewasa Putri atas nama Imelda, Juara II Anak-anak Putra atas nama Mabrur dan Juara Harapan II Remaja Putri atas nama Zakiah.

Besarnya apresiasi dan rasa bangga Gubsu kepada para duta Sumut yang ikut mengharumkan nama propinsi ini juga dinyatakannya dengan akan memberikan Piagam Penghargaan Khusus yang akan ditandatanganinya langsung.

Penyambutan Kafilah Nasyid Sumut di VIP Room Bandara Kualanamu berlangsung khidmat dan para duta Sumut merasa gembira dan berbesar hati seraya menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan perhatian Gubsu. Dari Bandara Kualanamu, rombongan kemudian dijamu oleh Gubsu di salah satu restoran di Medan. Di sini, para duta Sumut juga dapat bersilaturrahmi dan tukar fikiran.

Kepala Biro Binkesos Pemprovsu Drs HM Yusuf MM didampingi Kabag Agama Pemprovsu Drs Sudarto MAP mengemukakan festival ini hakekatnya merupakan wahana untuk mengembangkan seni Islami sekaligus sebagai bagian dari kegiatan dakwah melalui syair dan nada.

 “Dengan syair dan nada Qasidah Gambus atau Nasyid ini kita dapat mengembangkan wawasan dan paradigma dalam memahami dan mengamalkan ajaran Agama Islam secara luas pada para penikmat seni,” ujarnya.

Melalui wawasan dan paradigm tersebut lanjutnya kita secara cerdas dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang terkandung dalam syair Nasyid untuk dimanfaatkan dalam hidup dan kehidupan secara individu maupun sosial.

Menelisik pada makna secara harfiah, lanjutnya nasyid memiliki arti senandung. Sedangkan secara istilah di Indonesia nasyid memiliki konotasi khusus sebagai lagu yang mengandung syi'ar atau lirik di dalamnya berisi nilai-nilai Islam. Sesuai dengan makna yang dikandung, maka tujuan terlahirnya nasyid untuk mensyi'arkan nilai-nilai Islam. Hal inilah yang menjadi pembeda utama antara nasyid dengan aliran musik apapun lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung