Piala Mara Halim Cup Momen Kebangkitan Sepak Bola Sumut


Piala Mara Halim Cup Momen Kebangkitan Sepak Bola Sumut

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi, menyampaikan apresiasi terimakasih kepada panitia penyelenggara yang akan menghidupkan kembali turnamen sepak bola Marahalim Cup, sebuah turnamen bergengsi pada era tahun 1970 hingga 1980-an yang merupakan momen kebangkitan sepak bola Sumut.

"Saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih karena ini adalah ikon sepak bola dan ikon Sumut," Kata Gubsu saat jumpa Pers Piala Mara Halim Cup ke 20 tahun 2015 yang digelar di Hotel Garuda Plaza, Medan, Sabtu pagi (8/11).

Hadir Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Sumut Kamaluddin Harahap, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharudin Siagian, pihak Keluarga Marah Halim, Pemerhati Sepak Bola Sumut dan tokoh-tokoh Sepak Bola Sumur serta seluruh panitia.

Gubsu bahkan mendorong panitia untuk membuat pertemuan antara panitia dengan pihak dunia usaha serta para tokoh pencinta sepak bola dan memamfaatkan pertemuan sebagai forum lelang.

"Saya akan memfasilitasi pertemuan Gala Dinner dan kita hadirkan dunia usaha dan lainya. Intinya Sumut harus bangkit salah satunya melalui kegiatan olah raga dalam even yang melengenda ini," harapnya

Dikatakannya, turnamen Piala Mara Halim merupakan ikon sepak bola Sumut dan harus kembali dihidupkan setelah lama vakum. Dan dirinya juga berkeyakinan dan mengandalkan tim PSMS Medan yang satu dan tidak ada dua kepengurusan maka akan lebih pro aktif lagi. "Pada prinsipnya sepak bola Sumut harus bangkit," tegasnya lagi.

Ketua Panitia Marahalim Cup, Tursilo mengungkapkan komitmennya bahwa pelaksaan kegiatan Mara Halim Cup harus sukses. "Sepak bola Sumut dan Medan harus bangkit, suksesnya pelaksanaan kegiatan ini juga  dengan adanya kerjasam semua baik Pemerintah, pers, masyarakat dan pemerhati sepak bola," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan sampai saat ini sudah beberapa tim telah sudah mengkonfirmasi ulang kepada panitia dan menyatakan kesediaan mengikuti turnamen tersebut diantaranya PSMS Medan, Persib Bandung, Persija Jakarta, Semen Padang, dan Medan Jaya selaku juara bertahan.
    
Dia menyebutkan Beberapa tim dari luar negeri yang bersedia memeriahkan kompetisi ini, seperti Selangor Fc (Malaysia) dan Con Bury (Thailand) juga sudah menyatakan kesediaan untuk turut berpartisipasi pada turnamen yang terakhir kali digelar tahun 1995 itu.
    
Begitu juga, lanjutnya, pihaknya dalam pelaksanaan terus melakukan kordinasi dan konsultasi kepada PSSI untuk mendapatkan saran dan masukan menyukseskan even internasional yang sempat vakum 10 tahun lama ini.

"Rencana Mara Halim Cup digagas awal Maret lalu melalui penggalian potensi dan penggalian informasi dari tokoh-tokoh sepak bola yang ada di Sumut serta saksi-saksi sejarah yang ikut dalam even yang telah melegenda. Hinga di bulan Agustus kita mendapatkan titik terang dan kemungkian besar kita laksanakan di Januari 2015 dan untuk teknik pelaksanan kita akan berkaborasi dengan PSSI," tutupnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung