Hilal tidak Tampak di Anjungan Kantor Gubsu, 1 Ramadhan ikut Hasil Isbat

Sekda Provsu H Hasban Ritonga ketika mengamati hilal dengan peralatan meteorologi pada Rukyatul Hilal penetapan 1 Ramadhan 1437 H/2016 di Anjungan lantai 9 kantor Gubsu, Minggu (5//6)


Hilal tidak Tampak di Anjungan Kantor Gubsu, 1 Ramadhan ikut Hasil Isbat

Medan, (Mimbar) - Berdasarkan hasil Rukyatul Hilal dari Tim Hisab dan Rukyat Provinsi Sumut, hilal (bulat sabit) yang menetapkan awal bulan Qamariyah tidak tampak, maka 1 Ramadhan 1437 H mengikuti hasil Rapat Isbat yang dipimpin Menag di Jakarta.

Dalam pengamatan Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1437 H/2016 dilaksanakan Tim Hisab dan Rukyat Sumut dari Anjungan kantor Gubsu lantai 9 Jalan Diponegoro No 30 Medan, Minggu (5/6) sore hilal tidak nampak.

Pengamatan Rukyatul Hilal di anjungan Kantor Gubsu dihadiri di antaranya Gubsu diwakili Sekda Provsu H Hasban Ritonga SH, Wakil Ketua MUI Sumut Dr H Maratua Simanjuntak MA, Kakanwil Kemenagsu Drs H Tohar Bayoangin MAg, Kepala Biro Binsos HM Yusuf dan kabag Agama Sudarto Purba MAP, pimpinan ormas Islam, Tim Ahli BHR Sumut dan pejabat BMKB Wilayah I Sumut.

Gubsu H T Erry Nuradi diwakili Sekda Provsu H Hasban Ritonga memberikan apresiasi  dan menyambut baik Rukyatul Hilal penetapan awal Ramadhan 1437 H/2016 ini untuk menjadi partisipasi Sumut dalam Rapat Isbat di Kemenag RI di Jakarta dipimpin Menteri Agama.

Dia juga menilai, penetapan awal bulan Qamariyah, termasuk penetapan awal Ramadhan untuk berpuasa, Idul Fitri 1 Syawal berhari raya dan 1 Zulhijjah untuk berhaji sangat siginifikan dalam melaksanakan ibadah dalam ajaran Islam.

Rukyatul Hilal untuk menetapkan awal Ramadhan ini semata-mata perintah Allah SWT untuk berpuasa dan sebagai wujud ta’abbudi kita kepada Allah.

Sedangkan Kakanwil Kemenagsu Drs H Tohar Bayoangin MAg melaporkan tujuan kegiatan ini agar Rukyatul Hilal di Sumut berjalan baik dan lancar, mengingat  perintah syar’i tentang awal Ramadhan.

“Sebab, hasil observasi ini akan kita laporkan kepada Menteri Agama di Jakarta untuk dijadikan pertimbangan dalam Rapat Isbat di Kemenag RI,”katanya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung