600 Paket Berbuka Puasa Tersedia di Masjid Agung selama Ramadhan

KETUA Panitia Kegiatan Ramadhan 1437 Hijriah BKM Masjid Agung Medan Drs H Hendra DS didampingi Bendahara H Darwin, Sekretaris Ir H Chandra Lubis, Penanggung Jawab H Azwir Ibnu Azis, H Donald Sidabalok, H Yuslin Siregar, H Abdul Hakim Siagian, H Indra Utama serta Daudsyah menjelaskan program Ramadhan kepada wartawan di Masjid Agung Medan, Kamis (2/6).


600 Paket Berbuka Puasa Tersedia di Masjid Agung selama Ramadhan



Medan, (Mimbar) - Masjid Agung Medan menyiapkan 600 paket berbuka Puasa untuk jamaah dan masyarakat. Takzil dan santapan berbuka itu tersedia setiap hari pada bulan Ramadhan 1437 Hijriah. 

“Penyediaan paket berbuka itu salah satu program keumatan pada bulan Ramadhan yang telah diprogramkan jauh-jauh hari oleh BKM Masjid Agung Medan,” kata Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ramadhan 1437 Hijriah BKM Masjid Agung Medan Drs H Hendra DS didampingi Bendahara H Darwin, Sekretaris Ir H Chandra Lubis, Penanggung Jawab H Azwir Ibn Aziz, H Donald Sidabalok, H Yuslin Siregar, H. Abdul Hakim Siagian, H Indra Utama serta H Daudsyah, di Masjid Agung, Kamis (3/6).

Menurut Hendra DS, sebelum berbuka bersama, masyarakat mendapat siraman rohani atau kuliah lima belas menit (Kulibas) diisi oleh para dai di Kota Medan. 

Program lainnya, panitia mengadakan tausiah seusai Shalat Zuhur. Selanjutnya, mulai malam 21 Ramadhan dan setiap malam ganjil, panitia menyelenggarakan Iktikaf. Panitia menyediakan makanan sahurnya bagi jamaah yang Iktikaf. 

Pada 25 Juni diadakan tablig akbar dan peringatan Nuzul Quran. Menjelang hari Raya Idul Fitri, BKM Masjid Agung akan memberikan santunan kepada masyarakat yang fakir miskin dan yatim piatu. 

Mengenai persiapan Masjid Agung menyelenggarakan Shalat Tarawih, Ustadz H Azwir Ibnu Aziz mengatakan BKM telah menyiapkan imam yang hafiz Al Quran 30 Juz sekaligus diisi tausiah. 

BKM telah mengantisipasi jumlah jamaah diperkirkan akan meningkat untuk beramal ibadah di bulan Ramadhan pada tahun ini di Masjid Agung. Antusias jamaah mulai terasa sejak dini. 

Untuk itu Ustadz H Azwir dan H Abdul Hakim Siagian mengatakan BKM telah menyiapkan sejumlah set tenda di pelataran samping dan depan Masjid untuk masyarakat baik yang berbuka Puasa bersama dan Shalat Tarawih. BKM menyiapkan daya tampung Masjid untuk 2.500 jamaah. 

“Kita sudah persiapkan segala keperluan untuk memperlancar masyarakat dan jamaah yang ingin berbuka Puasa, Shalat Tarawih dan I’tikaf di Masjid selama Ramadhan,” katanya.

Sementara itu H Donald Sidabalok mengatakan masyarakat yang berbuka Puasa bersama di Masjid Agung ada baiknya mengutamakan Shalat Maghrib berjamaah terlebih dahulu setelah itu baru dilanjutkan dengan makan malam. 

Dengan cara itu pelaksanaan berbuka Puasa dan kegiatan beribadah lainnya akan berjalan baik. 

Selain itu H Donald Sidabalok menyampaikan paket berbuka Puasa atau takzil yang disediakan panitia bersumber dari sumbangan dari pengurus BKM Masjid Agung sehingga tidak mengganggu kas Masjid maupun tabung infaq. 

Panitia menghitung panganan berbuka yang disediakan senilai Rp8 juta sampai Rp10 juta perhari. “Itu murni swadaya dari pengurus BKM Masjid Agung bukan dari kas Masjid.” 

Begitupun, kata H Hendra DS, Panitia Ramadhan BKM Masjid Agung sepakat tetap menerima sumbangan dari masyarakat atau donator yang ingin memberikan santapan untuk berbuka dan Tadarus.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung