Plt Gubsu Ajak Warga Tionghoa Sumut Rayakan Imlek dengan Semangat Pembauran


Plt Gubsu Ajak Warga Tionghoa Sumut Rayakan Imlek dengan Semangat Pembauran

Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu H T Erry Nuradi mengajak segenap warga Tinghoa di Sumatera Utara menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada 8 Februari 2016 dengan mengedepankan semangat untuk membanggun kebersamaan yang harmonis bersama segenap warga Sumut.

Demikian sambutan Pelaksana  Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt) Ir H Tengku Erry Nuradi, Msi pada Acara Resepsi dengan Konjen Republik Rakyat Cina sekaligus Merayakan Tahun Baru Imlek 2567 di Medan pada hari Selasa (2/2).

Menurutnya Tahun Baru Imlek memiliki multi makna baik dari aspek agama dan sosial serta budaya maupun astronomis yang sangat berarti khususnya bagi umat khonghucu dan masyarakat tionghoa.  Selain juga sebagai wahana yang tepat untuk refleksi dan intropeksi  serta evaluasi diri juga berdayaguna untuk terus melekukan transformasi diri menuju masa depan  yang lebih baik dan lebih bermakna.

“Oleh karena itu kegiatan seperti ini hendaknya dapat didayagunakan seoptimal mungkin untuk membangun kebersamaan yang harmonis dan kokoh serta penuh ikatan kasih sayang dan persaudaraan yang tidak terganggu karena perbedaan,” ujarnya.

Plt Gubsu mengajak segenap warga Tionghoa untuk dapat menghilangkan  sifat eksklusivisme dan anggapan bahwa Tionghoa adalah minoritas. “Karena apapun alasannya saudara adalah bagian dari bangsa Idonesia dan masyarakat Sumatera Utara sehingga harus dapat berbaur dengan budaya dan tradisi serta norma serta etika yang berlaku di Sumatera Utara,” ujarnya.

Masyarakat Tionghoa di Sumatera Utara, menurut Erry,  telah berperan optimal dalam mensukseskan pembangunan  di Sumatera Utara  serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini secara menyeluruh. “Sesuai dengan ungkapan  Dimana Bumi Dipijak disana langit dijunjung pepatah ini perlu terus kita implementasikan dengan totalitas dan semangat membangun serta berbaur dengan komponen masyarakat lainnya, karena pada hakikatnya kebersamaan adalah prasyarat terbangunnya kesejahteraan,” jelas Erry.

Harapan kepada pihak RRC, Plt Gubsu mengungkapkan ke depan agar lebih banya lagi Investor yang masuk ke Sumatera Utara. Pemerintah Pusat , katanya, memberi perhatian  seperti Pembangunan Wisata Danau Toba dan pembangunan sektor lain diperkirakan secepatnya terlaksana.

Sebelumnya Konjen Republik Rakyat Cina di Medan, Zhu Hong Hai mengatakan bahwa kerjasama Tiongkok dan Indonesia tahun-tahun yang lalu merupakan kunci ke depan menuju percepatan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh  yang lebih maju.

Acara tersebut dihadiri  Para Konsul Negara Sahabat, FKPD,  Mewakili Walikota Medan, Pemred Harian Waspada, Pemred Harian Analisa, DPRD Provsu dan Kota Medan, Kakanwil Kementerian Agama Provsu, Forum Kerukunan Umat Beragama Provsu, Tokoh Agama/ Masyarakat serta undangan lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung