HUT Gerakan Anti Narkoba Indonesia ke-16

Sekda Provsu Hasban Ritonga, Bupati Deliserdang dan Presiden GAN berfoto bersama para mantan pecandu alumni Sibolangit Center. Dalam kesempatan tersebut dideklarasikan pembentukan perkumpulan para mantan pecandu narkoba.

HUT Gerakan Anti Narkoba Indonesia ke-16

Plt Gubsu Sampaikan Lima Pesan Cegah dan Berantas Narkoba

Sibolangit, (Mimbar) - Plt Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi menyampaikan 5 pesan dalam menggalakkan upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4-GN). Diantaranya adalah perlu mengintegrasikan penanaman kesadaran bahaya narkoba ke dalam kurikukulum mulai sekolah tahapan dini.

Pesan Plt GUbsu itu disampaikan Sekda Provsu H Hasban Ritongadalam Peringatah Hari Ulang Ulang Tahun ke 16 Gerakan Anti Narkoba (GAN)  Indonesia dan peringatan ke 15 tahun pendirian Pusat Rehabilitasi Sibolangit Center Kecamatan Sibolangit, Deliserdang, Minggu (14/2). “Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba semakin memprihatinkan, kompleks dan multidimensional serta menjadi ancaman serius bagi masyarakat,” ujarnya.

Akibat penyalahgunaan narkoba menjadi pemicu berbagai kejahatan seperti kekerasan, perdagangan gelap wanita, prostitusi dan sebagainya.

Kejahatan narkoba harus kita perangi bersama, secara all out, tidak setengah-setengah. Karena narkoba bisa membinasakan individu, keluarga, masyarakat bahkan bangsa.merujuk hasil penelitian BNN dengan Puslitkes UI, diperkirakan pada tahun 2015 pengguna narkoba mencapai angka 5,8 juta orang.

Untuk itu, Plt Gubsu menyampaikan lima pesan untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba. Yaitu pertama, megaja seluruh komponen masyarakat melakukan langkah kongkrit mulai dari lingkungan masing-masing. “Mari kita ciptakan lingkungan bebas narkob mulai dari lingkungan terkecil, yaitu diri sendiri, keluarga dan seterusnya,” ajak Plt Gubsu.

Kedua, Plt Gubsu meminta keikutsertaan aktif organisasi non pemerintah serta kelompok masyarakat, kelurahan dan desa untuk menjaga lingkungan masing-masing bebas dari penyalahgunaan narkoba sehingga menjadi generasi masif.

Ketiga, mari kita jalin sinergi dan kerjasama dengan aparat penegak hokum yang mempunyai dampak signifikan bagi upaya pemberantasan kejahatan narkoba, dengan memberi sanksi hokum yang keras namun tetap menjunjung azas keadilan. Keempat, memberi dukungan kepada pecandu agar dapat pulih dan para mantan pecandu tidak kambuh kembali. Dan kelima, mengintegrasikan penanaman kesadaran bahaya narkoba dalam kurikulum kegiatan sekolah. “Para guru kita harapkan memberi perhatian khusus mengenai pendidikan anti narkoba di sekolah masing-masing,” harap Plt Gubsu.  

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Deliserdang Ansari Tambunan, Presiden GAN Indonesia H Kamaluddin, SH dan ratusan hadirin. Dilakukan juga Penandatanganan MoU antara Sibolangit Center dengan Royal Prima Hospital, Pesantren Tebu Ireng, Radio Maria Indonesia dan FH Universitas Medan Area. Presiden GAN Indonesia, H Kamaluddin, SH dalam sambutannya mengungkapkan harapan agar eksistensi GAN Indonesia dan Sibolangit Center dapat lebih baik dalam upaya menyelamatkan anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba.  Sibolangit Center beroperasi sejak 5 Februari  2001, dimana saat ini sudah melakukan rehabilitasi dengan menghasilkan 632 alumni mantan pecandu yang berasal dari Indonesia dan Malaysia.  Dalam kesempatan itu ditampilkan kesaksian para mantan pecandu yang telah melewati proses rehabilitasi selama satu tahun.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung