Kecamatan Pantai Cermin Kecamatan Terbaik Se-Sumatera Utara


Plt Gubsu Serahkan Tunggul Kecamatan Terbaik 
Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2015

* Kecamatan Pantai Cermin Kecamatan Terbaik Se-Sumatera Utara

Medan, (Mimbar) - Plt Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2015 kepada Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (02/02/2016). Turut hadir pada acara tersebut FKPD Kabupaten Sergai, Sekdakab Sergai, para Kepala SKPD dan pejabat pemprovsu, para bupati/walikota se Provinsi Sumatera Utara, Bupati dan Wakil Bupati Terpilih, tokoh masyarakat dan masyarakat kabupaten Serdang Bedagai.

Camat Pantai Cermin Gunawan JW Hasibuan SSTP didampingi Danramil 08 Rantauprapat Kapt Infantri Mangatas Sirait dan Kapolsek Pantai Cermin AKP Sunarto menerima penghargaan ini di Theme Park Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

Selain menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik, Plt Gubsu juga menyerahkan Piala dan Piagam Penghargaan kepada Kecamatan Pantai Cermin, Dandim 08 Pantai Cermin dan Kapolsek Pantai Cermin.

Dijelaskan Plt Gubsu, penyerahan penghargaan Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara itu diperuntukan bagi para Camat telah menunjukkan kinerjanya dengan baik berdasarkan hasil penilaian Tim Pelaksana dan Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Penilaian itu dilakukan terhadap aspek kinerja Camat dalam bidang pembangunan, bidang pemerintahan dan bidang kemasyarakatan di wilayah masing-masing. Hasil penilaian yang dilakukan terhadap para Camat Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota yang berasal dari 33 Kabupaten/Kota. 

“Sangatlah wajar jika kepada para Camat termasuk Kapolsek dan Danramil yang telah menunjukkan prestasinya diberikan penghargaan sebagai apresiasi atas kinerjanya,” kata Gatot.


Pada kesempatan itu Plt Gubsu menginstruksikan kepada Bupati Walikota se Provinsi Sumatera Utara dan para Camat untuk melakukan percepatan pelaksanaan program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) sebagai langkah maju di bidang pelayanan publik. Dan sebagai syarat utama penerapan program Paten lanjutnya harus diawali adanya salah satu tugas atau pelimpahan kewenangan bupati/walikota yang dilakukan berdasarkan pemetaan pelayanan publik yang sesuai dengan karakteristik kecamatan atau kebutuhan masyarakat pada kecamatan yang bersangkutan. "Segera lakukan percepatan program PATEN di 436 Kecamatan di Provinsi Sumatera Utara," ujar Plt Gubsu.

Untuk pelaksanaan program tersebut Plt Gubsu mengatakan bahwa Pemprovsu menunjuk kabupaten Serdang Bedagai sebagai percontohan program Paten di Sumatera Utara.

Selain itu, Plt Gubsu meminta kepada seluruh Bupati dan Walikota yang ada sebagai atasan langsung untuk memberikan perhatian lebih kepada para Camat yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya. Bagi Camat yang belum menunjukkan prestasinya, diminta untuk memacu kinerjanya pada masa mendatang.

Selain Camat Pantai Cermin yang memperoleh juara I, Kecamatan lain yang mendapat penghargaan yakni Camat Medan Marelan Kota Medan Parlindungan S.Sos sebagai juara II, selanjutnya Camat Kisaran Barat Kabupaten Asahan Darwinsyah Lubis, SSTP sebagai juara III, Camat Padangsidempuan Utara kota Padangsidempuan Nasaruddin Siregar, S.Sos sebagai juara harapan I, Camat Silaen Kabupaten Tobasa Rajiun Tampubolon AMd sebagai juara harapan II dan Camat Sibolga Selatan Kota Sibolga Sahat Simatupang sebagai juara harapan III.

Sementara Pj Bupati Serdang Bedagai Ir H Alwin Sitorus MSi dalam sambutannya mengatakan anugerah ini merupakan hasil kerjasama dan kerja keras dari seluruh pihak dan stakeholder yang ada yang dilaksanakan dengan melibatkan semua potensi yang ada dan melalui tahapan seleksi yang sangat kompetitif dengan menyisihkan Kecamatan terbaik lainnya. "Terima kasih kepada seluruh pihak dan stakeholder yang ada sehingga Kabupaten Serdang Bedagai memperoleh Tunggul Kecamatan Terbaik Tahun 2015. Diharapkan seluruh kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai terus mengoptimalkan pelayanannya terhadap masyarakat," ujar Alwin.

Menurut Alwin, kecamatan Pantai Cermin sebagai kecamatan terbaik tahun 2015 merupakan penghargaan tunggul kecamatan terbaik yang ketiga kalinya diraih setelah tahun 2008 diraih kecamatan Pegajahan dan tahun 2011 diraih kecamatan Perbaungan.

Camat Pantai Cermin Gunawan JW Hasibuan pada kesempatan itu mengatakan akan terus memberikan pelayanan terbaik baik bagi bagi lapisan masyarakat di 12 Desa yang ada di kecamatan Pantai Cermin. "Seluruh perangkat Kecamatan Pantai Cermin selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di kecamatan Pantai Cermin," Sebut Gunawan.

Hal senada juga disampaikan Camat Sibolga Selatan Sahat Simatupang yang meraih harapan III pada Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Tahun 2015. Dikatakannya bahwa kecamatan Sibolga Selatan Kota Sibolga telah membenahi diri untuk persiapan pelaksanaan program Paten seperti yang diamanatkan Plt Gubsu. "Kedepannya, kecamatan Sibolga Selatan akan lebih baik lagi sebagai salah ujung tombak sentra pelayanan prima. Mudah-mudahan untuk tahun depan kecamatan Sibolga Selatan dapat meraih Kecamatan Terbaik Pertama se Provinsi Sumatera Utara," sebutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung