Tinjau UN SMP Hari Pertama Wagub Sumut Minta Siswa dan Sekolah Jujur Dalam UN SMP


Tinjau UN SMP Hari Pertama
Wagub Sumut Minta Siswa dan Sekolah Jujur Dalam UN SMP

Medan, (Mimbar) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi meminta siswa SMP dan pihak sekolah untuk jujur dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Sumut.

Harapan itu disampaikan Tengku Erry Nuradi usai meninjau pelaksanaan UN SMP di 3 sekolah swasta di Medan, Senin (4/5/2015).

Rombongan Tengku Erry, Sekretaris Dinas Pendidikan (Diknas) Sumut Ernawati, Kepala Biro Pembinaan Kemasyarakat dan Sosial (Binkemsos) Sumut M Yusuf pertama kali meninjau Perguruan Eria di Jl. Sisingamangaraja Medan. Sebelum ujian berlangsung, Erry memimpin doa di salah satu kelas dengan harapan agar UN berlangsung sukses tanpa kendala.

Usai memimpin doa, Erry memerikan motivasi sekaligus mengimbau siswa untuk jujur dalam mengerjakan soal ujian. Selanjutnya, Erry membagikan lembar ujian dan jawaban secara simbolik sebagai tanda UN hari pertama dimulai di sekolah tersebut.

Kemudian rombongan meninjau pelaksanaan UN di SMP  Harapan di kawasan, Jl Imam Bonjol Medan. Dalam kesempatan itu, Erry hanya melihat dan mengamati para siswa agar tidak mengganggu konsentrasi peserta UN menjawab soal ujian.

Selanjutnya rombongan meninjau pelaksanaan UN di SMP Prime One School di Jl. Tritura Medan. Seperti di SMP Harapan, Erry hanya menyatakan selamat mengikuti UN kepada para siswa.

Dari hasil tinjauan ke sejumlah SMP, pelaksanaan UN berlangsung lancar. Para siswa terlihat nyaman dan tidak tertekan dalam mengerjakan soal.

Kendati demikian, Erry mengingatkan kepada pihak sekolah dan guru pengawas untuk berlaku jujur dengan tidak melakukan praktik tidak terpuji, baik memberitahu kunci jawaban maupun melaporkan hasil UN yang tidak sesuai dengan hasil sebenarnya.

"UN kali ini lebih mengedepankan kejujuran, baik peserta UN maupun pihak sekolah. Meski UN kali ini bukan faktor utama kelulusan, tetapi siswa dan pihak sekolah dituntut untuk jujur," sebut. Erry.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sumut, jumlah peserta UN SMP dan sederajatnya di Sumut tercatat 272.198 orang yang tersebar dari 3296 sekolah. Dari seluruh sekolah, tidak satu SMP di Sumut yang telah melakukan UN sistem Computer Based Test (CBT).

“Kita berharap, UN SMP tahun mendatang, sudah ada sekolah setingkat SMP yang telah melakukan UN sistem CBT. Pemerintah Provinsi dan Diknas Sumut akan mendorong SMP yang mampu untuk melaksanakan UN CBT tahun depan,” harap Erry.
Sementara Wakil Koordinator Yayasan Pendidikan H Ani Idrus Perguruan Eria, Drs. H. Rukzaidan mengatakan, peserta UN di Perguruan Eria sebanyak 151 siswa dengan menempati 8 ruang.

"UN tahun ini para siswa terlihat nyaman menjawab soal. Berbeda rdengan UN tahun lalu. Bisa jadi UN tahun ini tidak menjadi penentu mutlak kelulusan," terang Rukzaidan.

UN hari pertama menyajikan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kemudian Selasa (5/5/2015) akan menyajikan mata pelajaran Matematika, Rabu (6/5/2015) mata pelajaran Bahasa Inggris dan pada hari terakhir Kamis (7/5/2015) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

UN secara nasional berlangsung 4 hari. Tiap hari masing-masing 1 mata pelajaran dimulai pukul 07.30 WIB hingga 09.30 WIB dengan waktu menjawab soal masing-masing 2 jam.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung