Pekan Depan Gubsu SK kan Pengurus DKSU


Pekan Depan Gubsu SK kan Pengurus DKSU

Medan (Mimbar) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi telah mengantongi beberapa  calon pengurus Dewan kesenian Sumatera Utara (DKSU). Pekan depan, rencananya nama-nama tersebut akan tetapkan sebagai anggota DKSU melalui Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumut setelah melalui konsultasi dari beberapa budayawan dan seniman di Provinsi Sumut.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST Msi dengan beberapa tokoh seniman dan budayawan Sumut di rumah dinas Gubsu Jalan Sudirman No. 41 Medan, Sabtu Malam (16/5).

"Mudah-mudahan pekan depan saya SK-kan," kata Gubsu kepada para budayawan dan seniman sumut yang hadir saat itu.

Mereka para budayawan dan seniman yang hadir antara lain, Bersinar lubis, Irwansyah Harahap, Teja Purnama, Magatas Pasaribu, Nasib TS, M Yunus Rangkuti, Hj Dilinar Adlin, Irma Karyono, dan DT A Fauzi.

Gubsu saat itu menyampaikan dengan terbentuknya pengurus DKSU yang sejak 2009 vakum, maka kedepan akan membuat program-program untuk pengembangan kesenian didaerah ini.

Bersinar Lubis, menyampaikan audiensi yang dilakukan adalah untuk berdiskusi dan konsultasi terhadap cikal bakal terbentuknya pengurus Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU)

"Pak Gubernur sudah punya nama-nama  tinggal mengeluarkan SK-nya," ujarnya usai pertemuan.

Ada beberapa posisi DKSU yang akan di SK-kan, yakni Ketua Umum, ketua Harian, Sekretaris, Bendaharan  dan ada 7 anggota komite-komite. "Kira-kira belasan oranglah," ujarnya.

Pak Gubsu, lanjutnya, sepertinya consern  dengan kondisi fisik taman budaya Sumut yang menurut beliau sudah pantas direhabilitasi baik pentasnya, tata lampu, juga sound sistem.

"Yang paling penting adalah kebangkitan kebudayaan di Sumut sehingga diharapkan dengan terpilihnya pengurus dewan kesenian Sumut ini yang nanti akan membuat program-program untuk pengembangan kesenian didaerah ini," ujarnya.

Karena, Sumut, sebenarnya berlatarbelakang sejarah keseniannya yang luar biasa melahirkan nama nama besar sastrawan nasional seberti Khairil Anwar, penyair Amir Hamzah, Sitor situmorang, juga ada Williem Iskandar dan lainya.

"kita berharap kesenian di Sumut tumbuh melalui festival-festival daerah sehinga ikuit memberi kontribusi menunjang sektor pariwisata," harapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung