Gubsu Inspektur Upacara Peringatan Harkitnas Ke-107 Di Sumut



Gubsu Inspektur Upacara Peringatan Harkitnas Ke-107 Di Sumut

# Teladani Semangat Perjuangan 'The Founding Father' Bangsa Indonesia

Medan (Mimbar) – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-107 tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2015 bertempat di lapangan Benteng Medan, Rabu (20/5).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang dibacakan Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi mengajak segenap masyarakat untuk mengenang kembali semangat perjuangan para pendiri bangsa (The Founding Fathers) bangsa besar ini untuk diambil teladan bagi kita semua.

Dia menyebutkan, Dokter Wahidin Sudirohusodo dan Dokter Sutomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual lewat pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa.

"Proses panjang perjuangan mereka yang dilanjutkan para pejuang lain, telah menghasilkan lahirnya bangsa besar Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Gubsu saat membacakan sambutan Menkominfo.

Walau begitu, lanjutnya, bahwa perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir. Menurutnya, perjuangan ini adalah abadi untuk menuju Indonesia maju dan modern, berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi, serta bermartabat.

Karena, jika dihitung dati titik awal kebangkitan nasional tahun 1908 berarti kita telah berproses lebih dari seratus tahun menjadi bangsa yang bermartaba, dan secara terus menerus bergelut dengan perubahan.

sehingga perubahan-perubahan tersebut mau ntidak mau pasti akan menyatu dan menandai proses perjalan sejarah bangsa kita. "oleh sebab itu kita harus tetap waspada dan menjaga konsistensi dan kesinambungan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh pejuang terdahulu," katanya.

sesuai dengan tema peringatan Harkitnas 2015, "melalui hari Kebangkitan Nasional Kita bangkitkan semangat Kerja Keras Mewujudkan indonesia Maju dan sejahtera" maka tema tersebut mengandung makna bahwa kebangkitan mnasional sekarang lenbih difokuskan pada perwujudan kerja nyata dan bukan sekedar pengembangan wacana.

"Tuntutan untuk terus maju dan mweujudkna Indonesia sebagai negara sejahtera telah menjadi pemicu pentingnya merealisasikan semangat kebangkitan nasional dengan kerja keras, kerja cerdas dan produktif," tegasnya.

Maka dari itu, Menkominfo berharap, momentum Harkitnas mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta tanah air.

"Tidak ada bangsa yang maju tanpa kerja keras. Tidak ada bangsa tanpa pengorbanan, dan Tuhan tidak akan merubah nasib suatu bangsa kecuali mereka berusaha merubah diri mereka masing-masing," katanya.

Turut hadir mengikuti upacara Harkitnas tahun 2015 di Lapangan Benteng Medan, Ketua DPRD Sumut H Ajib Shah, Kajati Sumut M Yusni, Pangkosek Hanudnas III MedanKolonel Pnb Arif Mustofa, Komandan Lantamal I Belawan Kolonel Laut (P) Yudo Margono,SE, Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri, Wakapolda Sumut Brigjend Pol Ilham Salahudin SH, Walikota Medan Dzulmi ELdin, Danlanud Soewondo Medan Komandan lanud Soewondo Kolonel PNB S. Chandra Siahaan, Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Hj Sutias Handayani  dan Seluruh Pimpinan SKPD Provsu, pegawai negeri/swasta serta utusan dari TNI/Polri serta organisasi kepemudaan yang ada di Sumut.

Sementara itu, pada saat yang bersamaan Plh Sekda Provsu Hj Sabrina juga menjadi inspektur upacara Hardiknas yang diikuti oleh staf di jajaran Sekretariat Daerah Provsu di halaman Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan. Upacara berlangsung denga tertib dan lancar dimana Plh Sekda juga membacakan pidato Menteri Kominfo RI. 

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung