Maret-Mei 2015 Pemprovsu Tenderkan 352 Proyek Senilai Rp792 M

Maret-Mei 2015
Pemprovsu Tenderkan 352 Proyek Senilai Rp792 M

Medan, (Mimbar) – Sejak Maret hingga Mei tahun ini, Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemprovsu sudah melelang 352 paket pekerjaan barang dan jasal. Dari harga perkiraan sementara (HPS), seluruh proyek tersebut senilai Rp792,388 miliar.

“Dari seluruh lelang, yang sudah menandatangani kontrak ada 41 paket. Total nilanya mencapai Rp46,683 miliar. Sisanya masih proses tender di LPSE Provinsi Sumut,” sebut Kepala ULP Provsu, Syafruddin yang juga Kabiro Perlengkapan dan Aset melalui Staf Pendukung ULP M Yusuf Siregar, di ruang kerjanya, Selasa (12/5).

Dia menjelaskan, proyek tersebut berasal dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Badan di jajaran Pemprovsu.  Beberapa SKPD yang banyak paket pekerjaan yang sudah ditender di antaranya Badan Perencana Pembangunan (Bappeda), Dinas Bina Marga, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Dinas Tarukim dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), dan Dinas Pertanian.

Sedangkan pekerjaan yang di bawah dua ratus juta rupiah tidak masuk ke ULP, karena penunjukan langsung oleh SKPD bersangkutan. “Termasuk juga pengadaan yang berdasarkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sudah ada e-katalog. Walaupun nilai di atas dua ratus juta rupiah seperti pengadaan kendaraan roda empat, ditangani langsung SKPD masing-masing,” sebutnya.

Sejauh ini, katanya, pelaksanaan lelang yang dilakukan tidak ada permasalahan. Kelompok Kerja (Pokja) ULP yang dibentuk sebanyak lima orang bekerjasa professional. “Lagi pula berdasarkan Perpres No.4 Tahun 2015, proses lelang tidak seperti tempo dulu. Sekarang lebih cepat. Sekira 21 hari, proses tender sudah selesai,” katanya.

Begitupun, lanjutnya, ULP berencana ke depan untuk membentuk pokja lebih banyak dari tenaga dari SKPD terkait. Dengan begitu, peluang intervensi dari pimpinan SKPD terkait bisa diminimalisir. “Bahkan mimpi kita, pokja nanti tidak tahu proyek yang bakal mereka nilai,” sebutnya.

Bahkan, lanjutnya, berdasarkan informasi pemerintah pusat, ada peluang nanti, penilaian sudah menggunakan sistem. Nanti sistem yang akan mengevaluasi administrasi rekanan yang mengikuti tender. Setelah proses evaluasi dari sistem, baru untuk menentukan hasil akhir dari pokja yang dibentuk.

Penelusuran wartawan di LPSE.Sumutprov.go.id, sejumlah pekerjaan yang masih proses tender yang bernilai besar di antaranya, peningkatan struktur jalan provinsi jurusan Tebingtinggi-Sipispis di Serdang Bedagai. HPS Proyek ini mencapai Rp15,85 miliar. Peningkatan kapasitas jalan provinsi jurusan Tanah ABang-Sei Buaya Deliserdang dengan nilai Rp17,88 miliar. Kemudian, pemeliharaan berkala jalan provinsi jurusan Simpang Jalan Ngumban Surbakti-Flamboya Simpang Gatot Subroto di Kota Medan. Nilai HPS nya Rp15,78 miliar.

Selain itu, ada juga proyek jasa konsultasi perencanaan revisi detail engineering design senilai Rp2,5 miliar. Paket ini berada di satuan kerja Dispenda Sumut. Ada juga pekerjaan rencana tata ruang kawasan budaya/bersejarah Kota Cina-Kota Rantang senilai Rp380,5 juta dari Dinas Penataan Ruang dan Permukiman. Selanjutnya ada Penyusunan kebijakan provinsi dalam pengelolaan sampah di Dinas Tarukim Sumut dengan nilai Rp533 juta. Paket pengadaan kendaraan roda empat operasional 2.700 cc di Kantor Perwakilan Jakarta. HPS-nya senilai Rp1,57 miliar. Ada juga pengadaan kendaraan dinas roda empat 3.500 cc dengan nilai Rp1,45 miliar.

Seterusnya, paket pekerjaan Penambahan kapasitas parkir kenderaan roda 2 kantor Gubsu Jl. P. Diponegoro No. 30 Medan dari unit Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara. HPS proyek RP6,1 miliar. Study Perencanaan Pembangunan Rusunawa Bagi PNS di Medan (Distarukim) senilai Rp312,55 juta. Rencana Tata Ruang Kawasan Agropolitan Dataran Tinggi Provinsi Sumatera Utara (Distarukim) Rp679 juta. Perencanaan Teknis Gedung Kantor dan Lingkungan Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Provsu (Distarukim) dengan HPS Rp548 juta.


Paket yang sudah selesai proses lelang, pencetakan/penggandaan dan pendistribusian bahan ujian sekolah/madrasah dan paket A/ULA untuk periode I dan II tahun pelajaran 2014/2015 senilai Rp2,47 miliar. Proyek ini dari Dinas Pendidikan Provsu. Pemenangnya, CV. RABBANI, Jalan Raya Medan-Batang Kuis No. 17 Km. 14 Pasar X Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung