Plt Gubsu Hadiri Pelantikan USU Periode 2016-2021


Plt Gubsu Hadiri Pelantikan USU Periode 2016-2021

Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menghadiri Pelantikan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Periode 2016-2021 di Auditorium USU, Kamis (28/01/2016). Pelantikan tersebut dilakukan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Todung Mulia Lubis.

Hadir pada acara tersebut Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Prof Intan Ahmad Ph.D mewakili Menteri Ristek RI dan Dikti, Ketua Wali Amanat USU Todung Mulia Lubis beserta anggota, FKPD Provsu, Angota DPR RI dan DPD RI, para bupati dan walikota se Provinsi Sumtera Utara, Dewan Guru Besar dan Senat Akademik, Rektor USU Prof Dr  Runtung Sitepu,SH MHum, segenap civitas akademik dan tokoh-tokoh masyarakat.

Plt Gubsu dalam sambutannya mengatakan USU harus lebih bangkit lagi sehingga keberadaannya tidak sekedar menjadi menara gading yang hanya indah dipandang, melainkan berfungsi sebagai wahana air yang siap memberikan wahana bermanfaat bagi masyarakat.

Karena menurut Plt Gubsu perguruan tinggi tidak hanya dituntut canggih dalam bidang pendidikan, melainkan juga harus mengembangkan inovasi penelitan dan pengabdian masyarakat, sebagaimana amanah tri dharma perguruan tinggi. "Intinya masyarakat kampus sebagai pusat keunggulan intelektual diharapkan jangan sampai terpisah dari masyarakat induknya," ujar Plt Gubsu.

Sebagai Plt Gubsu sekaligus anggota ex officio Majelis Wali Amanat USU, Plt Gubsu menyambut gembira pelantikan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum dan mengharapkan dapat menghantarkan USU menjadi salah satu perguruan tinggi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia, serta dapat memberikan kontribusi konstruktif demi pembangunan nasional khususnya pembangunan Sumatera Utara. Salah faktor pendukung keberhasilan pengembangan perguruan tinggi sebagai pusat unggulan adalah dukungan manajemen dan leadership dari pimpinan perguruan tinggi tersebut. "The Man Behind The Gun," sebut Plt Gubsu yang mempunyai arti baik buruknya institusi perguruan tinggi sangat ditentukan oleh siapa yang mengelola lembaga pendidikan tersebut.

Pada kesempatan itu Plt Gubsu juga menyampaikan beberapa masukan untuk perbaikan pengelolaan USU dimasa yang akan datang, dikatakannya perlunya dilakukan konsolidasi dengan seluruh stakeholder, agar tercipta harmonisasi dan akselerasi dalam penataan dan pengembangan institusi dan akademik. Susun dan rumuskan visi dan perguruan tinggi. "Buat road map pengembangan USU jangka pendek, menengah dan jangka panjang," ujar Plt Gubsu.

Selain itu dia juga mengatakan perlunya pelaksanaan tata kelola perguruan tinggi yang baik (Good Universitu Governance) dengan menerapkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabel, profesionalisme serta mensinerjikan segala potensi keungggulan unik civitas akademika USU dalam semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Jika hal ini dilakukan secara bertahap, terukur, disertai kesungguhan, niscaya USU mampu bersaing pada tingkat nasional, regional maupun global," kata Plt Gubsu.


Plt Gubsu juga mengharapkan agar USU terus dapat mengikuti dinamika yang berubah cepat pada saat ini. Karena semua bangsa sadar bahwa perkembangan keberadaban manusia sangat dipengaruhi oleh kemampuan masyarakatnya menguasai ilmu pengetahuan dan USU adalah universitas negeri yang sudah lama berdiri dan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara.

Sementara Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Prof Intan Ahmad Ph.D mengharapkan kepada Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum untuk tetap menjaga kedamaian dan mengajak semua pihak untuk memajukan USU dan mewujudkan Good University Governance di lingkungan USU. "Karena apabila USU baik, maka Indonesiapun akan lebih baik.

Dia juga mengharapkan USU dapat lebih meningkatkan mutunya untuk menjadi center of action sesuai dengan visinya menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam dunia global.

Berbicara tentang era MEA dia mengharapkan agar USU dapat meningkatkan akses untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya di Sumatera Utara. "Diharapkan akan tumbuh generasi-generasi muda yang innovatif dan mampu berkompetisi di bidang global dan membawa bangsa Indonesia menjadi khsususnya Sumatera Utara menjadi sejahtera," sebutnya.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) Todung Mulia Lubis meminta kepada Rektor USU yang baru dilantik Prof Dr Runtung Sitepu SH, MHum agar menjadikan USU kembali kepada masa kejayaan.

Todung juga meminta kepada semua pihak terutama para pemangku jabatan tinggi di USU, agar tidak menjadikan USU sebagai ladang bisnis dan kepentingan. "Tangglakan uang masuk. Jangan berdagang dalam Universitas ini," tegasnya.Selain itu Todung juga berharap, agar Runtung dapat mensejajarkan USU dengan Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga dalam lima tahun ke depan.

Ia juga berharap Runtung dapat memberantas praktik korupsi, kolusi dan nepotisme yang ada di tubuh USU. "Saya tadi sudah bicara empat mata dengan Pak Runtung. Saya bangga bahwa beliau akan memberantas itu semua," katanya

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung