Sambutan Konsul A.S. Untuk Sumatera Pada Pembukaan South Sumatra Investment Forum 2015

Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Y. Robert Ewing (keempat dari kanan) dan wirausahawan sosial asal Amerika Adnan Mahmud (paling kanan) dalam pembukaan South Sumatra Investment Forum 2015, hari ini 1 Desember 2015 di Palembang.


Consulate of the United States of America Medan – Indonesia

RILIS FOTO                                                                     SELASA, 1 Desember, 2015
 
 
Sambutan Konsul A.S. Untuk Sumatera Pada Pembukaan
South Sumatra Investment Forum 2015

 
Medan, (Mimbar) - Pertama-tama saya ingin menyampaikan terima kasih banyak kepada propinsi Sumatera Selatan dan kerjasama kita yang telah terjalin lama dengan pemerintah dan sektor bisnis di sini. Kami senang dapat menjadi bagian dari acara South Sumatra Investment Forum. 
 
Terima kasih kepada Bapak Gubenur dan Wakil Gubernur yang telah menyelenggarakan kegiatan yang luar biasa ini.

Secara khusus kami sampaikan terima kasih kepada Adnan Mahmud yang secara khusus terbang dari Amerika untuk berbicara tentang kewirausahaan dan kewirausahaan sosial (social entrepreneurship) - Konsulat memiliki sejarah panjang dalam hal mengundang pembicara inovatif yang terkait dengan pembangunan dan saya rasa para hadirin akan menikmati presentasi Adnan yang menggugah pemikiran, silahkan menyampaikan banyak pertanyaan padanya.
 
Ibu dan Bapak yang saya hormati, Medan dan keseluruhan Pulau Sumatera merupakan sebuah kepentingan strategis yang terus berkembang bagi Amerika Serikat sehingga kami meningkatkan misi diplomatik kami di sini. Selama bertahun-tahun kami beroperasi sebagai sebuah presence post dengan hanya dua pejabat diplomat. 
 
Tapi itu tidaklah cukup mengingat berkembangnya keterlibatan kami di Sumatera. Kantor perwakilan A.S. di Medan telah menjadi Konsulat yang beroperasi penuh sebelum kedatangan saya pada bulan Mei 2014. Kami saat ini dan mendatangnya berharap untuk menambah personil dan memperdalam kerjasama dengan Sumatera, sebuah pulau yang secara ukuran dan populasi lebih besar dari banyak negara.
 
Kerjasama A.S. - Indonesia dengan Indonesia berkisar dalam bidang yang sangat luas, bekerjasama dalam peningkatan keamanan, meningkatkan pertukaran dan kerjasama dalam bidang pendidikan dan riset ilmiah, bekerja sama dalam memitigasi tantangan global seperti perusakan hutan dan perubahan iklim. Yang juga penting, memperluas ikatan perdagangan dan investasi dan membina wirausahawan.
 
Sumatera, dengan penduduk sejumlah 55 juta jiwa dan kontribusi pertanian dan industri yang besar terhadap perekonomian Idnonesia, merupakan perhatian utama dari kerjasama ini. Dari sisi ekonomi dan bisnis, kami bekerja untuk mendukung operasi perusahaan A.S. di Sumatera. Kami juga bekerja dengan perusahaan A.S. yang prospektif, dalam membantu mereka memahami lebih baik tentang kesempatan dan kondisi operasi dan hukumnya.
 
Acara ini tepat sekali diadakan setelah pertemuan antara Presiden Obama dan Widodo di Washington baru-baru ini. Presiden Obama menyampaikan dalam pertemuan tersebut bahwa keduanya memikul warisan kondisi ekonomi yang sulit saat mereka mulai menjabat. Presiden Jokowi menjadikan perkembangan ekonomi dan pengurangan angka kemiskinan sebagai prioritasnya dan ia menyatakan memprioritaskan pembukaan ekonomi Indonesia dan peningkatan iklim bisnis Indonesia untuk menarik investor asing ke Indonesia, yang dapat membiayai program pengembangan infrastruktur Indonesia.
 
Sekarang mari kita kembali fokus pada pertemuan ini sebagai salah satu hal yang telah saya dengar – tapi khususnya pejabat setempat yang ada di ruangan ini, beberapa di antaranya pimpinan pertumbuhan Sumatera – bahwasannya mereka menyambut pertemuan dengan perusahaan Amerika di wilayah ini dan ingin melihat lebih banyak lagi perusahaan A.S. berinvestasi pada masa depan Sumatera, dengan kondisi kapasitas teknis tingkat tinggi dan tata cara yang mereka tawarkan dalam sebuah bentuk yang efektif, ramah lingkungan dan berbiaya efektif (cost-effective). Saya senang IBM ada bersama kita di sini.
 
Di bawah kebijakan otonomi di Indonesia, pemerintah daerah telah menyampaikan sejak lama kepada saya bahwa mereka terbuka untuk berbisnis dan memiliki kuasa untuk mengambil langkah. Para pejabat ini juga telah menyampaikan pada saya mereka ingin mengembangkan kewirausahaan dan kewirausahaan sosial dan meningkatkan partisipasi sosial. Itulah sebabnya kami mengundang Adnan ke mari.
 
Baru-baru ini Konsulat menawarkan sebuah seminar inovatif untuk para pejabat senior Sumatera dalam tema solusi perencanaan “smart cities (kota pintar)”. Seminar tersebut dan langkah selanjutnya, telah menimbulkan minat dari beberapa firma Amerika yang sekarang tengah dan atau akan menjajaki kesempatan di Sumatera. 
 
Pada kegiatan yang baru-baru ini dilakukan, kami senang dapat menjadi tuan rumah bersama dengan Kamar Dagang Amerika Serikat di Singapura, sebuah kesempatan bagi empat propinsi di Sumatera untuk bertemu dengan beberapa firma Amerika di Singapura. Dipimpin oleh Gubernur Noerdin, keempat propinsi tersebut bergabung bersama untuk mempresentasikan pontesi investasi mereka.
 
Kami senang dapat meneruskan tali kerjasama dengan Sumatera dan Sumatera Selatan. 

 
Untuk informasi lebih lanjut tentang program ini atau untuk meliput kegiatan, silahkan menghubungi Staf Ekonomi/ Public Affairs Konsulat A.S. Medan Honey Prescillia (HP 0811652780) atau email: 
PrescilliaHM@state.gov , Sumatra@state.gov

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung