Menaker & Plt Gubsu Buka KKIN V di Medan


Menaker & Plt Gubsu Buka KKIN V di Medan
Menakertrans : Indonesia Harus Jadi Pemenang Hadapi MEA

Medan, (Mimbar) - Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi(Menakertrans) Hanif Dhakiri mengatakan mau tidak mau, suka tidak suka, Indonesia harus menjadi pemenang dalam menghadapi MEA. Oleh karenanya ia mengajak dan mengimbau agar semua pihak bahu-membahu, melakukan gerakan bersama secara nasional untuk berkontribusi agar tenaga kerja kita yang sangat banyak jumlahnya itu dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Kita harus mampu bersaing dalam ruang lingkup regional ASEAN," ujarnya.

Hal itu dikatakannya Menakertrans didampingi Plt Gubsu H T Erry Nuradi saat membuka acara Kompetisi Keterampilan Instruktur Tingkat Nasional V (KKIN V) di Balai Besar Latihan Kerja Medan, Kamis (10/12/2015). Kegiatan yang dipanitiai Direktorat Jenderal Bina Pelatihan dan Produktifitas Kementerian Ketenagakerjaan ini berlangsung mulai tanggal 10 s/d 13 Desember 2015 di BBLK Medan.

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dahhiri meminta semua pihak mempersiapkan diri baik berupa skill maupun kompetensi guna menghadapi persaingan bebas ASEAN (MEA) yang akan berlaku akhir tahun 2015. Kesiapan sumber daya manusia (SDM) angkatan kerja Indonesia ini dinilai sangat penting agar Indonesia mampu menjadi pemenang dalam kompetisi MEA.

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar Indonesia benar-benar siap menghadapi MEA adalah dengan meningkatkan daya saing di berbagai bidang. Selain itu juga harus ditingkatkan kualitas pelatihan guna meningkatkan komptensi dan daya saing SDM Indonesia.

Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri mengakui masih perlu dilakukan percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja Indonesia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan segera diberlakukan.

"Ini memang tantangan buat kita, karena merupakan kesepakatan internasional, mau gak mau kita harus siap. Oleh karena itu, sisa waktu yang tersedia harus kita manfaatkan secara optimal untuk melakukan percepatan peningkatan kompetensi dari tenaga kerja kita," ujarnya.

Selain peningkatan kompetensi, Hanif menyebut pemerintah juga mendorong dilakukannya percepatan sertifikasi profesi terutama dari sektor-sektor prioritas.

"Kalau kedua hal itu sudah kita laksanakan dengan cepat, Insya Allah kita bisa merespons tantangan global ini dengan baik," ujarnya.

Pelaksanaan MEA diakui Menaker dapat menimbulkan dampak negatif terhadap dunia ketenagakerjaan di Indonesia jika tenaga kerja kita tidak menyiapkan kompetensinya dengan baik.

"Oleh karena itu kompetensi harus kita percepat, sertifikasinya juga. MEA sudah di depan mata, kita akan gunakan waktu yang tersisa untuk melakukan percepatan-percepatan itu," ujarnya.
  

Berbicara tentang SDM menurut Menteri ada 2 pola yaitu pendidikan formal dan pelatihan kerja. Oleh karenanya Menteri berharap kegiatan-kegiatan terkait peningkatan kualitas tenaga kerja seperti Kompetensi Keterampilan Instruktur Nasional V yang dilakukan saat ini harus diperluas, tidak hanya di lingkungan kementerian tenaga kerja melainkan melibatkan kementerian lainnya, swasta dan industri dan bidang-bidang lainnya. Dengan demikian tenaga kerja (SDM) yang ada di Indonesia lebih responsif dengan perubahan-perubahan yang ada.

"Mengutip pernyataan Darwin bahwa di dunia ini yang bertahan hidup bukanlah yang paling kuat, bukanlah yang paling pintar tetapi mereka yang paling responsif terhadap perubahan," sebut Menteri dan berharap ke depan peningkatan kompetensi merupakan gerakan nasional.

Sementara Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengatakan bahwa kegiatan Kompetisi Keterampilan Instuktur Nasional (KKIN) V yang diselenggarakan hari ini merupakan kegiatan yang sangat baik sehingga nantinya para instruktur bisa saling berlomba memberikan pengalaman terbaiknya. Dan diharapkan ilmu yang didapatkan bisa diberikan kepada instruktur lainnya.

Kegiatan seperti ini menurut PLt Gubsu juga diharapkan juga akan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja (SDM) Indonesia. Apalagi Indonesia akan dihadapkan dengan MEA. Untuk menghasilkan tenaga kerja yang berdaya saing menurut Plt Gubsu selain melalui pelatihan melalui pendidikan formal juga melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan balai pelatihan tenaga kerja agar mampu berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional. "Visi misi Pemprovsu Sumatera bahwa Sumatera Utara akan maju bila memiliki daya saing. Sumatera Utara maju maka rakyatnya akan sejahtera," sebut Erry.


Direktur Jenderal Bina Pelatihan dan Produktifitas Kementerian Ketenagakerjaan RI Khairul Anwar yang merupakan Ketua Penyelenggara melaporkan bahwa KKIN V yang diselenggarakan kali ini mengusung tema melalui Kompetisi kita tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Instruktur. "Sedang peserta berasal dari BLK UPTT dan BLK UPTD, dengan jumlah total 106 orang," ujar Khairul Anwar.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung