FKPT Sumut Terpilih Jadi FKPT Terbaik Se-Indonesia

Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumut terpilih menjadi FKPT terbaik se-Indonesia. Penghargaan diserahkan BNPT kepada Ketua FKPT Sumut Drs H Eddy Syofian MAP diwakili Sekretaris Drs Zulkarnain Nasution MA.

FKPT Sumut Terpilih Jadi FKPT Terbaik Se-Indonesia

Medan, (Mimbar) - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumut terpilih menjadi FKPT terbaik se-Indonesia. Sumut berada di urutan pertama lima besar nasional bersama DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. 

Ketua FKPT Sumut Drs H Eddy Syofian MAP diwakili Sekretaris Drs Zulkarnain Nasution MA melaporkan hal itu dalam pleno di Sekretariat FKPT Sumut di Kantor Bakesbangpol Sumut di Medan, Sabtu (19/12).

Penghargaan yang diterima Sumut itu diserahkan langsung oleh Pangdam VII Wirabuana yang juga penggagas lahirnya FKPT Mayjen (TNI) Agus Surya Bakti yang didampingi Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol Drs Hamidin.

Sekretaris FKPT Sumut Drs Zulkarnain Nasution MA menerimakan penghargaan itu pada Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Makassar, 13 – 15 Desember 2015 diikuti 32 FKPT di seluruh Indonesia.

BNPT menilai FKPT Sumut yang diketuai Drs H Eddy Syofian MAP memiliki kinerja yang sangat baik secara kualitatif dan kuantitatif serta memiliki sejumlah prestasi inovatif dan terobosan signifikan.

Beberapa kriteria antara lain FKPT Sumut memiliki soliditas pengurus yang kokoh, ketepatan pelaksanaan kegiatan dan pelaporan yang baik dan akuntabel, aktivitas sekretariat, koordinasi dengan pihak lain yang profesional. 

Salah satu inovasi yang membanggakan BNPT adalah kemampuan Ketua FKPT Sumut Drs H Eddy Syofian bersama fungsionaris lainnya menggagasi berdirinya Pusat Pembinaan bagi mantan Teroris dan keluarganya berupa Pusat Pembinaan Dar Al-Syifa binaan Khairul Ghozali (mantan mentor Jihadis) di Desa Sei Mencirim Deliserdang.

BNPT juga menilai FKPT Sumut memiliki komitmen tinggi dan kemampuan komunikasi dengan berbagai pihak terutama para pimpinan dan pejabat tinggi militer dan sipil, pemuka Agama, tokoh masyarakat, pemuda, kalangan kampus dan lainnya.

Bahkan FKPT Sumut mampu menjalin komunikasi produktif secara internasional antara lain telah diterima dengan baik saat studi banding dan berdialog dengan Pusat Penanggulangan Terorisme Polis Diraja Kerajaan Malaysia di Kualalumpur.

Atas prestasi ini FKPT Sumut mendapat kehormatan berbicara pada Rakornas BNPT di Makassar guna mempresentasikan eksistensi FKPT Sumut di hadapan pimpinan FKPT se-Indonesia.

Pimpinan FKPT beberapa propinsi yang menanggapi pemaparan FKPT Sumut diwakili Sekretaris Drs Zulkarnain Nasution MA mengaku pantas Sumut menjadi FKPT terbaik secara nasional.

Hadir pada pleno FKPT Sumut selain Sekretaris juga Bendahara Surya Adinata SH MKn, Kabid Agama dan Pendidikan DR Anshari Yamama MA, Kabid Kajian dan Penelitian Prof DR Irmawati Psikologi, Kabid Pemberdayaan Pemuda dan Perempuan Drs Ishaq Ibrahim MA, Kabid Pemberdayaan Eksosbudhuk Pdt Ir Boimin Sirait MTH, Kabid Pemberdayaan Media Massa, Humas dan Sosialisasi Drs HSofyan Harahap.

Sekretaris FKPT Sumut mengemukakan penghargaan ini suatu kebanggaan dan keberhasilan ini tidak dapat terwujud apabila tidak adannya kerjasama yang baik antara satu dan lainnya. Dan harapan FKPT Sumut ditahun yang akan datang tetap menjaga soliditas antar umat beragama dan menjaga agar Sumut tetap aman dan kondusif.  

Diharapkan tahun 2016 nanti FKPT Sumut bisa lebih memberikan yang terbaik lagi terutama khususnya buat daerah Sumatera Utara.Sehingga daerah Sumatera Utara tetap senantiasa aman, dan kondusif serta jauh dari tindakan – tindakan yang berbau radikalisme dan terorisme.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung