Plt Gubsu Harapkan Ada Kerjasama Sister Province Sumut-Jepang



Plt Gubsu Harapkan Ada Kerjasama Sister Province Sumut-Jepang

Medan, (Mimbar) - Pelaksana Tugas Gubsu HT Erry Nuradi berharap kerjasama pemerintah RI dengan Jepang dapat terus ditingkatkan.  Hal itu dikatakan Erry pada acara resepsi hari ulang tahun (HUT) ke 82 Kaisar Jepang Akihito di hotel Grand Aston Medan Rabu (16/12) malam. Acara itu dihadiri Konsul Jenderal Jepang di Medan Hirofumi Morikawa , istri Plt Gubsu Hj Evi Diana, Konjen Turki H Rahmat Shah dan sejumlah pejabat serta tokoh di daerah ini.

Dalam kesempatan itu Plt Gubsu mengucapkan selamat kepada kaisar, pemerintah dan seluruh rakyat Jepang. “Mudah-mudahan hubungan kedua negara khususnya Sumut dan Jepang semakin baik ke depannya,” ujar Erry. Secara khusus Plt Gubsu berharap pertukaran budaya dua negara dapat semakin meningkat melalui pertukaran pelajar maupun kerjasama sister city dan sister province.

Sejauh ini menurut Plt Gubsu sudah ada kerjasama kota-kota di Jepang dengan kabupaten Kota di SUmut diantaranya Kota Medan, Binjai dan Tapanuli Utara. Namun untuk kerjasama Sister Province dengan Sumut hingga kini belum terwujud. Karenanya Erry Nuradi yang pernah mengenyam pendidikan di Jepang ini menyimpan harapan cita-cita SUmut memiliki kerjasama sister province dengan salah satu provinsi di Jepang dapat terwujud.

Menanggapi pameran berbagai kesenian dan kebudayaan Jepang dalam perayaan malam itu, Erry mengungkapkan kekagumannya. “Hari ini kita menyaksikan berbagai bentuk kesenian dan budaya yang dipamerkan diantaranya ikebana, patung, dan makanan khas seperti sashimi dan sushi yang sudah begitu dikenal masyarakat,” ujarnya.
  
DIa berharap ke depannya kerjasama antara dua negara dapat lebih membawa manfaat diantaranya di bidang teknologi maupun pariwisata. “Ternyata banyak teknologi Jepang yang belum dikeluarkan oleh Jepang ke negara lain misalnya mobil mengeluarkan asap air. Juga di bidang teknologi, banyak yang belum terserap. Kita ketahui bersama banyak produksi Jepang yang dipakai di Sumut. Selama ini untuk mempelajari air minum, kita kerjasama dengan Jepang,” katanya.

Menurut Erry, untuk meningkatakan jumlah wisawatan mancanegara (wisman) ke Indonesia, pemerintah sudah memberikan bebas visa dari 50 negara menjadi 90 negara. Banyak potensi wisata Sumut yang patut dijual, infrastruktur sudah mulai baik, hotel-hotel bagus seperti lokasi di Taman Simalem. Di sekitar Danau Toba banyak peninggalan kebudayaan, di Medan ada istana Maimoon.  "Yang penting promosi dan buat infrastruktur baik, rel kereta api sampai perbatasan Aceh yang akan nyambung sehingga makin menarik wisatawan," kata Erry.

Konsul Jenderal Jepang di Medan Hirofumi Morikawa mengatakan sejumlah perusahaan Jepang banyak terlibat dalam pembangunan infrastruktur dan hubungan kerjasama lingkungan hidup di Sumatera Utara.

Jika kita membicarakan hubungan kerjasama, katanya, perlu kami sampaikan bahwa di Provinsi Sumatera Utara telah berkembang berbagai hubungan kerjasama antara Jepang dan Indonesia. Seperti kita rasakan bahwa di wilayah ini ada sedikit kendala pada pembangunan infrastruktur, khususnya dalam hal kurangnya pasokan energi listrik, ini merupakan hal yang cukup mendesak dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, saat ini di Kabupaten Tapanuli Utara sedang dibangun pembangkit listrik tenaga panas bumi Sarulla di mana salah satu perusahaan Jepang ikut berinvestasi.

Selain itu, Jepang juga ikut membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III  dan ikut dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Belawan. "Bila pembangunan ini selesai terealisasi, saya pikir program ini akan memberikan kontribusi yang sangat besar di dalam memenuhi kekurangan pasokan energi listrik di provinsi ini," katanya.

Hubungan lainnya, jelas Konjen Morikawa, kerjasama antara pemerintah Kota Medan dan kabupaten di Sumut dengan Jepang juga menampakkan kemajuannya. Sebagai contoh,  saat ini sedang berjalan hubungan kerjasama di bidang lingkungan hidup antara Kota Medan dengan Kota Kitakyusuhu, kerjasama bidang air bersih antara Kota Medan dengan Kota Yokohama serta Kota Toyohashi. Kerjasama sektor pertanian antara Kabupaten Tapanuli Uyara dengan Prefektur Ibaraki dan Kota Hokota.

"Bahkan program pertukaran pemuda antara Kota Medan dan Kota Ichikawa di prefektur Chuba sebagai sister city telah berlangsung 25 tahun tetap terus berlanjut," ungkap Konjen.

Menurutnya, pemerintah Jepang tahun lalu memberikan kemudahan persyaratan visa kepada warga negara Indonesia yang hendak melakukan perjalanan ke Jepang yaitu diprakarsainya kebijakan sistem pembebasan visa bagi pengguna IC passport. Pada Juni tahun ini, pemerintah Indonesia juga menetapkan pembebasan visa dengan tujuan wisata bagi pengunjung dari Jepang.

Jadi hubungan pertukaran people to people antara Jepang dengan Indonesia semakin berlanjut ke tahap yang lebih baik. Sebagai contoh, bila dibandingkan dengan jumlah orang Jepang yang berkunjung ke Indonesia pada Januari hingga Oktober 2014 dengan priode Januari hingga Oktober 2015, mengalami peningkatan hingga 160 ribu orang atau meningkat hingga 30 persen.

"Kami ingin agar masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Jepang semakin banyak. Sebaliknya, kami juga berharap semakin banyak orang Jepang ke Indonesia, khususnya ke Sumut yang indah ini," katanya.

HUT Kaisar

HUT ke 82 Kaisar Akihito di Medan ditandai dengan toast bersama antara Konjen Jepang Hirofumi Morikawa dengan Plt Gubsu HT Erry Nuradi bersama seluruh hadirin. Pada resepsi tahun ini beda dengan tahun lalu.


Tahun ini ruangan dimodifiksi dengan musim di Jepang. Di area pintu masuk terpajang berbagai pameran keindahan empat musim di Jepang dan juga beragam boneka khas Jepang. Kedua, ada chef Jepang yang mendemonstrasikan pemotongan ikan salmon untuk dibuat menjadi sashimi. Ada testing corner yang menyajikan sake Jepang yang didatangkan langsung dari Jepang, juga berbagai makanan ringan khas Jepang biasanya dinikmati sembari minum sake bagi yang bisa minum alkohol dan tersedia sushi.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung