Plt Gubsu Serahkan Dana Apresiasi Para Juara Wirausaha Muda Pemula Berprestasi

Plt Gubsu diwakili Kadispora Sumut Baharuddin Siagian menyerahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada para juara pemilihan wirausaha muda pemula berprestasi 2015, Selasa (29/12).

Plt Gubsu Serahkan Dana Apresiasi Para Juara Wirausaha Muda Pemula Berprestasi

Medan, (Mimbar) - Plt Gubsu HT Erry Nuradi menyerahkan hadiah dan penghargaan berupa dana apresiasi Rp 10 juta dan piagam penghargaan kepada para juara pemilihan wirausaha muda pemula berprestasi 2015.

Penghargaan tersebut diserahkan Plt Gubsu diwakili Kadispora Sumut Baharuddin Siagian di Kantor Dispora Sumut di Medan, Selasa (29/12) didampingi Kabid Bina Kepemudaan N Tohir dan kepala seksi antara lain.

Para juara kewirausahaan muda pemula berpretasi tingkat propinsi Sumut tersebut 12 orang setelah melalui seleksi ketat pada Agustus lalu, masing-masing juara 1, 2 dan 3 untuk empat kategori.

"Pemerintah bangga terhadap generasi muda yang memiliki inovasi dan prestasi dalam wirausaha sehingga menjadi pendorong bagi generasi muda untuk lebih banyak membuat lapangan kerja dan tidak semata menjadi pencari kerja," ujar Kadispora.

Para juara I dari empat kategori terpilih untuk diajukan menjadi calon Wirausaha Muda Pemula Berprestasi tingkat nasional yakni Arga (Medan kategori pertanian, peternakan dan perkebunan) bidang usaha obat-obatan tradisional.

Marzuki (Medan kategori Boga) bidang usaha Pancake Durian, Darmawan Syahputra (Medan kategori Jasa) dan Albert Ong (Medan kategori kreatif) bidang usaha narsis coorporation. Dari empat nama ini Arga masuk nominasi nasional.

Para juara 2 dan 3 tingkat Sumut untuk kategori boga Mirza Sumantri (Risolasol) dan Ahmad Zaki (Zack Kress Chips), kategori jasa Fadliansyah Nst (FAN) dan Edy Syahputra (Tratama), kategori kreatif Rachmi (Glow Bag) serta kategori pertanian, peternakan dan perkebunan Prima Takasi (Minyak Obat Karo) dan Galih Ariwirawan (Dusun Kelinci).

Sebelum ini Dispora Sumut juga berhasil menjaring salah seorang generasi muda Sumut yang mahasiswa USU terpilih menjadi Juara I Terbaik Pemuda Pelopor Nasional kategori Teknologi Tepat Guna dan Teknologi Informasi 2015.

Gita (21) mahasiswi Fakultas Farmasi USU ini menerima anugerah nasional dari Menpora pada 28 Oktober 2015 dengan inovasi di bidang obat berupa Pelayanan dan Penyediaan Inovasi Obat Herbal untuk Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus dan Komplikasinya.

Tahun ini Dispora Sumut juga telah mengirim 36 orang sarjana ke pedesaan yakni di Kabupaten Asahan dan Batubara melalui Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3).

Program PSP3 intinya peran pemuda menggerakkan pembangunan di pedesaan, kepeloporan, kemandirian dan kewirusahaan.

"Ketiga program ini merupakan amanah Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang dilaksanakan oleh Dispora Sumut," ujar Kadispora seraya berharap program ini dapat berkelanjutan.

Plt Gubsu berharap keberhasilan dan inovasi para juara ini bisa menjadi contoh bagi pemuda Sumut supaya lebih banyak yang melakukan inovasi dan kreasi sehingga berdayaguna untuk kepentingan masyarakat bagi kesejahteraan pemuda.

Diharapkan kompetisi ini akan menghasilkan tokoh-tokoh idola generasi muda yang sukses dan berprestasi serta memiliki etos kerja dan wirausaha tinggi. 

"Tujuan dari pemilihan ini untuk membangun jiwa kewirausahaan generasi muda dan meningkatkan partisipasi aktif membangun usaha kecil yang mampu bersaing di dunia," ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung