Plt Gubsu Lantik Jumsadi Pj Walikota Siantar dan Zein Pj Bupati Labura



Plt Gubsu Lantik Jumsadi Pj Walikota Siantar dan Zein Pj Bupati Labura

Medan, (Mimbar) – Plt Gubsu H T Erry Nuradi melantik Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs. Jumsadi Damanik, SH, M. Hum sebagai penjabat Walikota Siantar dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provsu Drs M Zein Siregar MSi sebagai penjabat Bupati Labuhan Batu Utara.Upacara pengambilan janji jabatan dan pelantikan dilaksanakan pada Selasa (8/12) pagi di ruang Martabe, Kantor Gubsu.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Tjahyo Kumolo setelah berakhirnya masa jabatan kepala daerah dan Wakil KDH yang bersangkutan. Kadis Kominfo Provsu, Jumsadi Damanik menggantikan Kepala Kesbang Polinmas Drs Edy Sofyan yang pada 16 Oktober lalu dilantik sebagai penjabat Walikota Siantar namun kemudian tersangkut persoalan hukum.

Sebagaimana SK Mendagri, penjabat bupati memiliki tiga tugas pokok  yaitu menjalankan pemerintahan di daerah masing-masing, memfasilitasi pemilihan kepala daerah serentak dan menjaga netralitas PNS. Adapun masa jabatan Penjabat bupati/ walikota paling lama satu tahun, terhitung sejak tanggal pelantikan.

Dalam arahannya Plt Gubsu berpesan agar segera melakukan konsolodasi internal, koordinasi dengan DPRD serta FKPD untuk melaksanakan tugas dimaksud. “Segera  lakukan langkah koordinasi, mengantisipasi hal-hal yang mungkin timbul sebagai efek yang dapat mempengaruhi kelancaran Pemilukada,” imbuh Erry.

Bersama perangkat penyelenggara, para penjabat harus memastikan agar semua logistik sudah berada di kabupaten Simalungun dan telah di verifikasi dengan baik sudah dididistribusikan sampai ke tempat pemungutan suara.

Kepada seluruh kepala daerah, Erry juga menekankan agar menuntaskan semua program pemerintahan, sehingga pada saat memasuki 2016 program pemerintah dapat berjalan tepat waktu. Dia Berharap penyelenggaraan pemerintahan di Sumut ke depannya harus lebih baik lagi. “untuk mewujudkan penyelenggaaan pemerintahan yang baik harus diawali perencanaan dan penganggaran yang baik dengan mempertimbangkan indikator kinerja yang ada,”ujarnya.

Dalam penyusunan anggrana 2016 diharapkan bisa lebiuh berpihak kepada pelayanan masyarakat dan pembangunan, karena pada tahun sebelumnya anggaran banyak terserap dengan diselenggarakannya pemilukada.

Pilkada Langsung serentak di Sumatera Utara diselenggarakan di 23 kabupaten/kota, Rabu, 9 Desember. Sumut merupakan provinsi paling banyak yang melaksanakan pilkada serentak bersama dengan 269 kabupaten/ kota dan Provinsi se Indonesia. Di antara 23 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada, sebanyak 14 daerah jabatan kepala daerahnya berakhir sebelum pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2015, sehingga telah dilakukan pelantikan terhadap 14 penjabat bupati/walikota dimaksud.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung