MANAJEMEN BANK SUMUT AKAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN TKAD


MANAJEMEN BANK SUMUT AKAN MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN TKAD

Tenaga kerja alih daya (TKAD) PT. PKS kembali mengadakan demo di halaman Bank Sumut Jl. Imam Bonjol Medan pada tanggal 1 – 2 September 2014. Sebagian Pegawai PT. PKS yang dipekerjakan di Bank Sumut yang melakukan demo merupakan tenaga supir dengan jumlah ± 100 orang mengadakan orasi untuk menuntut menjadi pegawai tetap pada Bank Sumut.

Konferensi Pers yang dilaksanakan Senin (1/9) sore, Pemimpin Divisi SDM Bank Sumut/Agung Santoso didampingi Pemimpin Sekretaris Perusahaan Bank Sumut/Didi Duharsa dan Pemimpin Bidang Public Relation/Kalimonang mengatakan, selama ini Bank Sumut menggunakan jasa mereka hanya sebagai tenaga outsourching dari PT. Purna Karya Sejahtera (PT. PKS) yang merupakan perusahaan penyedia TKAD. Penggunaan tenaga outsourcing ini dibenarkan oleh Permenakertrans Nomor 19 Tahun 2012 yang mengatur mengenai jenis – jenis pekerjaan yang diperbolehkan dialihdayakan, sehingga tidak ada kewajiban Bank Sumut untuk mengangkat mereka menjadi pegawai tetap, namun tidak menutup kemungkinan pengangkatan tersebut dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan melalui mekanisme yang harus ditempuh antara lain dimasukkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) dan harus mengikuti seleksi pengangkatan pegawai sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Pada saat rekruitment pegawai tahun 2012 yang lalu ada 17 orang pekerja outsourching dari TKAD PT. PKS yang lulus mengikuti tahapan seleksi dan diangkat menjadi pegawai tetap Bank Sumut. Hal tersebut sudah berulang kali disampaikan kepada pihak TKAD dalam berbagai pertemuan, terakhir pada tanggal 23 Juli 2014 di gedung DPRD Sumatera Utara yang dihadiri oleh perwakilan TKAD, Bank Sumut, PT. PKS, Disnaker Provsu dan Komisi E DPRD Sumatera Utara.

Saat ini memang lagi diadakan tender untuk memilih vendor dan sudah dilakukan pelelangan secara profesional dengan didampingi konsultan Ikatan Asosiasi Pengadaan Indonesia (IAPI) Sumut. Kita mewajibkan vendor yang menjadi pemenangnya nanti tidak akan merubah kesejahteraan karyawan sebagaimana vendor yang lama dan malah uang makan dinaikkan menjadi Rp 50.000,- per hari kerja dari sebelumnya Rp.30.000-, ujar Agung Santoso.

Beberapa pendemo naik ke lantai III PT. Bank Sumut untuk menjumpai Direksi namun karena keterbatasan tempat diadakan negosiasi agar TKAD mengirimkan perwakilan sebanyak 3  (tiga) orang untuk bertemu Direksi PT. Bank Sumut di Ruang Rapat yang diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan/Yulianto Maris, Direktur Bisnis dan Syariah/Edie Rizliyanto, dan Direktur Operasional/M. Yahya didampingi pihak Kepolisian dan Pemimpin Divisi SDM serta Pemimpin Sekretaris Perusahaan.

Pihak Manajemen PT Bank Sumut melalui Direktur Kepatuhan Bapak Yulianto Maris, menyampaikan tanggapan atas tuntutan Forkom Pegawai PT. Purna Karya Sejahtera tersebut sebagai berikut :
1. Aksi Unjuk rasa ini sudah berulangkali dilakukan diantaranya selain dilakukan di lingkungan kantor PT. Bank Sumut juga dilakukan di Kantor Gubernur dan Kantor DPRD SU, sehingga sudah mendapatkan penjelasan dan jawaban dari pihak Manajemen PT. Bank Sumut.
2.  Manajemen PT. Bank Sumut akan bertindak sesuai dengan koridor Undang-undang yang berlaku.
3. Menghindari dilakukan penjelasan berulang-ulang, kita akan mengadakan mediasi antara PT. Bank Sumut dan Forkom Pegawai PT. Purna Karya Sejahtera bersama Bapak Eddy Sofyan (Kakan Kesbangpol dan Linmas Propinsi Sumatera Utara) dengan didampingi Aparat Kepolisian.

Pada kesempatan lain M.Yahya selaku Direktur Operasional PT.Bank Sumut mengatakan telah melakukan pemantauan ke seluruh unit operasional Bank Sumut dan mendapat informasi bahwa pelayanan dan operasional Bank Sumut berjalan baik  sebagaimana biasa. Atas nama manajemen  kami memohon maaf kepada Nasabah, mitra dan penyewa gedung Bank Sumut dengan adanya unjuk rasa ini mengakibatkan ada sedikit kekurang nyamanan pada saat itu, ujar M.Yahya.

Manajemen Bank Sumut menghimbau kepada semua pihak untuk menjaga ketenangan dan membuat suasana yang kondusif terhadap jalannya operasional Bank.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung