Artis Film Antusias Nikmati Seni dan Budaya di Gubernuran

Artis Film Antusias Nikmati Seni dan Budaya di Gubernuran

Medan (Mimbar) - Puluhan artis dan penggiat film nasional antusias menyaksikan kesenian dan budaya daerah yang disajikan pada jamuan makan malam di rumah dinas Gubernur Sumatera H Gatot Pujo Nugroho, Jumat (12/9) malam. Tari-tarian dan lagu khas delapan etnis di Sumut serta sajian makanan khas Medan membuat betah rombongan artis yang hadir dalam rangka penyelenggaraan AFI  2014.

Sumatera Utara menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apresiasi Film Indonesia AFI) 2014 yang digelar pada Jumat dan Sabtu, 12-13 September 2014 yang dimeriahkan pawai artis film dan malam penganugerahan Piala Dewantara di Istana Maimun. Sebagai tuan rumah Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi menggelar jamuan makan malam bagi para aktivis perfilman tanah air tersebut, Jumat malam (12/9).

Diantara artis yang hadir tampak artis-artis papan atas yang sudah puluhan tahun eksis di dunia perfilaman diantaranya Widyawati, Marini, Jajang C Noer, Tio Pasukodewo, Alex Komang dan sebagainya. Ada juga artis muda yang saat ini banyak menyita perhatian kawula muda seperti Chiko Jericho, Raline Shah, Eva Cecilia, Fahri Albar dan Joko Anwar. Ikut menghadiri jamuan tersebut konsul negara sahabat, yakni konsul Amerika Serikat Y Robert Ewing, Kosul kehormatan Turki Rahmat Shah, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Kacung Marijan, Pangdam I/BB Mayjen TNI Istu Hari Subagio SE, Kapolda Sumut Irjen Eko Hadi Sutedjo ketua PN Sumut,  Ketua Badan Perfilman Nasional Alex Komang, Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM serta para asisten, staff ahli dan Pimpinan SKPD Pemprovsu.

Gubsu dalam sambutannya berharap dengan digelarnya AFI di Medan menjadi memicu dan memacu semangat semua pihak di Provinsi Sumut.

"Kami tadi mendapatkan informasi bahwa berbicara masalah perfilman Indonesia, Medan punya kesejarahan yang cukup panjang, yakni punya sejarah yang cukup baik," ujarnya.

Gubsu dalam kesempatan tersebut menjelaskan sekelumit tentang budaya dan keindahan alam Sumatera Utara. Provinsi Sumut memiiki 8 etnis asli yakni Melayu, Pakpak, Batak Toba, Bayak Angkola/Mandailing, Pesisir, Simalungun dan Nias ditambah lagi dengan etnis pendatang yang dari dalam negeri Indonesia ada Jawa, Minang, Banjar ada Bugis dan banyak lagi yang ada di Sumut belum lagi dari manca negara seperti India, Cna, Arab, Pakistan juga ada di Sumut.

"Dengan demikian tentu kami bersyukur ditengah keberagaman etnis, budaya dan agama yang ada di Sumut kami justru mendapatkan suasana kebersamaan, kondusifitas satu diantara kami memahami bahwa ini adalah bagian dari sikap masyarakat sumut yang welcome menerima tamu," katanya pula.

Harapan Gubsu, saat mengakhiri sambutannya, meminta para artis bisa ada kegiatan bakti sosial dengan datang ke sekolah-sekolah untuk berikan pendidikan kesenian dan pendidikan kebudayaan.

Sementara itu Ketua Badan Perfilman Nasional Alex menyampaikan bahwa pelaksanaan AFI di Medan adalah  tradisi baru dalam pelaksan AFI. Yakni dilaksanakan diluar kota Jakarta, karena sebelumnya dua kai ini dilaksnakan di Jakarta dan insyaallah hasilnya akan baik karena didukung ole berbagai pihak.


"Semoga saja dengan adanya pehelatan AFI di Medan ini bisa membuahkan hasil bisa merangsang para pemuda di Sumut untuk lebih giat dan nantinya ikut bicara dkancah perfilman nasional," harapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung