Gubsu Serahkan Raskin Award 2013 Kepada 9 Kota/Kab

Gubsu Serahkan Raskin Award 2013 Kepada 9 Kota/Kab

Medan (Mimbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan Raskin Award 2013 kepada  sembilan pemerintah kabupaten/kota yang dinilai lancar dalam penyaluran dan pembayaran  Raskin kepada penerima hak.

Penghargaan Raskin Award kepada sembilan pemerintah kota/kabupaten yakni Pemerintah Kota Medan, Pemkab Serdangabedagai, Dairi, PakpakBharat, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Tapanuliutara, Sibolga, Gunungsitoli itu langsung diberikan oleh Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho di Medan, Rabu (2/9).

Selain dihadir Bupati/Walikota, turut hadir Assisten Ekbang Provsu DR Sabrina, Kepala Biro Ekonomi Provsu yang menjabat Ketua Tim Penyaluran Raskin Sumut Bondaharo dan Kepala Perum  Bulog Sumut Fasika Khaerul Zaman.

Dalam pengarahan usai memberikan penghargaan Raskin Award 2013 itu, Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho menegaskan, Raskin Award bisa memotivasi walikota/bupati untuk meningkatkan pelayanan Raskin kepada masyarakat.

Secara khusus Gubsu mengungkapkan apresiasi terimakasih kepada Bupati/Walikota yang membuktikan komitmen dalam penyaluran raskin dengan baik. Khusus kepada Walikota Tanjungbalai, Gubsu juga berterimakasih atas Program Raskin Madani berupa alokasi APBD untuk membiayai penyaluran raskin bagi masyarakat kurang mampu yang tidak tertampung dalam program raskin nasional.

Gubsu kemudian menekankan bahwa bahwa penyaluran raskin yang baik dan lancar adalah kewajiban. "Sudah seharusnya pemkab/pemkot menyalurkan Raskin dengan baik dan lancar karena memang merupakan kewajiban sesuai program Pemerintah,"katanya. 

Bahkan, kata Gubernur, kalau ada tunggakan pembayaran oleh Pemkab/Pemkab yang akhirnya menghambat alokasi Raskin ke masyarakat itu merupakan salah satu bentuk pengkhianatan kepada rakyat.

Pengkhianatan itu mengacu pada fakta bahwa masyarakat sudah langsung membayar saat menerima Raskin sehingga seharusnya  tidak terjadi tunggakan. "Harusnya kalau memungkinkan, pemkab/pemkot bisa membuat kebijakan penanggulangan pendanaan  untuk menambah jumlah penerima Raskin di daerahnya masing-masing seperti yang dilakukan Pemkab Tanjungbalai,"katanya.

Sementara itu, Kepala Perum  Bulog Sumut, Fasika Khaerul Zaman menyebutkan, Raskin Award Sumut sudah dilakukan rutin setiap tahun untuk mendorong minat walikota/bupati menjalankan program Raskin dengan lebih baik.

Mengingat pelayanan kepada masyarakat harus semakin ditingkatkan, maka Bulog juga sudah meningkatkan kriteria penilaian Raskin Award 2014 seperti mengacu pada proses yang
dilakukan pemkab/pemkot dalam penyaluran Raskin tersebut seperti apakah ada edukasi
Raskin hingga penyediaan dana talangan.

Dia mengakui, secara keseluruhan, penyaluran Raskin di Sumut semakin membaik meski harus lebih dimaksimalkan. Realisasi penyaluran Raskin Sumut hingga Agustus 2014 sudah mencapai 92,87 persen atau 103.950.825 kilogram dari target alokasi sampai periode tersebut yang sebanyak 111.933.000 kg.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung