Perdana di Tapsel, Seribu Orang Ikuti Lomba Lari 5 Kilometer "Martabe Run for Fun"


Perdana di Tapsel, Seribu Orang Ikuti Lomba Lari 5 Kilometer
"Martabe Run for Fun"

Batangtoru, 5 Oktober 2016 (Mimbar) - Untuk meningkatkan semangat olah raga bagi masyarakat, Tambang Emas Martabe mengadakan lomba lari 5 (lima) kilometer dengan tema "Martabe Run for Fun". Kegiatan ini diadakan pada 1 Oktober 2016. Titik berangkat dimulai dari Sipente, kemudian menyusuri jalan lintas Sumatera dan berakhir di depan pintu masuk Tambang Emas Martabe. Tepat pada pukul 06.00, bendera start dikibarkan oleh Ketua Harian KONI Tapsel, Junaidi didampingi Pramana Triwahyudi, Manager Community Relations Tambang Emas Martabe.

Keluar sebagai pemenang pertama untuk pria, Adi Zulkarnain (20) dari Kelurahan Wek 1 dan untuk wanita, Dame Rohani (16) dari Desa Wek 4. Selain trofi, kedua pemenang pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp 3 juta rupiah.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Tambang Emas Martabe dan Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Tapanuli Selatan, MUSPIKA Batangtoru dan NNB (Naposo Nauli Bulung) dari 15 Desa Lingkar Tambang.  Animo peserta lintas usia, terutama kaum muda yang mengikuti lomba ini sangat tinggi.  Seribu orang telah terdaftar mengikuti acara. Seratus orang merupakan   peserta eksebisi yang berasal dari atlit lari PASI Tapsel, Polres Tapsel, KODIM 1212/TS dan Karyawan dan Kontraktor Tambang Emas Matabe. Sementara 900 orang merupakan masyarakat umum yang berasal dari Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. Peserta eksebisi tidak berhak mendapatkan trofi juara dan hadiah, namun akan mendapatkan medali jika masuk sebagai 200 pelari pertama yang mencapai garis selesai. Keikutsertaan peserta eksebisi diharapkan dapat memberikan dorongan semangat bagi para peserta dan masyarakat pada umumnya untuk menekuni bidang olah raga lari.

Pihak panitia menyediakan  medali bagi 200 peserta pertama yang berhasil menginjak garis selesai dan hadiah bagi 5 peserta putra dan 5 peserta putri yang dapat menyelesaikan lomba lari 5 (lima) kilometer dengan waktu tercepat. Total hadiah yang akan diberikan sebesar Rp. 20 juta untuk para pemenang.
Pada kesempatan itu, Great Martabe Runners, komunitas karyawan Tambang Emas Martabe pecinta olah raga lari, menyerahkan bantuan berupa In-Focus kepada 5(lima) sekolah  yang berada di sekitar wilayah operasi Tambang Emas Martabe, masing-masing: SMPN 1 Batangtoru, SMPN 2 Batangtoru, SMKN 1 Batangtoru, SMAN 1 Batangtoru, dan SMKN 2 Batangtoru. Total bantuan yang diberikan sekitar Rp 27 juta. Dana ini dikumpulkan dari para karyawan oleh Great Martabe Runners sewaktu mengikuti lomba lari Samosir Lake Toba Ultra Marathon baru-baru ini.

Di akhir acara, para peserta disuguhkan hiburan dan door prize berlokasi di depan gerbang utama Tambang Emas Martabe. Acara ini terbuka bagi  masyarakat umum yang berminat hadir untuk menyaksikan hiburan artis yang didatangkan dari Siantar, yakni Siantar Rap Foundation dan AMIGOS dari Jakarta, kelompok musik yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Batangtoru. Selain itu di lokasi acara hiburan bagi masyarakat ini disediakan beberapa titik Photo Booth dan galeri makanan tradisional Tapanuli Selatan. 


Stevi Thomas, Deputi GM General Affairs Tambang Emas Martabe: “Kegiatan olah raga merupakan kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan.  Dengan berolah raga, kita bisa menjaga tubuh tetap bugar sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Tambang Emas Martabe selalu berupaya untuk mengajak masyarakat yang berada di sektitar wilayah operasi Tambang Emas Martabe untuk giat berolah raga. Salah satunya melalui kegiatan lomba lari lima kilometer. Selain itu, sejak 2011, Tambang Emas Martabe mengadakan Turnamen Bola Voli Agincourt Resources Cup. Turnamen yang diadakan setiap dua tahun sekali sudah berlangsung sebanyak tiga kali dan mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat lingkar tambang. Ke depan, akan banyak lagi kegiatan olah raga yang dapat dilakukan bersama-sama dengan masyarakat. Dengan tubuh sehat, kita semua dapat bergerak optimal memajukan daerah kita."
Sekilas Tambang Emas Martabe
Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara, dengan luas wilayah 1.639 km2, di bawah Kontrak Karya generasi keenam ("CoW") yang ditandatangani April 1997.  PT Agincourt Resources mengelola Tambang Emas Martabe yang memiliki sumberdaya 7,4 juta ounce emas dan 69 juta ounce perak dan mulai berproduksi penuh pada awal 2013, dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak berbiaya rendah.


Pada Maret 2016, perusahaan konsorsium pertambangan yang dipimpin oleh EMR Capital, spesialis dana ekuitas pertambangan swasta asal Australia, resmi menjadi pemegang saham utama Agincourt Resources. Kepemilikan saham Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara (Pemda) tidak mengalami perubahan. Lebih dari dua ribu orang saat ini bekerja di Tambang Emas Martabe, tujuh puluh persen direkrut dari masyarakat di lima belas desa di sekitar tambang dan wilayah terdekat lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung