Ramadhan Terakhir, Gubsu Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid dengan I'tikaf


Ramadhan Terakhir, 
Gubsu Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid dengan I'tikaf

Binjai, (Mimbar) – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSI mengajak masyarakat memanfaatkan sebaik-baiknya hari-hari terakhir Ramadhan diantaranya dengan beri'tikaf di mesjid. Hal itu disampaikan Gubsu saat memimpin Tim Safari Ramadhan Provinsi Sumatera Utara di  Masjid Darussalam Jl. Cut Nyak Dien Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Binjai Timur, kota Binjai, Kamis (9/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Kota Binjai HM Idaham SH MSi dan wakil Walikota Kota Binjai Timbas Tarigan SE serta sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemko Binjai dan unsur Muspida Kota Binjai. Sementara dari rombongan Gubernur hadir juga sejumlah pimpinan SKPD Pemerintah Provinsi Sumut.

Bertepatan akhir ramadhan ini, Gubsu mengajak masyarakat didaerah itu untuk mengoptimalkan ibadah pada sepuluh hari terakhir Ramadhan 1436 Hijriah. "kita saat ini sudah memasuki ramadhan 23  dan ini mendekati penghujung ramadhan, intinya bahwa salah satu dari bagian penyempurnaan ibadah puasa ramadhan hendaklah kita memakmurkan masjid dengan beriktikaf," ajaknya.

Karena, lanjutnya di sepuluh akhir ramadhan dengan memakmurkan masjid melalui i'tikaf kita merenung agar kita bisa menjawab pertanyaan dasar kita yakni dari mana? untuk apa? dan mau kemana? dan harus dijawab dengan benar.

"Maksimalkan ibadah pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, dengan memperbanyak amalan karena banyak keutamaan yang dijanjikan Allah SWT. Bulan Ramadhan ini mari kita tingkatkan taqwa kepada Allah SWT," ajaknya lagi.

I’tikaf berarti berdiam diri di mesjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu. I’tikaf ini lebih diutamakan pada bulan Ramadhan, terutama 10 hari menjelang berakhirnya Ramadhan untuk memperoleh lailatul qadar, namun beri’tikaf di hari lain pun tidak akan mengurangi manfaatnya.
Gubsu dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kunjungan safari ramadhan Pemprovsu dalam rangka  silaturahim antara Pemrovsu dengan Pemko Binjai dan juga masyarakatnya. 

"Karena salah satu diantara banyak hikmah ramadhan adalah membangun solidaritas sosial dan itu adalah sebuah pilar yang sangat diperlukan untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara ini," ujarnya.

Walikota Kota Binjai HM Idaham menyampaikan selamat datang atas kunjungan tim safari ramadhan yang dimpimpin Gubsu. Bagi Pemko Binjai kedatang orang nomer satu di Kota Binjai dapat memberi spirit masyarakat kota Binjai.

Sebelum waktu berbuka puasa, para jamaah yang hadir mendapat siraman rohani menjelang detik-detik waktu berbuka puasa oleh H Al Ahyu MA. Dalam tausiyahnya, mengajak para jamaah untuk meningkatkan amal ibadah di bulan puasa yang pahalanya sangat besar dibanding bulan lainnya.

"Mari kita jadikan ramadhan sebagai bulan memperbaiki diri dan menambah kemesraan. Mudah-mudahan dengan menjalankan perintah Allah SWT kita bisa menjadi ummat yang shaleh," katanya.

Usai berbuka pusa dengan jajaran Pemko Binjai, tim safari ramadhan pemprovsu kemudian melaksanakan sholat tarawih bersama. Dalam kesempatan itu pula, Gubsu secara simbolik menyerahkan bantuan 100 anak yatim dan kaum duafa serta bantuan untuk masjid Darusalam yang diterima kenaziran masjid

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung