Kepling Karo Antusias Dapat Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan


Kepling Karo Antusias Dapat Sosialisasi  BPJS Ketenagakerjaan

Kabanjahe, (Mimbar) - Puluhan Kepala Lingkungan di  Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara menyambut baik dan sangat antusias terhadap sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan.

Bertempat di Aula Kelurahan Kampung Dalam, Jalan Veteran Kabanjahe, jumat (24/7), puluhan Kepala Lingkungan, mendapatkan sosialisasi manfaat mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

Tampak hadir Lurah  Kampung Dalam Ramli  Oktar Tarigan SH  didampingi para Kepala Lingkungan antara lain Hotman Munte, Jansen Sembiring, Jumpa Malem Tarigan, Bukti Surbakti, martinus Ginting, Ruth Milala, Jasman Ginting, Sempurna  Ginting dan lainnya.

Kepala Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Karo Sanco Simanullang ST MT mengungkapkan, tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman manfaat program BPJS Ketenagakerjaan bagi aparat kelurahan  dan  kepala lingkungan.

“Sebagai garda  terdepan pelayanan masyarakat, kami berharap para Kepling dapat  membantu mensosialisasikan program ini kepada masyarakat pekerja di lingkungan masing masing, sehingga pekerja dipastikan mendapat informasi tentang hak hak nya sebagai pekerja  untuk mendapat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun,” jelas Sanco.

Disebutkan, perangkat desa maupun kelurahan di Kabupaten Karo  sebagai ujung tombak pelayanan  masyarakat diharapkan dapat memahami maksud dan tujuan Undang Undang No 24 tahun 2011 tentang BPJS, terutama mendesal para pengusaha ,  agar tenaga kerja wajib dilindungi dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. 

“ setiap pengusaha yang mempekerjakan 1 orang saja pun wajib menjadi peserta,” katanya.

Ditanya tentang bagaimana dengan kepesertaan aparat desa dan kelurahan ke dalam BPJS Ketenagakerjaan, Manullang mengungkapkan, hal itupun diwajibkan peraturan.

“Tentu aparat desa dan kelurahan pun wajib ikut serta. Kami berharap Pemkab Karo dapat merujuk Pemkab Deli Serdang dan Serdang Bedagai, yang telah memberikan regulasi pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan dimana iuran perangkat desa dan lurah dapat ditampung dalam anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang dituangkan dalam Peraturan Bupati.,” katanya.

Lurah Kampung Dalam Ramli Oktar Tarigan SH mengatakan, pihaknya merasa bersyukur atas kehadiran BPJS Ketenagakerjaan yang telah membuka kantor dan berada di wilayah pemerintahannya.

“Kami mengucapkan terimakasih atas sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, dan kami siap membantu mensosialisasikan kepada masyarakat melalui selebaran, brosur dan saat acara tertentu,” katanya sembari mengajak para Kepling, agar segera mendaftarkan diri sambil menunggu penganggaran dari Pemkab.

Diakhir pertemuan, para kepling berharap  kebijakan Pemkab dalam menganggarkan BPJS Ketenagakerjaan bagi para Kepala lingkungan dan Aparat Desa, karena aparat desa tidak terlepas dari resiko kecelakaan kerja , kematian dan hari tua.

Comments

Popular posts from this blog

Bagian Proyek Jalan Rp 2,7 T di Paluta dan Palas Start Bulan Ini

EDY RAHMAYADI MINTA MAAF SOAL PERNYATAAN MAJU LAGI PILGUBSU

Hendri CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Periode 2023-2028 di Kongres XXV di Bandung